Skip to main content

Resep Sop Buntut Lezat Dan Nikmat Khas Indonesia

Anaya Lariencia

Sop Buntut Lezat Dan Nikmat Khas Indonesia

Sop buntut lezat adalah makanan khas yang ada Indonesia. Sangat enak memakan sup hangat dengan banyak rempah dan daging buntut yang empuk.  Karena banyaknya yang menyukai, sop buntut dijual di berbagai tempat juga hotel besar di Indonesia.  

Resep Sop Buntut Khas Indonesia


Sebelum kita membuat dan memasak sop buntut, kita harus mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk mengolahnya. 

Berikut dibawah ini adalah bahan untuk membuat sop buntut :

  1. 2 kg buntut sapi
  2. 13 bawang putih
  3. 1 sendok makan merica putih 
  4. 6 iris pala
  5. 7-9 biji cengkeh
  6. 9 bawang merah dipotong
  7. 9 bawang putih dipotong
  8. 2 - 4 seledri
  9. 3 - 5 daun bawang
  10. 4 tomat belah menjadi 4
  11. 3/4 sendok teh gula pasir
  12. Kentang yang telah dikupas, iris kotak seperti dadu, jangan lupa direbus
  13. Wortel yang telah dikupas, iris setelah itu direbus

Cara mengolah Sup Buntut khas indonesia:

  1. Langkah pertama untuk memasak sop buntut anda terlebih dahulu didihkan air kemudian buntut sapi dimasukkan, rebus sampai setengah mendidih, lalu angkat  biarkan dahulu. Tips agar kuah sop buntut itu jernih, yakni buntut masih mentah jangan dicuci.
  2. Jika telah setengah direbus baru setelah itu dicuci kemudian bersihkan buntut sapi memakai air dingin yang mengalir. Sesudah dicuci bersih, beri air dingin secukupnya saat merebus buntut sapi dengan memakai api kecil. Rebus hingga mendidih lagi.
  3. Sambil menunggu, anda dapat menghaluskan bawang putih dengan merica, sesudah halus bisa dilanjut menumis memakai minyak secukupnya. Apabila bumbu sudah berwarna coklat muda, tambah dua gelas air kemudian didihkan sampai mendidih. Lalu disaring ke dalam kuah buntut yang telah mendidih. Tahap ini dapat anda tentukan dengan keinginan anda, apabila mau tidak disaring juga tidak apa-apa.
  4. Jika sudah Tambah irisan pala, cengkeh juga daun bawang bersama seledri yang telah dibentuk simpul. Lebih baik  seledri dicelupkan secara utuh jangan diiris tipis-tipis. Kemudian tambahkan penyedap juga garam. Jika sudah angkat seledri yang sudah telah layu, buang kemudian rebus buntut sapi hingga menjadi empuk.
  5. Supaya aromanya bertambah, anda dapat  menggoreng bawang merah lalu bawang putih yang sudah dipotong tipis, goreng sampai berwarna coklat. Remas-remas berikan taburkan ke dalam kaldu kemudian beri gula pasir. Jangan lupa tes rasa dengan mencicipi sop buntut dan menambah bumbu dengan keinginan selera anda jika memang anda inginkan.
  6. Apabila telah disajikan sop buntut beri dengan potongan tomat, kentang , wortel juga daun bawang. sop buntut sudah siap dinikmati selagi hangat dengan nasi hangat.

Sumber referensi:kompas.com

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar