Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Jagung Khas Madura yang Dijamin Sedap Rasanya

Resep Nasi Jagung Khas Madura yang Dijamin Sedap Rasanya

Nasi Jagung Khas Madura (1)

Resep nasi jagung

Resep nasi jagung sangat identik dengan daerah Madura, Jawa Timur. Hal itu dikarenakan sebagian masyarakat Madura masih mengkonsumsi nasi jagung sebagai makanan pokok sehari-hari.

Disebut nasi jagung karena nasi putih yang dikonsumsi tersebut dicampur dengan pipilan jagung manis, lalu dimasak hingga matang. Setelah matang, nasi jagung biasanya disajikan dengan beragam lauk pelengkap.

Misalnya, urap sayur, tahu tempe goreng, ikan asin, dan sambal. Sudah pasti rasanya sedap dan menggugah selera.

Anda sekalian juga bisa mencicipi nasi jagung tersebut dengan membuatnya sendiri di rumah. Lalu, bagaimana resep nasi jagung selengkapnya dan direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan untuk nasi jagung

  1. 150 gram beras jagung
  2. 100 gram beras putih
  3. ½ sendok teh garam
  4. 500 ml air

Bahan untuk urap sayur

  1. 1 ikat kacang panjang dipotong 2 cm
  2. 100 gram touge
  3. ½ buah kelapa tua diparut
  4. 1 cm kencur
  5. 2 buah cabai merah besar
  6. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  7. 4 lembar daun jeruk
  8. ½ sendok teh terasi dibakar
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Burgo Khas Palembang untuk Sarapan atau Selingan

Bahan pelengkap

  1. Tahu goreng secukupnya
  2. Tempe goreng secukupnya
  3. Ikan asin secukupnya
  4. Sambal terasi atau sambal lainnya sesuai selera secukupnya

Cara membuat nasi jagung

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep nasi jagung dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu beras jagung dan beras putih masing-masing di bawah air mengalir. Setelah itu. siapkan wadah baskom, lalu campurkan ke dalamnya beras jagung dan beras putih. Tambahkan 500 ml air dan garam. Aduk merata.
  2. Anda bisa memasaknya dengan rice cooker agar lebih mudah dan praktis. Masukkan saja semua bahan di dalam baskom ke dalam panci rice cooker. Setelah itu, masukkan panci ke dalam rice cooker, tutup, lalu nyalakan mode Cook. Tunggu saja hingga matang atau berpindah mode Warm.
  3. Setelah matang, buka tutup rice cooker agar uap airnya keluar. Jangan lupa untuk mengaduk-aduk nasi jagung sebentar. Anda juga bisa mencicipi sedikit nasi jagungnya tersebut.
  4. Langkah berikutnya membuat urap sayur. Caranya, rebus hingga matang kacang panjang dan touge masing-masing dan jangan dicampur. Angkat dan tiriskan.
  5. Silahkan menghaluskan beberapa bumbu yang sudah disiapkan, seperti cabai merah besar, cabai rawit, kencur, daun jeruk, terasi, garam dan gula. Setelah itu, siapkan wadah baskom lalu campur bumbu tersebut dengan kelapa parut. Kukus dulu sekitar 15 menit, lalu campurkan dengan kacang panjang beserta touge yang sudah direbus tadi.
  6. Nasi jagung dan urap sayur beserta lauk pelengkapnya sudah matang, siap disajikan. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan nasi jagung yang sudah matang diatasnya. Beri urap sayur secukupnya, tahu tempe goreng, serta ikan asin. Dijamin rasanya mantul apalagi saat masih hangat.
Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Crispy Enak Dan Gurih

Silahkan Anda coba sendiri resep nasi jagung dengan langkah-langkah diatas. Cocok disantap beramai-ramai untuk makan siang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan