Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bulgogi Kimbap (Gulungan Nasi Rumput Laut Bulgogi)

Resep Bulgogi Kimbap (Gulungan Nasi Rumput Laut Bulgogi)

Bulgogi Kimbap (1)

Resep Bulgogi Kimbap

Salah satu gulungan nasi rumput laut Korea yang paling disukai adalah bulgogi kimbap. Tampilannya indah, lezat untuk dimakan, dan mudah dibuat. Ini adalah camilan yang cocok untuk pesta, piknik, dan bekal makan siang. penuh dengan rasa, sehat dan gurih!

Gulungan nasi rumput laut Korea yang disebut Bulgogi Kimbap diisi dengan sayuran dan Bulgogi, daging sapi panggang yang dibumbui khas Korea. Isian yang paling umum adalah daun perilla, akar burdock yang dibumbui, bayam yang dibumbui, acar lobak kuning, dan wortel.

Kamu juga bisa menambahkan telur dadar, tapi biasanya tidak menambahkannya karena Bulgogi Kimbap sudah mengandung banyak protein. Selain itu, lebih suka menggunakan mentimun daripada bayam untuk mempersingkat waktu memasak.

Kimbap memiliki keunikan tersendiri, tidak seperti sushi gulung yang biasanya disajikan dengan kecap asin dan pasta wasabi, Kimbap tidak memiliki saus. Saus tambahan untuk dicelupkan tidak diperlukan karena ada begitu banyak isian yang berbeda di dalamnya.

BAHAN-BAHAN UNTUK KIMBAP BULGOGI (MENGHASILKAN 7 GULUNGAN KIMBAP, SEKITAR 4 PORSI)

Bahan Utama :

  1. 7 lembar rumput laut Korea panggang atau lembaran rumput laut sushi
  2. 5 dan 1/2 cangkir beras kukus berbiji pendek, dinginkan
  3. 1 sendok makan biji wijen panggang
  4. 14 lembar daun perilla Korea, buang batangnya
  5. 500g/1 pon Bulgogi (daging sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Korea), masak
  6. 7 potongan acar lobak kuning Korea
  7. 14 potongan akar burdock yang sudah dibumbui
  8. 1 mentimun Inggris atau Lebanon (270g/10 ons), buang bijinya dan potong-potong
  9. 1 wortel ukuran sedang (220g/8 ons), potong-potong
  10. 1 hingga 2 sendok makan minyak wijen
  11. Bumbu nasi (Campur ini dalam mangkuk kecil dan masukkan ke dalam microwave selama sekitar 30 detik untuk melarutkan gula dapat menggunakan 3 sendok makan saus bumbu sushi yang sudah jadi)
  12. 3 sdm cuka beras
  13. 2 sendok makan gula putih
  14. 1 sendok teh garam laut halus
Baca Juga :  Rasanya Mantap dan Berkuah Gurih, Resep Sate Ayam

* 1 sendok makan = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

CARA MEMBUAT BULGOGI KIMBAP

  1. Dalam mangkuk besar, campurkan nasi yang sudah dikukus dengan nasi yang sudah disiapkan dan wijen yang sudah dimasak.
  2. Oleskan nasi tipis-tipis di atas lembaran rumput laut yang telah diletakkan di atas tikar sushi bambu. Di bagian tengah bawah nasi, susun bahan-bahan yang sudah disiapkan dengan urutan sebagai berikut daun perilla, bulgogi, acar lobak kuning, akar burdock yang sudah dibumbui, mentimun, dan wortel.
  3. Angkat ujung bawah alas sushi untuk menutupi bahan-bahan setelah semua bahan disiapkan. Gulung rumput laut sampai ke atas setelah menutupinya. Rekatkan sedikit air atau taruh potongan nasi di tepi lembaran rumput laut, jika tidak lengket.
  4. Gulung kembali gulungan sushi dengan tikar bambu untuk memberikan bentuk yang kokoh. Dengan bahan-bahan yang tersisa, lakukan langkah ini sekali lagi.
  5. Minyak wijen dapat dioleskan pada gulungan setelah selesai menggulungnya untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas, gurih, dan tampilan yang mengkilap.
  6. Sajikan Kimbap di atas piring setelah dipotong-potong seukuran sekali gigit. Kamu juga bisa memakannya seperti burrito sushi.
Baca Juga :  Resep Salad Tahu Korea dengan Vinaigrette Cabai Kedelai Madu

Catatan :

  1. Beras terbaik untuk kimbap Korea adalah beras berbiji pendek atau beras berbiji sedang. 3 cangkir beras (berdasarkan ukuran cangkir beras: Berdasarkan gelas ukur standar, 5 1/2 cangkir beras kukus sama dengan sekitar 75% dari 250 mililiter.
  2. Danmuji, atau acar lobak kuning Korea. Ada dua jenis Danmuji yang dapat digunakan dalam Kimbap. Ada dua jenis: potongan acar lobak kuning yang siap pakai dan acar lobak kuning utuh. Yang terakhir ini biasanya saya beli untuk kenyamanan.
  3. Potongan akar burdock yang sudah disiapkan adalah bahan pengikat yang sangat normal digunakan dalam Kimbap.
  4. Kimbap juga dapat disajikan seperti burrito. Cukup gunakan lembaran kertas timah untuk membungkus Kimbap dan potong bagian tengah gulungan.
Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Kluwek yang Menghitam, tetapi Rasanya Tetap Mantul

Lihat video Bulgogi Kimbap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan