Lompat ke konten
Home » Opor Ayam Pedas Khas Cepu yang Dijamin Menggugah Selera

Opor Ayam Pedas Khas Cepu yang Dijamin Menggugah Selera

Opor Ayam Pedas (1)

Resep opor ayam pedas

Resep opor ayam pedas khas Cepu, Blora, Jawa Tengah ini bisa menjadi alternatif sajian khas lebaran yang tidak kalah sedapnya.

Khususnya Anda yang suka masakan pedas harus coba memasak dan menyantapnya. Dijamin ketagihan karena rasanya bukan hanya gurih, tetapi juga pedas menyengat.

Sangat cocok disajikan dengan potongan lontong, ketupat, atau nasi hangat. Saat menyantapnya tidak perlu tambahan lauk sambal goreng ati atau kentang karena opornya sudah benar-benar pedas.

Bumbu opornya yang pedas tetap dikombinasikan dengan berbagai rempah khas Nusantara, sehingga rasa masakannya begitu otentik mencerminkan kuliner tradisional khas Indonesia.

Lebih sedap lagi, penggunaan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Dijamin semakin mantul dan dikai banyak orang. Anda yang sudah penasaran dengan rasa masakannya silahkan membaca dulu resep opor ayam pedas selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung segar ukuran sedang
  2. 1 liter santan
  3. 2 cm lengkuas
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai digeprek
  7. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  8. 1 sendok teh garam
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Pecel Ayam Satu Ini Harus Anda Coba Masak di Rumah

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri
  4. 2 sendok teh ketumbar disangrai
  5. ½ sendok teh merica butiran
  6. ¼ sendok teh jintan
  7. 2 cm jahe
  8. 2 cm kunyit
  9. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  10. 5 buah cabai merah keriting

Bahan pelengkap

  1. Lontong atau ketupat dipotong-potong secukupnya
  2. Bawang merah goreng secukupnya
  3. Kerupuk udang secukupnya

Cara memasak opor ayam pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep opor ayam pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil di permukaan kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi 8 – 10 bagian atau sesuai selera Anda.
  2. Panaskan air di dalam panci, lalu rebus potongan ayam kampung sekitar 35 menit. Perlu diketahui bahwa ayam kampung memiliki serat dan tesktur daging lebih tebal, sehingga memasaknya harus lebih lama agar dagingnya tidak keras atau alot. Setelah direbus, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan lengkuas, batang serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga semua layu. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam wajan, lalu kecilkan api kompor. Aduk merata perlahan terus menerus agar santan tidak pecah.
  5. Bumbui dengan gula Jawa, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata. Setelah itu, masukkan potongan ayam kampung ke dalam wajan dan aduk terus perlahan. Masak hingga ayam berubah warna, dagingnya empuk, dan santannya menyusut. Dengan begitu, semua bumbunya sudah meresap ke dalamnya.
  6. Jangan lupa dicicipi sedikit kuah opornya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa memberi kaldu bubuk lagi secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan opor ayam pedas yang sudah matang diatas mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya. Lengkapi dengan potongan ketupat atau lontong, nasi putih hangat, dan kerupuk udang.
Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Tumis Usus Telur Puyuh yang Disukai Banyak Orang

Akhirnya, resep opor ayam pedas khas Cepu, Blora, Jawa Tengah sudah selesai dimasak dan tinggal dicicipi. Rasanya dijamin gurih, pedas, dan menggugah selera. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info