Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Biji Ketapang Istimewa untuk Lebaran

Membuat Kue Biji Ketapang Istimewa untuk Lebaran

Membuat Kue Biji Ketapang Istimewa (2)

Membuat Kue Biji Ketapang Istimewa

Bahan-bahan

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 100 gr tepung tapioka(kanji)
  3. 50 gr tepung maizena
  4. 125 gr gula pasir
  5. 1/2 butir kelapa setengah tua
  6. 1 butir telur
  7. 70 gr margarine
  8. 1 bks santan bubuk (seduh dengan setengah gelas air)
  9. 1 saset kecil vanili
  10. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah Membuat Kue Biji Ketapang Spesial

  1. Untuk membuat kue biji ketapang spesial, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan[1]. Diantaranya tepung terigu, santan, margarin, telur, dan gula pasir. Adonan dibentuk dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga menjadi konsistensi yang rata dan halus [2]. Untuk tekstur yang lembut dan renyah, ditambahkan kelapa parut ke dalam adonan[3]. Bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam adonan antara lain bubuk vanila dan garam[4]. Setelah bahan-bahannya siap, saatnya melanjutkan ke langkah proses berikutnya.
  2. Langkah selanjutnya dalam membuat kue biji ketapang adalah mencampur dan memanggang adonannya[5]. Adonan dimasukkan ke dalam loyang dan dipanggang dalam oven hingga berubah warna menjadi coklat keemasan dan matang[6]. Untuk menambah sentuhan unik pada kuenya, bisa ditambahkan topping seperti keju parut atau chocolate chip[7]. Setelah dipanggang, kue dibiarkan dingin sebelum diiris dan disajikan[8]. Bagi yang ingin mencoba membuat biji ketapang, prosesnya hampir sama dengan membuat adonan kuenya. Telur, gula pasir, garam, dan santan instan dicampur menjadi satu, dilanjutkan dengan penambahan tepung [9]. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna coklat keemasan[9].
  3. Untuk menyajikan kue biji ketapang, disarankan untuk menambahkan beberapa topping dan menyajikannya dengan secangkir teh atau kopi panas[7]. Beberapa topping yang populer antara lain keju parut, keping coklat, atau taburan gula halus[10]. Kue ini dapat disajikan hangat atau pada suhu ruangan, menjadikannya camilan yang sempurna kapan saja sepanjang hari[11]. Bagi yang ingin memberikan sentuhan personal pada kue biji ketapang, bisa bereksperimen dengan berbagai topping atau bahkan mencoba membuat variasi resep sendiri[12]. Secara keseluruhan, pembuatan kue biji ketapang spesial adalah sebuah proses sederhana yang dapat menghasilkan hidangan penutup yang lezat dan unik untuk segala acara.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Berkualitas Tinggi** – Pilih bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi untuk kue bijinya. Misalnya saja menggunakan biji ketapang segar, tepung premium, dan mentega berkualitas tinggi untuk menjamin rasa dan tekstur terbaik.

Baca Juga :  Resep Sambal Teri Petai, Menu Lauk Sederhana yang Disukai Banyak Orang

**Penggilingan Biji Ketapang Yang Benar** – Giling biji ketapang hingga halus untuk memastikan tekstur kue yang halus dan konsisten. Hindari meninggalkan potongan biji yang besar, karena dapat mempengaruhi tekstur dan rasa kue secara keseluruhan.

**Menyeimbangkan Rasa Manis dan Kacang** – Ciptakan keseimbangan antara rasa manis dan pedas pada kue dengan mengatur jumlah gula dan biji ketapang. Terlalu banyak gula dapat mengalahkan rasa alami bijinya, sedangkan terlalu sedikit biji dapat mengurangi rasa pedasnya.

**Mengoptimalkan Waktu dan Suhu Memanggang** – Perhatikan waktu dan suhu memanggang. Pemanggangan yang berlebihan akan menghasilkan tekstur yang kering dan rapuh, sedangkan pemanggangan yang kurang akan menghasilkan bagian tengah yang padat dan belum matang. Ikuti petunjuk resep dengan cermat dan gunakan termometer oven untuk akurasi.

**Saran Penyajian dan Penyajian Kreatif** – Bereksperimenlah dengan presentasi kreatif dan saran penyajian untuk meningkatkan pengalaman keseluruhan. Misalnya, sajikan kue biji Ketapang dengan sesendok krim kocok dan taburan biji ketapang bubuk untuk menambah daya tarik visual dan rasa. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut ini, Anda dapat membuat kue biji ketapang yang lezat dan menarik secara visual yang menampilkan cita rasa unik dari biji ketapang.

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kue biji ketapang spesial? A: Bahan utama pembuatan kue spesial biji ketapang antara lain tepung terigu, gula pasir, santan, daun pandan, garam, dan biji wijen.

Baca Juga :  Bahan Dan Cara Membuat Potato Wedges

Q: Bagaimana cara mencampur dan memanggang adonan kue biji ketapang? A: Setelah adonan disiapkan dengan cara mencampurkan bahan-bahan hingga merata, tuang ke dalam loyang dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga berwarna cokelat keemasan.

Q: Apa saja topping kue biji ketapang yang populer? A: Topping yang umum pada kue biji ketapang adalah campuran mentega dan gula yang dioleskan di atas kue sebelum dipanggang, dan tambahan biji wijen untuk hiasan.

Q: Boleh kasih saran penyajian kue biji ketapang spesial ini? A: Kue khas biji ketapang ini bisa disajikan polos sebagai camilan atau hidangan penutup, atau ditemani dengan secangkir teh atau kopi. Bisa juga dinikmati dengan satu sendok es krim atau sedikit saus coklat untuk suguhan yang lebih memanjakan.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan dan memanggang kue spesial biji ketapang? A: Persiapan dan waktu memanggang kue biji ketapang istimewa bisa berbeda-beda, namun biasanya dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyiapkan adonan dan sekitar 30-40 menit untuk memanggang kue hingga berwarna keemasan dan matang.

Referensi : 

1.   Resep Kue Biji Ketapang Renyah dan Empuk, Dijamin ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari purwakarta.kilat.com 

2.   Mau Bikin Biji Ketapang Enak dan Renyah? Ikuti Tips Berikut.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

3.   Cara Membuat Kue Biji Ketapang, Manis Dan Renyah Di ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.vnn.co.id 

4.   Resep Biji Ketapang Renyah Empuk, Camilan Lebaran ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

Baca Juga :  Resep Donat Tanpa Telur, tetap lezat tanpa harus telur

5.   Begini! Resep Biji Ketapang 1 kg Terigu Praktis dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari bangkalan.pikiran-rakyat.com 

6.   Cara Bikin Biji Ketapang Lengkap dengan Resepnya ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.merdeka.com 

7.   Resep Biji Ketapang Istimewa oleh Detik Wulandari.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/5380748-biji-ketapang-istimewa 

8.   Resep Biji Ketapang Renyah Kriuk oleh yusinta suroso.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/543558-biji-ketapang-renyah-kriuk 

9.   Resep Biji Ketapang, Camilan Goreng yang Tahan Lama.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

10.   Langsungenak | Sepertinya postingan saya tentang kue ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.facebook.com/groups/langsungenak/posts/1449582405141099/ 

11.   Cemilan yang Bikin Lupa Waktu, Kue Biji Ketapang ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari purwakarta.kilat.com 

12.   Resep Biji Ketapang Kriuk Anti Keras, Dijamin … – TikTok.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.tiktok.com/@asahidtehyung/video/7304654309222845702 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info