Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Tangkap Khas Aceh, Mudah dan Maknyus

Ayam Tangkap Khas Aceh, Mudah dan Maknyus

Ayam Tangkap Khas Aceh (1)

Resep ayam tangkap

Resep ayam tangkap berasal dari Aceh. Masakannya seperti ayam goreng pada umumnya, tetapi ditambahi daun kari yang menjadi ciri khasnya.

Dengan begitu, baunya lebih harum dan rasanya dijamin mantul. Disantap bersama nasi putih hangat dan sambal lombok ijo khas Minang. Menu kuliner yang satu ini banyak disukai orang karena rasanya benar-benar memanjakan lidah.

Jarang ada rumah atau warung makan yang menjual menu ayam tangkap. Kecuali, memang menyajikan hidangan khas Aceh. Anda penasaran dengan dengan rasa ayam goreng yang satu ini dapat memasaknya sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana resep ayam tangkap selengkapnya yang direkomendasikan untuk dipraktikkan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam bagian dada dan paha
  2. 50 gram cabai hijau keriting dipotong-potong
  3. 3 lembar daun salam
  4. 3 lembar daun pandan
  5. 20 lembar daun kari
  6. 1 sendok makan garam
  7. 1 sendok teh merica bubuk
  8. 2 liter air untuk mengungkep
  9. 250 ml minyak goreng untuk menggoreng ayam

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang putih
  2. 3 cm lengkuas
  3. 2 sendok teh ketumbar bubuk
Baca Juga :  Resep Gulai Tauco Khas Minang yang Unik, Berbeda, dan Enak Rasanya

Bahan untuk sambal ijo

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit hijau
  4. 3 buah cabai hijau besar
  5. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara memasak ayam tangkap

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep ayam tangkap dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu potong-potong beberapa bagian. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang. Masukkan ke dalamnya air yang sudah disiapkan, potongan ayam, bumbu halus, dan salam, garam, dan merica bubuk. Lalu, nyalakan api kompor sedang dan ungkep ayam hingga air menyusut.
  2. Pastikan ayam sudah empuk. Jika belum, Anda bisa menambahkan air secukupnya ke dalam panci dan ungkep lagi hingga air menyusut. Setelah itu, matikan kompor dan angkat potongan ayam. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan ungkepan ayam satu per satu ke dalam wajan. Tuangkan juga sisa bumbu ingkep ke dalam wajan.
  4. Masukkan ke dalam wajan daun pandan, daun kari, dan cabai hijau. Aduk merata dan goreng hingga kering. Setelah ayam berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan bersama semua bahan yang digoreng. Ayam goreng tangkap sudah matang.
  5. Langkah berikutnya membuat sambal ijo. Panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak sisa menggoreng ayam hingga sedikit saja karena hanya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit hijau, dan cabai hijau besar hingga setengah matang.
  6. Siapkan cobek dan tuangkan tumisan tersebut diatasnya beserta sisa minyaknya. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk, lalu uleg hingga halus. Sambal ijo sudah siap.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan ayam tangkap yang sudah matang diatasnya. Legkapi dengan sambal ijo serta nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Cara yang Mudah untuk Membuat Ayam Kecap yang Enak di Rumah

Resep ayam tangkap khas Aceh diatas tidak terlalu sulit memasaknya. Silahkan Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan