Rabu, 15 Juli 2020

Resep Seblak Ceker Super Pedas, Pedasnya Bikin Nampol

Resep Seblak Ceker Super Pedas




Seblak merupakan salah satu makanan khas Indonesia dari Sunda, Jawa Barat. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Seblak berasal dari kerupuk basah, kemudian dimasak menggunakan sayur-sayuran. Selain rasanya lezat, seblak juga merupakan makanan yang sangat menyehatkan karena didalamnya terdapat protein hewani yang cukup lengkap.

Yaitu ayam, telur, dan olahan daging sapi. Dari ketiga makanan sumber protein tinggi tersebut, kemudian bahan ini dimasak menggunakan bumbu tertentu sehingga jadilah seblak yang dikenal saat ini. Sekarang seblak telah menjadi jajanan pinggiran yang disukai oleh semua kalangan di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat.

Seblak sering ditemukan di beberapa warung, gerobak pedagang keliling, dan rumah makan. Makanan ini teksturnya sangat kenyal, tapi rasanya pedas dan menyegarkan. Variasinya ada 2 macam. Yaitu basah dan kering. Di bawah ini akan kami berikan resep seblak ceker basah yang bisa dicoba di rumah.

Bahan-Bahan:

Untuk membuat seblak ceker ini, sebaiknya jangan lupa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Sehingga hal ini akan membuat proses memasaknya menjadi semakin cepat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat seblak ceker, antara lain:

  1. Ceker ayam 1 kg.
  2. Telur ayam 1 butir.
  3. Bawang bombay 1 buah, kemudian iris kecil-kecil sesuai selera.
  4. Daun salam 3 lembar.
  5. Daun jeruk 2 lembar.
  6. Lengkuas 1 ruas, setelah itu geprek supaya aromanya keluar.
  7. Air mendidih 2 gelas.

Bumbu Halus:

Selain harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak resep seblak ceker, jangan lupa mengumpulkan bumbu halusnya. Di bawah ini adalah bahan bumbu halus yang harus disiapkan, setelah itu harus dihaluskan supaya bumbunya semakin meresap, antara lain:
  1. Cabai merah tanjung 5 buah.
  2. Cabai rawit 10 buah.
  3. Bawang merah 3 siung.
  4. Bawang putih 1 siung.
  5. Kemiri 2 butir.
  6. Kencur 3 ruas.
  7. Garam ½ sendok makan.
  8. Penyedap rasa secukupnya.
  9. Gula pasir 1 sendok teh.
  10. Kecap manis 1 sendok makan.

Cara Membuat Seblak Ceker:

  1. Untuk membuat masakan seperti menu resep seblak ceker yang diinginkan, sebaiknya perhatikan panduannya di bawah ini:
  2. Cuci bersih ceker ayam memakai cuka dan garam atau perasan air jeruk nipis. Setelah itu, bilas lagi sampai bersih dan rebus menggunakan 1 ruas jahe yang telah digeprek bersama dengan sedikit garam. Rebus saja hingga ceker menjadi empuk.
  3. Tumislah bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya sampai aromanya keluar. Kemudian, masukkan telur ayam, bawang bombay, daun jeruk, dan daun salam sebentar saja. 
  4. Masukkan ceker ayam rebus, garam, gula pasir, 2 gelas air, kecap manis, dan penyedap rasa secukupnya.
  5. Jika Anda ingin menambahkan topping di dalamnya, maka segera masukkan mie rebus atau bakso sebelum diangkat.
  6. Coba rasanya, dan angkat. Sekarang seblak ceker sudah siap disajikan selagi masih hangat.

Meskipun menu ini populer di kawasan Jawa Barat, seperti Bandung. Namun ternyata justru banyak sumber mengatakan bahwa makanan ini sebenarnya berasal dari kawasan Jawa Tengah. Yaitu Sumpiuh. Itu karena bentuknya seperti makanan rakyat dari Sumpiuh bernama krupuk godog. 

Dimana makanan ini sudah ada sejak tahun 1940-an dan cukup populer di masa itu. Selain itu, ternyata seblak juga ada di kawasan Cianjur selatan sebelum hari kemerdekaan RI. Itulah sebabnya jika Anda ingin membuat kreasi baru dari makanan ini, maka resep seblak ceker ini bisa dicoba di rumah sekarang juga!





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments