Skip to main content

Resep Ayam Taliwang asli Lombok

Anaya Lariencia

Ayam Taliwang Di Lombok

Ayam Taliwang dari lombok adalah makanan ciri khas Pulau Lombok di Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang bahan dasarnya adalah daging ayam. Daging ayam yang dihidangkan terdiri dari ayam kampung muda sudah dibakar lalu diberi bumbu dengan berbagai macam saus yang bahannya terdiri dari cabai merah kering, bawang merah, tomat, terasi goreng, bawang putih, gula merah, kencur dengan garam.

Resep Ayam Taliwang 
Makanan tersebut biasanya ditawarkan bersama makanan ciri khas Lombok lainnya, contoh plecing kangkung. Jika penasaran, anda dapat mencoba membuat sendiri di rumah. Dibawah ini adalah resep masakan Indonesia tradisional ayam taliwang Lombok.

Bahan yang harus dibeli adalah:

  1. 1 Ayam kampung telah dicuci bersih,
  2. 3 sdt air jeruk nipis
  3. 3 sdm minyak goreng.

Bahan bumbu yang dihaluskan untuk ayam taliwang:

  1. 12 bawang merah
  2. 6 cabai merah
  3. 6 bawang putih
  4. 5 cm kencur
  5. 5 cabai rawit
  6. 3 tomat
  7. 2 sdt gula merah
  8. 1 sdt terasi
  9. 1 sdm garam,
  10. 8 sdm minyak sebagai bahan menumis


Langkah membuat ayam taliwang yakni:

  1. Yang pertama anda menumis yang telah diberi bumbu halus dimasak hingga tercium wanginya. Lalu tambahkan air perasan jeruk nipis. Setelah itu  angkat dihilangkan  sisihkan.
  2. Olesi permukaan ayam memakai minyak, setelah dibakar sehingga warnanya coklatnya
  3. Jadi Tusuk-tusuk ayam, kemudian oleskan permukaan pakai bumbu yang ditumis tadi.
  4. Lalu  Kemudian bakar kembali ayam hingga benar-benar matang.
  5. jadi deh! Ayam taliwang Lombok siap disajikan
Ayam taliwang yang diolah harus menggunakan alat bakar harus benar matang terlebih dahulu. Ayam taliwang belum banyak ditemui di kota-kota lain nya. Hanya ada di tempat-tempat yang memang sudah menjual makan Taliwang khas Lombok. Mengapa untuk memasak ayam taliwang Anda disarankan memakai ayam kampung. Sebab jika memakai ayam kampung rasanya akan lebih gurih Dan memang cocok diolah.

Ketika anda memasak ayam taliwang menggunakan ayam biasa atau ayam impor, rasanya tidak akan seenak ayam kampung yang dipakai. Jadi untuk Anda yang ingin memasak ayam taliwang khas lombok ini, usahakan menggunakan daging ayam kampung. Selamat mencoba resep di atas!

Sumber referensi: m.liputan6.com


Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar