Kamis, 03 September 2020

Resep Pindang Bandeng Enak Buat Sajian Keluarga

Resep Pindang Bandeng



Sajian Ikan Bandeng menjadi salah satu makanan yang wajib ketika hari raya imlek. Disitu kita bisa melihat berbagai pilihan menu olahan bandeng yang dibuat untuk suguhan para tamu di hari yang spesial.

Berbagai bumbu-bumbu enak dapat kita rasakan di hari tersebut. Milk Fish atau ikan bandeng ini adalah salah satu jenis ikan tawar yang dibudidayakan di tambak. Daging dari ikan bandeng ini terbilang tebal dan gurih saat dinikmati. Meskipun ikan ini banyak durinya, namun tetap banyak juga orang yang suka dengan sajian ikan bandeng.

Jika kalian mencoba berkunjung ke Jakarta atau Tangerang, kalian akan mudah menemukan sajian ikan pindang bandeng yang dihidangkan saat hari imlek. Ikan Bandeng yang disuguhkan pun adalah bandeng yang berukuran besar dan segar.

Jika kalian ingin membuat Ikan Pindang Bandeng yang enak dan besar, pilihlah ikan bandeng yang berukuran 1 kilogram. Harganya sekitar Rp. 80.000 saja. Dengan ikan bandeng berukuran 1 kilogram, kalian akan memperoleh ikan yang tebal dan gurih. Ikan bandeng yang segar memiliki sisik yang mengkilap dan masih menempel kuat pada badan ikan tersebut, aromanya pun masih segar.

Oke deh, ketika kalian sudah memilih ikan bandeng yang tepat. Sekarang saatnya membuat Pindang Bandeng yang enak dirumah aja.

Bahan-Bahan membuat Ikan Pindang Bandeng Betawi :

  1. 7 butir bawang merah utuh, bakar
  2. 3 siung bawang putih, bakar
  3. 5 buah cabai merah besar, sayat membujur
  4. 3 buah cabai hijau, sayat membujur
  5. 1 cm lengkuas
  6. 3 cm kunyit, iris serong tipis
  7. 2 lembar daun salam
  8. 10 buah belimbing sayur/tomat hijau, potong kasar
  9. 150 ml kecap manis
  10. 1/2 sdt merica bubuk
  11. 1 sdt garam

Setelah semua bahan sudah siap di dapur. Kali ini tinggal langkah-langkah membuat pindang bandeng betawi yang enak dirumah aja.

Langkah-langkah Pindang Bandeng Betawi :

  1. Siapkan wajan dan didihkan air secukupnya dengan api kecil. Masukan bumbu-bumbu seperti bawang merah bakar, bawang putih bakar, cabai merah besar potong, cabai hijau potong, lengkuas, kunyit potong, daun salam, merica bubuk dan garam.
  2. Didihkan bumbu, kecap manis dan kuahnya kurang lebih 5 menit kemudian masukan bandeng yang sudah dibersihkan sisik, dipotong menjadi beberapa bagian dan buang kotorannya. Biarkan bumbu-bumbunya meresap dan ikan bandeng matang.
  3. Angkat dan diamkan, masukan tomat atau belimbing sayur yang sudah terpotong-potong. Diamkan lagi dan sajikan selagi hangat. Pindang Bandeng khas betawi siap dihidangkan di acara yang spesial.

Kemudian resep pindang bandeng kedua adalah Pindang Bandeng Kuning. Masakan seperti ini biasa disebut pindang serani. Makanan yang terkenal di daerah Sumatra dengan rasa asam yang segar disetiap kali suapannya.

Jika kalian ingin membuat varian berbeda dari Pindang Bandeng Betawi, bisa kok mencoba Pindang Serani ini. Tentunya dengan resep dan langkah yang tidak jauh beda dengan Pindang Betawi. Nah, jika kalian penasaran dengan resep Pindang Bandeng Kuning ini. Berikut ulasannya :

Bahan-bahan Pindang Bandeng Kuning :

  1. 3 buah cabai merah besar, potong kasar
  2. 3 buah cabai hijau besar, potong kasar
  3. 10 buah cabai rawit merah
  4. 5 buah tomat muda, potong-potong
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 lembar daun kunyit
  7. 1 batang serai, memarkan
  8. 1 cm lengkuas

Bumbu Halus :

  1. 5 siung bawang putih
  2. 3 cm kunyit
  3. 2 cm jahe
  4. 1/2 sdt merica butiran
  5. 2 sdt garam

Langkah-langkah membuat Pindang Bandeng Kuning :

  1. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kunyit, jahe, merica dan garam.
  2. Siapkan Pancing dan masukan air secukupnya. Nyalakan api kecil saja. Masukan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan kemudian didihkan kurang lebih 5 menit.
  3. Masukan Ikan bandeng yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi beberapa bagian. Tunggu hingga bumbu meresap dan bandengnya hampir matang, masukan bahan-bahan lainnya seperti cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, tomat, daun salam, daun kunyit, serai dan lengkuas.
  4. Masak dan aduk-aduk lagi sebentar kemudian angkat dan dinginkan. Hidangkan selagi hangat Pindang Bandeng Kuningnya..

.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments