Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sup Wortel dengan Biji Chia lezat dan sehat

Resep Sup Wortel dengan Biji Chia lezat dan sehat

Sup Wortel dengan Biji Chia

Resep Sup Wortel dengan Biji Chia lezat dan sehat

Recipe By siti
Course: Sup Wortel dengan Biji Chia Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. wortel segar

  2. bawang bombay

  3. bawang putih

  4. kaldu sayuran

  5. biji chia

  6. garam

  7. merica

  8. minyak zaitun

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama, siapkan wortel dan bawang bombay, kemudian cuci bersih dan potong kecil-kecil.

  2. Langkah 2

    Panaskan minyak zaitun dalam panci, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.

  3. Langkah 3

    Masukkan potongan wortel ke dalam panci, aduk-aduk hingga setengah matang.

  4. Langkah 4

    Tuangkan kaldu sayuran ke dalam panci, tambahkan garam dan merica secukupnya, biarkan mendidih hingga wortel menjadi lembut.

  5. Langkah 5

    Terakhir, tambahkan biji chia ke dalam sup, aduk rata, dan biarkan sebentar sebelum disajikan.

NOTES

    Untuk membuat tampilan sup wortel dengan biji chia menjadi lebih menarik, Anda dapat menambahkan hiasan seperti daun seledri cincang, irisan wortel, atau biji chia yang ditaburkan di atas sup. Selain itu, Anda juga bisa menyajikan sup ini dengan roti panggang atau crackers untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya. Pastikan untuk menyajikan sup ini selagi hangat agar cita rasanya tetap nikmat dan menggugah selera.

Sup wortel dengan biji chia adalah salah satu hidangan yang sangat lezat dan sehat untuk dinikmati di berbagai kesempatan. Kombinasi antara wortel yang kaya akan vitamin A dan biji chia yang tinggi serat dan antioksidan membuat hidangan ini menjadi pilihan yang tepat untuk menu makan sehat Anda. Selain itu, sup wortel dengan biji chia juga sangat mudah dan cepat untuk disiapkan, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki jadwal yang padat namun tetap ingin menyantap makanan sehat.

Baca Juga :  Resep Rujak Cingur Khas Surabaya yang Satu Ini Dijamin Autentik dan Cocok di Lidah

Manfaat Wortel dan Biji Chia dalam Sup

Wortel adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, serat, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Kandungan serat dalam wortel juga membantu dalam pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan biji chia mengandung omega-3, serat, protein, kalsium, dan berbagai mineral penting lainnya. Biji chia juga dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan energi. Dengan mengombinasikan wortel dan biji chia dalam satu hidangan, Anda akan mendapatkan manfaat ganda untuk kesehatan tubuh Anda.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat sup wortel dengan biji chia, Anda memerlukan bahan-bahan seperti wortel segar, bawang bombay, bawang putih, kaldu sayuran, biji chia, garam, merica, dan minyak zaitun. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas agar hasil akhir sup Anda juga akan terasa segar dan lezat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera dan preferensi Anda, seperti jamur, kentang, atau sayuran lainnya.

Langkah-langkah Pembuatan Sup Wortel dengan Biji Chia

  1. Pertama, siapkan wortel dan bawang bombay, kemudian cuci bersih dan potong kecil-kecil.
  2. Panaskan minyak zaitun dalam panci, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan potongan wortel ke dalam panci, aduk-aduk hingga setengah matang.
  4. Tuangkan kaldu sayuran ke dalam panci, tambahkan garam dan merica secukupnya, biarkan mendidih hingga wortel menjadi lembut.
  5. Terakhir, tambahkan biji chia ke dalam sup, aduk rata, dan biarkan sebentar sebelum disajikan.
Baca Juga :  Resep Makanan Kukus Yang Lezat Bak Cho

Tips Penyajian Sup Wortel dengan Biji Chia

Untuk membuat tampilan sup wortel dengan biji chia menjadi lebih menarik, Anda dapat menambahkan hiasan seperti daun seledri cincang, irisan wortel, atau biji chia yang ditaburkan di atas sup. Selain itu, Anda juga bisa menyajikan sup ini dengan roti panggang atau crackers untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya. Pastikan untuk menyajikan sup ini selagi hangat agar cita rasanya tetap nikmat dan menggugah selera.

Kesimpulan

Sup wortel dengan biji chia adalah pilihan menu makan sehat yang lezat dan mudah untuk disiapkan. Kombinasi antara kandungan nutrisi yang tinggi dalam wortel dan biji chia menjadikan hidangan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan yang sederhana, Anda dapat menikmati hidangan sehat ini kapan pun Anda inginkan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep sup wortel dengan biji chia di rumah dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan Anda.

FAQ

Apakah bisa menggunakan wortel kalengan untuk membuat sup wortel dengan biji chia? Ya, Anda bisa menggunakan wortel kalengan sebagai alternatif jika tidak memiliki wortel segar. Pastikan untuk mencuci wortel kalengan sebelum digunakan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sup wortel dengan biji chia? Waktu yang dibutuhkan sekitar 30-40 menit, tergantung pada seberapa cepat wortel menjadi lembut saat dimasak.

Baca Juga :  Dessert Enak dari Mangga, Resep Mango Sago Jadi Pilihan

Apakah bisa menambahkan protein tambahan ke dalam sup ini? Tentu saja, Anda bisa menambahkan protein tambahan seperti potongan daging ayam atau tahu ke dalam sup wortel dengan biji chia.

Bolehkah menyimpan sisa sup wortel dengan biji chia di dalam lemari es? Ya, Anda bisa menyimpan sisa sup di dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum disantap.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info