Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Berkunjung ke Lamongan, jangan lupa nikmati wisata kulinernya

wisata kuliner Lamongan yang sedang hits saat ini, wajib kalian kunjungi ketika berwisata ke Lamongan

dilaporkan oleh Mustofa Cahya Romadhon

Lamongan tidak hanya terdapat wisata religi dan hiburan, tetapi juga ada wisata kuliner yang tidak boleh Terlewatkan ketika kamu berwisata ke Kabupaten Lamongan. Cita rasa masakan khas Lamongan ini pasti akan membuat lidah kamu ketagihan.

Kali ini top wisata akan membahas tentang wisata kuliner yang nge-hits di Lamongan, top wisata akan membahas lima wisata kuliner nikmat khas Lamongan diantaranya adalah nasi boranan, bandeng colo, es dawet Siwalan, wingko babat dan soto asli Lamongan.

1, Nasi boranan Lamongan

makanan ini merupakan makanan asli khas Lamongan,  gimana rasanya yang gurih dan nikmat memanjakan para pengunjung wisata kuliner Lamongan. Nasi boranan atau sering disebut sego boran Biasanya banyak dijumpai di sepanjang Jalan Jendral Sudirman Lamongan.  nasi boranan ini tidak selalu memiliki toko atau ditempat plaza atau alun-alun Lamongan, tetapi juga ada yang lesehan yang di pinggir-pinggir jalan.

Nasi boranan ini biasanya disajikan menggunakan wadah daun pisang atau kertas minyak dan dibungkus dengan koran.  hal ini terus dipertahankan oleh para pedagang nasi boranan karena dari turun temurun menggunakan wadah atau bungkus seperti itu.

2.  bandeng Colo wisata kuliner khas Lamongan

Lamongan merupakan salah satu pusat penghasil ikan air laut dan air tawar di Jawa Timur, makanya tidak heran jika kalian menemukan makanan khas Lamongan yang berbahan dasar ikan tawar. Bandeng Solo adalah olahan masakan dengan bumbu khusus dan disajikan menggunakan mangkok. Untuk menikmati Bandung Solo ini kalian bisa mencarinya di salah satu rumah makan Sunan Giri Lamongan.

Dalam penyajiannya bandeng colo ini terdapat beberapa lalapan ditambah dengan sambel khas bandeng colo,  juga tidak lupa campuran daun sirih yang dicampur tomat dan irisan bawang.

3. Es Dawet Siwalan Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Lamongan

Anda mungkin sudah pernah mendengar dengan es dawet Siwalan di daerah anda minuman yang berbahan dasar tepung beras ini memang sudah dikenal di seluruh pelosok penjuru nusantara.

ketika kita berkunjung ke Lamongan pasti kita tidak akan kesulitan untuk menjumpai es dawet Siwalan ini karena di sepanjang jalan pasti ada saja pedagang yang menjual es dawet siwalan.

Racikan es dawet Siwalan ini menggunakan buah dari pohon siwalan, jika anda belum tahu buah dari pohon ini juga disebut dengan nama Lontar.  es dawet Siwalan ini paling nikmat disajikan ketika cuaca panas karena kesegaran yang masuk ke tenggorokan akan meredakan dahaga anda.

4. Wingko Babat Tempat Wisata Kuliner Oleh-oleh di Lamongan

Wingko babat merupakan makanan khas dan oleh-oleh asli Lamongan oleh-oleh ini sangat mudah ditemui di pasar-pasar pedagang kaki lima,Depot, maupun pertokoan yang menjual oleh-oleh asli Lamongan.

Wingko babat adalah salah satu jajanan yang berbahan dasar tepung ketan, gula dan parutan kelapa dipadukan dengan bahan tambahan lainnya. proses pembuatan wingko babat ini lumayan panjang, sampai adonan yang siap dicetak dan dipanggang.  wingko babat ini memiliki rasa yang gurih dan manis.  wingko babat merupakan pendongkrak ekonomi kreatif bagi masyarakat Lamongan sehingga masyarakat Lamongan tidak harus urbanisasi ke kota untuk mencari pekerjaan.

5. Soto Lamongan Tempat Wisata Kuliner Lezat di Lamongan

Soto memang sangat mudah kita temui di kota kita namun anda akan merasakan perbedaan soto yang benar-benar asli khas Lamongan.

sebagai referensi sobat topwisata, soto yang mempunyai rasa nikmat terdapat di jalan Panglima Sudirman Blok A dengan Depot Asih Jaya.  soto ayam Depot Asih Jaya ini sudah ada sejak tahun 1986 dan sekarang dapat tersebut sudah banyak dikenal masyarakat luas sebagai salah satu soto asli khas Lamongan yang benar-benar memanjakan lidah.

Bagaimana sahabat top wisata, jangan lupa ketika kalian mampir ke Lamongan untuk mencicipi wisata kuliner asli khas Lamongan.!!

TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA

Related Posts

Berkunjung ke Lamongan, jangan lupa nikmati wisata kulinernya
5/ 5
Oleh