Tips dan Rute Liburan ke Taman Laut Bunaken

Wisata Taman Laut di Bunaken

Pada kali ini kembali kita membahas wisata tentang tempat wisata yang letaknya berada di Indonesia, titik tepatnya di Provinsi Sulawesi Utara dengan nama tempat Taman laut Bunaken. Apakah anda sudah pernah mendengar lokasi wisata tersebut?. 

Untuk Anda yang belum pernah tahu lebih jauh tentang wisata ini, artikel yang berjudul Wisata Liburan Ke Taman Laut Bunaken ini dapat memberikan informasi yang dapat Anda gunakan sebagai referensi sebelum datang berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Baiklah langsung saja kita simak.
Taman laut Bunaken adalah tempat wisata yang ada di Teluk Manado, Sulawesi Utara dengan luas sekitar 8,08 km persegi, wisata ini adalah suatu bagian pemerintahan kota Manado yang disebut ibukota Sulawesi Utara. di kota ini memiliki sebuah Taman Laut yang sangat luar biasa bagus dimana lokasinya berada di sekitar pulau Manado Tua. Jika ingin menikmati suasana bawah laut Bunaken Anda harus menyelam terlebih dahulu serta bergerak mengikuti arah ombak yang bergerak.
Pesona alam yang ada di bawah laut yang sungguh luar biasa akan bisa anda temukan disini, kira-kira memiliki 13 jenis terumbu karang yang menjulang secara vertikal kebawah dalamnya mencapai 25 – 50 meter. Anda juga dapat disuguhkan dengan pemandangan yang memanjakan mata anda dengan banyaknya jenis ikan sekitar 91 spesies yang berada di Taman Laut Bunaken. 

Seperti koi putih, gusimi lokal,, nila gasi, goropa, lolosi ekor kuning, dan masih banyak yang lain. Selain itu disini juga ditemukan moluska sebagai contoh ikan kepala kambing, nautilus, kima raksasa, tunikates.
Untuk para Traveler yang suka scuba diving, lokasi ini merupakan sesuatu yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut. Kira-kira ada sekitar 20 titik yang dapat dipakai ketika melakukan penyelaman, dimana Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berenang kedalam laut dengan di sekitarnya dimana banyak beragam biota laut yang memiliki pesona.

Sejarah Wisata Bunaken

Bunaken ini dapat terkenal seperti saat ini disebabkan adanya keindahan taman lautnya, wisata tersebut ditemukan di tahun 1975, kemudian dibuat menjadi sebuah objek wisata andalan Sulawesi Utara. sebenarnya wilayah bunaken ini sudah ditinggali para penduduk sejak tahun 1400, penduduk yang pertama kali tinggal di tempat ini adalah imigran dari kerajaan Bowontehu dan wilayah yang dihuni terdiri dari pulau Bunaken, Mantehage, Siladen, Naen, Talise, pulau Bangka, Gangga serta wilayah pesisir utara semenanjung Minahasa

Di tahun 1850, penduduk yang tinggal di Tanjung Parigi bermigrasi ke Arah Tenggara yang lokasinya berada di tepi pantai dimana tepat didepan Kota Manado sendiri. Lalu penduduk ini membangun sebuah negeri yang diberi nama oleh mereka Wunakengyang berasal dari singkatan nama Kinawungakeng, dimana Kinawunakeng memiliki arti tempat tinggal. 
Lalu di zaman yang sudah berkembang ini, kataWunakeng sendiri diubah menjadi Bunaken yang berasal dari singkatan Pamunakengdimana memiliki arti tempat mendarat dari sebuah perahu.

Rute Perjalanan Ke Taman Nasional Bunaken

Untuk mencapai ke kawasan wisata Taman Bunaken sangat muda. Jika Anda sedang berlibur wisata melalui udara, Anda dapat langsung transit ke Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi yang berada di Kota Manado. 

bandar udara tersebut menghubungkan kota – kota besar lainnya di Indonesia contohnya Jakarta, Surabaya, Makasar, Balikpapan, Denpasar Bali. Kemudian untuk Anda yang ingin datang dari luar negeri contoh Malaysia, Singapura, Filipina juga dapat langsung transit di Bandara tersebut.

Setelah itu dari Bandara Sam Ratulangi setelah itu dilanjutkan ke Kota Manado dengan memakai transportasi taksi, melalui Kota Manado ke Pulau Bunaken sendiri, perjalanan selanjutnya melewati pelabuhan yang terletak di Manado dengan tujuan Marina Blue Banter dan Marina Nusantara Diving Centre (NDC) yang berada di Kecamatan Molas, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit. 
sesudah sampai di Marina Blue Banter anda memerlukan 10 hingga 15 menit perjalanan dengan memakai kapal pesiar untuk sampai ke tempat penyelaman, semantara jika Anda telah melewati Marina Nusantara Diving Centre (NDC) anda memerlukan waktu 20 menit. Dan alternatif lain agar bisa sampai ke Pulau Bunaken dari Manado, Anda dapat memakai transportasi kapal yang dapat disewa melalui Marina dan Pasar Bersehati

Selanjutnya untuk tiket masuk menuju kawasan wisata Taman laut Bunaken, Anda dapat membeli di kota Manado tepatnya di Kantor Taman laut Bunaken, disamping itu Anda juga dapat memperoleh dari beberapa counter penjualan tiket yang berada di desa Liang ( Pulau Bunaken ).

Sumber referensi: twisata.com
Langganan Surel
Langganan