Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sambal Belut Goreng yang Sederhana, tetapi Rasanya Benar-Benar Mantul

Resep Sambal Belut Goreng yang Sederhana, tetapi Rasanya Benar-Benar Mantul

Resep Sambal Belut Goreng1 (1)

Resep sambal belut goreng

Resep sambal belut goreng dapat dimasak dan dijadikan lauk untuk buka atau sahur. Jadi, Anda bisa memasaknya sekali, tetapi bisa disantap berulang kali.

Dijamin belum basi karena bahan utamanya, yaitu belut yang sudah dimarinasi akan digoreng garing. Sementara untuk bahan sambalnya, cukup mudah dan murah untuk disiapkan.

Tidak perlu membelinya terlalu banyak, Anda cukup membeli belut 1 kilogram saja. Jika sudah dijadikan sambal, sudah lebih dari cukup untuk menjadi lauk seluruh keluarga yang menggugah selera.

Sementara untuk level pedasnya, Anda bisa menyesuaikan sendiri saat menggunakan cabainya.

Lalu, bagaimana resep sambal belut goreng yang dijamin rasanya enak? Berikut informasinya.

Bahan-bahan

  1. 1 kilogram belut segar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 3 siung bawang putih
  5. 2 cm kunyit
  6. 1 sendok makan ketumbar
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. ½ sendok teh kaldu bubuk
  9. Air matang secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng belut

Bahan sambal

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 3 buah cabai merah keriting
  3. 1 buah cabai merah besar
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh kaldu bubuk
  6. Minyak goreng panas secukupnya
Baca Juga :  Resep Buko Padang Sederhana untuk Keluarga Minimalis

Cara membuat sambal belut goreng

Setelah semua bahan diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep sambal belut goreng dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua belut yang sudah Anda beli dan siapkan. Jika belutnya sudah disembelih dan dibersihkan oleh penjualnya, Anda tetap membersihkannya di bawah air mengalir.
  2. Setelah bersih, masukkan semua belut ke dalam baskom, lalu beri perasan jeruk nipis dan garam. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 10 menit, bilas lagi semua belut dengan air bersih. Sisihkan.
  3. Langkah berikutnya, yaitu haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar, merica, kaldu bubuk, dan air secukupnya. Anda bisa mengulegnya manual menggunakan cobek atau memakai chopper/blender agar lebih cepat menghaluskan bumbunya.
  4. Selanjutnya, siapkan cobek lalu campurkan belut dengan semua bumbu halus sambil digeprek hingga merata. Diamkan sekitar 10 menit hingga bumbu meresap.
  5. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng belut. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan belutnya dan goreng hingga garing.
  6. Masak di api kompor sedang saja sambil dibolak-balik agar tidak gosong. Setelah matang dan berwarna kecoklatan, angkat semua belut serta tiriskan. Sisihkan dulu.
  7. Langkah berikutnya membuat sambal. Caranya, siapkan cobek lagi lalu uleg semua bahan sambal, kecuali minyak goreng panas, hingga halus.
  8. Setelah itu, masukkan belut goreng ke cobek dan uleg kasar hingga tercampur rata dengan sambalnya. Lalu, tuangkan minyak goreng panas secukupnya diatas sambal belut goreng tersebut. Aduk sebentar dan sambalnya sudah jadi untuk segera disajikan.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan sambal belut goreng yang sudah jadi. Silahkan mencicipinya dan jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menjadikannya lauk makan.
Baca Juga :  Resep Martabak Kari ala India yang Rasa Rempahnya Sedap di Lidah

Meskipun bahan dan cara membuatnya cukup sederhana, tetapi rasa sambalnya dijamin mantul. Oleh karenanya, silahkan Anda mempraktikkan resep sambal belut goreng diatas di rumah. Selamat mencoba.

Lihat video Resep Sambal Belut Goreng

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan