Skip to main content

Cara Praktis Membuat Cumi Pedas dengan Saus Tiram

Tina Farida

Cumi Pedas dengan Saus Tiram


Membuat cumi pedas dengan saus tiram adalah hal yang tidak mudah. Cumi merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh semua orang. 

Meski banyak yang beranggapan bahwa cumi adalah makanan yang enak, namun tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa cumi pedas dengan saus tiram tidaklah mudah dalam cara pembuatanya.

Sehingga pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sedikit tentang cara yang dapat dilakukan untuk membuat cumi pedas dengan menggunakan saus tiram. Sebelum Anda mulai membuatnya, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, diantaranya :

Bahan-bahan :

  1. Siapkan cumi sesuai kebutuhan
  2. Daun bawang
  3. Bawang putih
  4. Lengkuas dan jangan lupa haluskan
  5. Cabai merah besar dan cabai rawit
  6. Jahe
  7. Merica bubuk
  8. Saus tiram secukupnya
  9. Saus tomat ekstra pedas
  10. Saus teriyaki
  11. Jangan lipa gula pasir dan garam secukupnya
  12. Air dan jeruk nipis
  13. Terakhir tepung maizena dan diencerkan dengan sedikit air

Bagaimana Membuat Cumi Pedas Saus Tiram?

Dari beberapa bahan yang sudah di siapkan di atas, lalu cara yang dapat dilakukan untuk membuat cumi saus tiram sebagai berikut :
  1. Siapkan cumi sesuai kebutuhan Anda, lalu cuci cumi dengan menggunakan air bersih cumi. Jangan lupa buang tintanya dan potong-potong. Kemudian tambahkan air jeruk nipis dan diamkan kurang lebih 25 menit.
  2. Cara kedua Anda pelu tumis bawang bombay hingga harum. Jangan lupa tambahkan cabai merah dan cabai rawit. Bahan lain yang harus ditambahkan adalah jahe dan lengkuas, kemudian tumis kembali hingga bahan tersebut layu.
  3. Setelah bahan yang ditumis menjadi layu, lalu tambahkan saus tiram, saus pedas, saus teriyaki, dan air serta aduk hingga merata.
  4. Setelah itu, masukkan cumi-cumi dan aduk hingga rata. Jangan lupa tambahkan gula pasir, merica dan garam secukupnya, lalu tambahkan tepung maizena.
  5. Selanjutnya masak cumi tersebut, pada saat memasak pastikan Anda menggunakan api kecil sampai cumi-cumi empuk dan air sedikit berkurang.
  6. Terakhir, tunggulah beberapa menit kemudian. Pembuatan cumi pedas saus tiram siap disajikan.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar