Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Ayam Kemangi Khas Tuban yang Mudah dan Rasanya Dijamin Mantul

Memasak Resep Ayam Kemangi Khas Tuban yang Mudah dan Rasanya Dijamin Mantul

Ayam Kemangi Khas Tuban (1)

Resep ayam kemangi

Resep ayam kemangi khas Tuban, Jawa Timur juga direkomendasikan untuk Anda sekalian. Dimana menu kuliner dengan bahan utama daging ayam memang sangat banyak dan beragam.

Semuanya mempunyai ciri khas masing-masing terutama pada rasanya. Jika berbicara perihal rasa masakan, tentu saja erat kaitannya dengan bahan, bumbu, serta langkah-langkah memasaknya yang harus diketahui lebih detail.

Begitu juga dengan kuliner ayam kemangi khas Tuban ini juga mempunyai ciri khas pada rasanya yang dijamin mantul. Sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang atau malam ditemani nasi putih hangat dan minuman hangat atau dingin.

Anda yang ingin memasaknya silahkan untuk membaca dulu resep ayam kemangi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam pedaging segar ukuran sedang
  2. 1 sendok teh air asam Jawa
  3. ½ sendok teh garam
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  6. 1 ikat daun kemangi diambil daunnya saja
  7. 3 lembar daun jeruk purut
  8. 2 sendok makan gula Jawa
  9. 1 sendok makan garam
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis bumbu
Baca Juga :  Chicken Katsu Don Praktis untuk Bekal Sekolah dan Kerja

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera Anda
  4. 3 buah cabai merah besar
  5. 3 cm jahe
  6. 3 cm kunyit
  7. 5 kunci

Cara memasak ayam kemangi khas Tuban

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, silahkan Anda mulai mempraktikkan cara memasak resep ayam kemangi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam 1 ekor yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil yang meaish menempel di kulitnya.
  2. Setelah itu, potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda. Masukkan semua potongannya ke dalam baskom bersih, lalu tambahkan garam ½ sendok teh dan air asam Jawa. Aduk sebentar sambil diremas-remas ayamnya, lalu diamkan sekitar 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas, lalu goreng ayam hingga setengah matang saja. Angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi hingga sekitar 3 sendok makan saja karena hanya untuk menumis saja. Panaskan lagi dan tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Setelah itu, masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk merata dengan bumbu hingga berubah warna. Tambahkan lengkuas, daun bawang, daun jeruk purut, gula Jawa, dan garam. Aduk merata lagi hingga semua bahan dan bumbu tercampur.
  6. Pastikan ayam sudah empuk dan bumbunya meresap. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Sebelum mematikan kompor, tambahkan daun kemangi dan aduk sebentar.
  7. Setelah masakan matang, matikan kompor dan siap disajikan. Siapkan saja sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam kemangi yang sudah matang diatasnya. Taburkan bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat untuk menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Resep Masakan Gyudon, Khas Negeri Jepang

Sekarang, Anda sekalian sudah mengenal resep ayam kemangi lebih detail. Mulai dari bahan, bumbu, serta cara memasaknya. Selanjutnya, silahkan coba mempraktikkannya di rumah.

Lihat video membuat Ayam Kemangi Khas Tuban

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info