Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Ayam Kemangi Khas Tuban dengan Citarasa Spesial

Memasak Resep Ayam Kemangi Khas Tuban dengan Citarasa Spesial

Resep Ayam Kemangi Khas Tuban (1)

Resep ayam kemangi

Resep ayam kemangi khas Tuban, Jawa Timur menjadi salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang sudah turun temurun diwariskan tiap generasi.

Masakannya benar-benar otentik karena terjaga citarasanya. Hal itu dikarenakan bahan dan bumbunya juga dipilih yang sesuai rekomendasi.

Namun yang lebih penting, yaitu cara atau langkah-langkah memasaknya harus benar.

Dengan begitu, tercipta masakan ayam kemangi yang benar-benar lezat saat disantap. Masakan yang satu ini melibatkan cukup banyak bahan dan rempah.

Anda yang ingin coba memasaknya karena penasaran dengan rasanya, silahkan membaca dulu resep ayam kemangi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung segar ukuran sedang
  2. 2 sendok teh air asam Jawa
  3. ½ sendok teh garam
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  6. 1 ikat daun kemangi diambil daunnya saja
  7. 3 lembar daun jeruk purut
  8. 25 gram gula Jawa
  9. 1 sendok teh garam
  10. Kaldu bubuk secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 3 buah cabai merah besar
  5. 3 cm jahe
  6. 3 cm kunyit
  7. 5 temu kunci
Baca Juga :  Gulai Nangka Khas Masakan Padang Ini Tidak Boleh diLewatkan

Cara memasak ayam kemangi

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam kemangi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus di kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 bagian.
  2. Masukkan potongan ayam ke dalam baskom dan beri air asam Jawa dan ½ sendok teh garam. Aduk dengan tangan sambil diremas-remas ayamnya. Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit.
  3. Selanjutnya, rebus ayam sekitar 45 menit hingga matang dan dagingnya empuk. Anda yang memiliki panci presto bisa menggunakannya agar lebih cepat. Setelah itu, angkat dan tiriskan ayamnya.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan potongan ayam ke dalamnya. Goreng dengan api sedang hingga setengah matang saja. Angkat dan tiriskan.
  5. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam hingga tinggal sekitar 2 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi wajannya dan setelah panas tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan lengkuas, daun jeruk, dan daun bawang. Aduk merata. Setelah itu, bumbui dengan gula Jawa, garam, dan kaldu bubuk. Aduk merata lagi.
  7. Masukkan ayam goreng setengah matang ke dalam wajan dan kecilkan api kompor, lalu aduk merata hingga tercampur dengan semua bahan.
  8. Jangan lupa masukkan daun kemanginya dan aduk sebentar. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya masih kurang sedap, tambahkan saja kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam kemangi yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Silahkan juga menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Inilah Resep Abon Ikan Tongkol yang Harus Anda Coba Masak di Rumah

Langkah-langkah memasak resep ayam kemangi khas Tuban diatas dapat Anda praktikkan sekarang juga. Masakannya sangat cocok dijadikan lauk makan siang atau makan malam yang pastinya rasanya lezat.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan