Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kepiting Asam Manis, Cocok deh buat Jualan

Membuat Kepiting Asam Manis, Cocok deh buat Jualan

Membuat Kepiting Asam Manis (2)

Membuat Kepiting Asam Manis

Bahan-bahan : 

  1. 1 kg Kepiting ukuran sedang (3-4/4-5 ekor)
  2. 1 buah bawang bombay, rajang
  3. 4 sdm saos tomat (bisa di ganti 7 bh tomat merah,rebus haluskan)
  4. 2 sdm saus sambal (bagi yg suka pedas)

Bumbu halus :

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 cm jahe
  3. 1/2 sdt merica butiran/lada bubuk
  4. 2-3 sdm gula pasir (sesuai selera)
  5. 1 sdm saus Raja Rasa (bisa di skip)
  6. 2 sdm saus tiram
  7. 1 sdt (secukupnya) garam

Pengental :

  1. 1/2 sdm tepung maizena/terigu

Langkah-langkah membuat Kepiting Asam Manis

  1. Untuk membuat kepiting asam manis, ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk resepnya[1]. Bahan utamanya adalah 1 kg rajungan ukuran sedang, bisa dipotong menjadi 3-4 atau 4-5 ekor. Bahan lainnya termasuk bawang bombay cincang dan saus tomat, bisa diganti dengan 7 buah tomat merah rebus. Untuk sausnya, kamu membutuhkan saus tiram, saus tomat, kecap manis, dan bubuk jeruk. Selain itu, diperlukan juga bumbu utuh seperti serai, jahe, dan lengkuas, serta daun salam[2]. Bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah kita temukan di supermarket atau pasar tradisional.
  2. Sebelum memasak kepiting, penting untuk menyiapkannya dengan benar [3]. Kepiting setelah dibersihkan sebaiknya direbus dengan air hingga berubah warna. Proses ini memakan waktu sekitar 10-15 menit untuk memastikan daging tidak habis. Setelah kepiting matang, bisa dipotong-potong dan disisihkan[4]. Di wajan terpisah, bawang putih, bawang merah, dan jahe bisa ditumis dengan minyak hingga harum[5]. Kemudian, air, saus tomat, saus sambal, bubuk jeruk, garam, dan gula bisa ditambahkan ke dalam wajan. Campuran tersebut harus dimasak hingga mendidih, kemudian larutan kanji dapat dituang dan diaduk hingga mendidih kembali [5].
  3. Untuk memasak kepiting, potongan kepiting yang sudah disiapkan bisa ditambahkan ke dalam kuahnya[1]. Kepiting bisa digoreng sebentar dengan bumbu sebelum ditambahkan air dan saus[5]. Saus tiram, garam, dan merica bubuk bisa ditambahkan ke dalam adonan, diikuti dengan air. Campuran harus diaduk dan dimasak hingga mendidih. Terakhir, tepung maizena bisa dilarutkan dalam satu sendok air dan dituangkan ke dalam adonan. Campuran harus diaduk hingga mengental[5]. Kepiting asam manis dapat disajikan panas dan dinikmati bersama nasi atau lauk lainnya[4].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Kepiting Segar** – Saat membuat kepiting asam manis, penting untuk memulai dengan kepiting segar. Carilah kepiting yang hidup dan memiliki aroma laut yang kuat. Hindari kepiting yang memiliki bau amis atau seperti amonia, karena ini mungkin menandakan kepiting tersebut tidak segar. Kesegaran adalah kunci untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik pada hidangan Anda.

Baca Juga :  Inilah Cara Memasak Sup Ikan Nila yang Sedap dan Lezat

**Menyeimbangkan Rasa Manis dan Asam** – Mencapai keseimbangan sempurna antara rasa manis dan asam sangat penting untuk hidangan kepiting asam manis yang lezat. Gunakan kombinasi gula atau madu untuk rasa manis dan cuka atau jeruk untuk rasa asam. Cicipi sausnya sambil jalan, sesuaikan rasa manis dan asamnya sesuai keinginan Anda. Tujuannya adalah untuk menciptakan perpaduan rasa yang harmonis yang melengkapi rasa manis alami daging kepiting.

**Membersihkan dan Menyiapkan Kepiting dengan Benar** – Sebelum memasak kepiting, penting untuk membersihkan dan menyiapkannya dengan benar. Hal ini dilakukan dengan membuang insang, celemek, dan bagian yang berwarna atau lembek. Patahkan bagian cakar dan kakinya, lalu pecahkan sedikit agar bumbu meresap saat dimasak. Membersihkan dan menyiapkan kepiting memastikan Anda menyajikan hidangan yang menarik dan menyenangkan secara visual.

**Memilih Metode Memasak yang Tepat** – Saat membuat kepiting asam manis, pertimbangkan metode memasak yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa resep mengharuskan kepiting digoreng untuk mendapatkan tekstur yang renyah, sementara resep lainnya mungkin mengharuskan kepiting digoreng atau dikukus. Setiap metode memberikan tekstur dan rasa yang berbeda pada hidangan. Misalnya, menggoreng menghasilkan bagian luar yang renyah, sedangkan mengukus akan mempertahankan rasa manis alami daging kepiting.

Baca Juga :  Resep Nasi Mangkuk Tuna Mayo, Chamchi Mayo Deopbap

**Hiasan dan Presentasi** – Perhatikan sentuhan akhir dengan menghiasi hidangan kepiting asam manis dengan bumbu segar, seperti daun ketumbar atau daun bawang, untuk menambah semburat warna dan kesegaran. Selain itu, pertimbangkan untuk menyajikan kepiting dalam hidangan menarik yang menyempurnakan penyajian keseluruhan. Presentasi yang menarik secara visual dapat meningkatkan pengalaman bersantap dan membuat hidangan menjadi lebih menarik. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut, Anda dapat membuat hidangan kepiting asam manis lezat yang menggugah selera dan menampilkan cita rasa alami kepiting.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kepiting Asam Manis? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kepiting Asam Manis antara lain kepiting segar, tepung terigu, minyak untuk menggoreng, bawang putih, bawang bombay, paprika merah dan hijau, saus tomat, saus cabai, cuka, gula, garam, merica, dan air.

Q: Bagaimana cara persiapan kepiting sebelum dimasak? A: Langkah pertama dalam persiapan kepiting adalah membersihkannya terlebih dahulu. Setelah itu, pecahkan cangkangnya dan potong kepiting menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk memudahkan saat dimasak.

Q: Bagaimana proses pembuatan Kepiting Asam Manis? A: Setelah kepiting siap, langkah pertama adalah menggoreng kepiting hingga matang dan berwarna keemasan. Kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay, masukkan paprika, tambahkan saus tomat, saus cabai, cuka, gula, garam, merica, dan air. Masak hingga saus mengental. Terakhir masukkan kepiting yang sudah digoreng tadi ke dalam saus tersebut dan aduk hingga merata.

Q: Bagaimana cara membuat saus asam manis untuk kepiting? A: Untuk membuat saus asam manis, campurkan saus tomat, saus cabai, cuka, gula, garam, merica, dan air. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan masak hingga saus mengental.

Q: Apakah ada tips tambahan dalam membuat Kepiting Asam Manis? A: Pastikan untuk memilih kepiting yang segar dan matang. Selain itu, pastikan juga untuk memastikan kesehatan kepiting sebelum memasaknya. Jika ingin sausnya lebih kental, tambahkan sedikit larutan maizena ke dalam saus saat proses memasak.

Baca Juga :  Memasak Resep Kikil Kesrut Khas Banyuwangi yang Rasanya Gurih dan Segar

Referensi : 

1.   Resep Kepiting Asam Manis tanpa Amis oleh Diana ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com/id/resep/2156399-kepiting-asam-manis-tanpa-amis 

2.   Resep Kepiting Asam Manis Pedas.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Resep Kepiting Asam Manis Lengkap dengan Cara ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.fokusblora.com 

4.   8 Cara Memasak Kepiting yang Lezat di Rumah, dari ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.liputan6.com 

5.   Resep Kepiting Asam Manis ala Resto Seafood – detikFood.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari food.detik.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan