Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Belut Pedas Khas Tuban yang Cocok Disantap dengan Nasi Putih Hangat

Resep Belut Pedas Khas Tuban yang Cocok Disantap dengan Nasi Putih Hangat

Belut Pedas Khas Tuban1 (1)

Resep belut pedas

Ada resep belut pedas khas Tuban, Jawa Timur yang mungkin Anda belum pernah mengetahuinya, apalagi mencicipinya.

Pastinya berbahan belut, yaitu hewan bertubuh panjang dan berkulit licin yang hidup di lumpur, sungai, dan rawa-rawa. Belut jika diolah dan dimasak dengan sebaik-baiknya serta menggunakan berbagai bumbu spesial, tentu saja menjadi masakan istimewa.

Seperti halnya belut pedas khas Tuban yang memiliki citarasa autentik karena memakai bumbu dan rempah pilihan.

Sementara untuk level kepedasannya, biasanya memang sangat pedas seperti masakan Jawa yang identik dengan sambal dan pedas. Namun demikian, Anda bisa menyesuaikan level pedas masakannya dengan selera sendiri. Jadi, silahkan memasaknya resep belut pedas di rumah yang dijamin rasanya lezat.

Bahan-bahan

  • 500 gram belut segar
  • 3 cm jahe diparut
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng belut dan menumis bumbu
  • 15 buah cabai rawit merh atau sesuai selera dipotong-potong
  • 2 cm lengkuas digeprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai digeprek

Bumbu yang dihaluskan

  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 sendok makan terasi
  • 1 sendok makan garam
  • 4 siung bawang putih goreng
Baca Juga :  Lumpia High Class, Jajanan Rakyat Rasa Mendunia

Cara memasak belut pedas khas Tuban

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep belut pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua belut yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Sayat tubuhnya dan keluarkan bagian dalam perutnya. Jika Anda tidak berani melakukannya, minta tolong saja pada penjualnya.
  2. Setelah itu, potong-potong belut menjadi 2 – 3 bagian. Lalu, masukkan semua potongan belut ke dalam wadah bersih dan beri parutan jahe serta garam. Aduk merata, lalu diamkan sekitar 30 menit untuk proses marinasi.
  3. Setelah 30 menit, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng belut. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan semua potongan belut ke dalam wajan.
  4. Goreng diatas api kompor sedang saja hingga berwarna kuning kecoklatan di semua sisinya. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  5. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng belut tadi hingga tersisa sekitar 3 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Setelah itu, panaskan lagi dan tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan cabai rawit, lengkuas, daun jeruk, dan batang serai. Tumis hingga layu dan berambah harum.
  7. Setelah itu, masukkan belut goreng dan aduk merata dengan semua bumbu hingga menyatu. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera. Jika sudah sedap dan matang, matikan kompor untuk segera menyajikan masakannya.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan belut pedas yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng untuk menambah sedap masakan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Lezat di rumah, ini cara Membuatnya

Setelah selesai memasak resep belut pedas, silahkan disantap dengan nasi putih hangat agar lebih mantap dan mengenyangkan. Anda yang penasaran dengan rasa masakannya jangan menunggu lebih lama lagi untuk segera mencobanya.

Lihat video membuat Belut Pedas Khas Tuban

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan