Skip to main content

Cara buat Onde-Onde Yang Lembut, ini Resepnya

Anaya Lariencia

Kue Onde-Onde Yang Lembut


Kue Onde-onde merupakan makanan cemilan yang bahan utamanya terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau yang lembut. 

Ciri khas kue onde-onde bisa anda lihat pada kulitnya di bagian luar yang sudah ditaburi oleh wijen. Karena kue onde-onde sangat wajib harus menggunakan taburan wijen di bagian luarnya.

Resep Kue Onde-Onde 

Berikut dibawah ini adalah bahan membuat onde-onde adalah seperti berikut:

  1. 260 gram tepung ketan
  2. 1/4 sendok teh garam
  3. 110 gram biji wijen
  4. 26 gram tepung sagu
  5. 55 ml air
  6. 176 ml santan
  7. 210 gram kacang hijau yang telah kupas
  8. 2 lembar daun pandan
  9. 160 g gula pasir

Langkah membuat isi onde-onde:

  1. Yang pertama itu adalah Anda mulai proses untuk membuat isi onde-ondenya. 
  2. Jika sudah Kemudian Anda Kukus kacang hijau sampai dirasa sudah empuk ini akan memudahkan saat nanti dihaluskan. Anda harus memastikan bahwa sebelumnya kacang hijau telah direndam selama 1 jam.
  3. Setelah itu baru anda haluskan, tambah dengan daun pandan kemudian gula ke adonannya, kalau sudah baru dipanaskan dengan api kecil. Kemudian Angkat, Biarkan saja untuk berapa menit, lalu buat menjadi bentuk bola-bola kecil untuk nanti sebagai isian.

Kemudian langkah untuk membuat kulit onde-onde nya:

  1. Masukkan tepung ketan, tepung sagu bersama dengan bahan yang lain. Tambahkan santan hangat yang diambil dari ¼ kelapa. Campurkan kemudian uleni sampai adonan kalis lalu bisa dibuat pipih.
  2. Jika sudah anda Masukan isian yang tadi sudah dibuat ke dalam adonan yang sudah dipipihkan kemudian rapatkan lalu bentuk bulat kembali.
  3. Kemudian adalah anda menyiapkan biji wijen yang sudah dibersihkan sebelumnya dan dijemur kering. Taburi biji-biji wijen ini ke onde-onde. Gulingkan sampai semua bagian tertutup dengan wijen.
  4. Selanjutnya adalah seluruh kue onde-onde telah tertutupi biji wijen, Anda menyiapkan minyak panas untuk menggoreng. Goreng onde-ondenya sampai berwarna kuning keemasan yang artinya onde-onde sudah matang. Lalu diangkat dan tiriskan. Onde-onde bisa dinikmati bersama. Teh panas tawar atau kopi susu.

Sumber referensi:idntimes.com

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
-->