Lompat ke konten
Home » Bingung Menu Buka Puasa? Coba Bakso Goreng Mekar

Bingung Menu Buka Puasa? Coba Bakso Goreng Mekar

Bakso Goreng (1)

Resep bakso goreng mekar

Resep bakso goreng mekar juga dapat dijadikan pilihan menu berbuka yang lezat sekaligus mengenyangkan. Berbuka puasa memang direkomendasikan mengkonsumsi makanan kecil dulu untuk mengisi perut. Setelah sholat Maghrib, barulan diperbolehkan menyantap makanan berat, seperti nasi atau karbohidrat lainnya.

Nah, bakso goreng atau disingkat basreng bisa Anda pilih untuk berbuka. Tidak perlu membelinya di luar karena Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan cara cukup mudah. Bahkan, basreng yang Anda buat nantinya bisa mekar seperti bunga. Sangat menarik, bukan?

Basreng mekar tersebut bisa dilengkapi dengan cocolan saus, mayonais, atau cabe rawit. Lalu, bagaimana resep bakso goreng mekar yang direkomendasikan? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 350 gram daging ayam bagian paha atau dada
  2. 150 gram udang segar ukuran sedang
  3. 5 siung bawang putih dicincang
  4. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  5. 1 sendok teh lada putih bubuk
  6. 2 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. 1 sendok teh baking soda
  9. 1 sendok teh baking powder
  10. 100 ml air es
  11. 300 gram tepung tapioka
  12. 250 ml minyak goreng
Baca Juga :  Resep Omelet Makaroni, Sehat Bergizi Untuk Anak Mama

Cara membuat bakso goreng mekar

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep bakso goreng mekar dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam dan udang di bawah air mengalir hingga bersih. Buang cangkang dan bagian kepala udang. Setelah itu, cincang halus keduanya. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu pindahkan cincangan daging ayam dan udang ke dalamnya. Masukkan cincangan bawang putih dan tepung tapioka. Setelah itu, Aduk merata dengan tangan.
  3. Tambahkan air es, baking soda, baking powder, daun bawang, lada putih, garam, dan gula pasir. Aduk merata lagi.
  4. Bentuk semua adonan menjadi bulat-bulat ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah panas, masukkan bulatan bakso ke dalam minyak panas. Jika warna bakso sudah mulai kecoklatan, Anda ambil dan tiriskan dulu untuk diiris atau digunting bagian tengahnya agar bisa mekar. Setelah itu, goreng lagi dengan api kecil saja hingga matang.
  6. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya sempurna. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Basreng siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata basreng mekar diatas piring. Lengkapi dengan saus dan cabai rawit hijau sesuai selera.
Baca Juga :  Resep Jajanan Tradisional, Kue Cucur Gula Merah

Resep bakso goreng mekar yang diinformasikan diatas dapat Anda praktikkan sekarang juga. Selain bisa dijadikan menu berbuka puasa, basreng mekar juga dapat menjadi inspirasi bisnis kuliner yang menarik. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info