Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Rendang Daun Singkong, Sayur Khas Padang dengan Citarasa Spesial

Resep Rendang Daun Singkong, Sayur Khas Padang dengan Citarasa Spesial

Rendang Daun Singkong (1)

Resep rendang daun singkong

Resep rendang daun singkong menjadi salah satu menu sayur yang lezat dengan rasa pedas gurih menggugah selera.

Rendang yang sudah menjadi kuliner ikonik dari Padang memang rsanya tidak perlu diragukan lagi.

Biasanya rendang berbahan protein hewani, seperti daging sapi atau ayam. Namun sekarang, sayuran daun singkong juga bisa dimasak dengan bumbu rendang.

Bahkan, sayur rendang daun singkon menjadi salah salah satu ciri khas dari rumah makan Padang di seluruh pelosok Indonesia.

Anda sekalian yang mengaku sebagai penggemar masakan Padang khas Minang pasti tidak bisa menghindar dari rendangdaun singkong untuk memesannya dalam satu paket lengkap.

Jika ingin menyantapnya setiap hari, Anda tidak perlu membelinya. Silahkan memasaknya sendiri dengan beberapa langkah mudah dan pastinya rasa masakannya mantul.

Berikut resep rendang daun singkong selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  1. 2 ikat daun singkong muda yang masih segar
  2. 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  3. 1 lembar daun kunyit dibuat simpul
  4. 3 lembar daun jeruk disobek-sobek
  5. 1 sendok teh asam Jawa
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk
Baca Juga :  Resep Telur Puyuh Tumis Kecap, Masakan Sederhana dan Mudah

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 butir bawang merah
  2. 3 buah cabai rawit merah
  3. 3 cm lengkuas digeprek
  4. 2 cm kunyit digeprek

Cara memasak rendang daun singkong

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep rendang daun singkong dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daun singkong yang disiapkan di bawah air mengalir. Jika masih ada batang daunnya, patahkan dan buang karena yang dimasak hanya bagian daunnya saja.
  2. Selanjutnya, siapkan panci ukuran sedang, lalu tuangkan semua santan ke dalamnya. Nyalakan api kompor kecil saja dan aduk-aduk perlahan agar tidak pecah.
  3. Masukkan semua bumbu yang dihaluskan dan aduk perlahan. Setelah itu, masukkan daun singkongnya bersama asam Jawa, daun jeruk, dan daun kunyit. Rebus hingga semua bahan di dalamnya layu dan santannya mengental.
  4. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk, lalu aduk perlahan hingga matang. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  5. Siapkan mangkuk saji untuk plating, lalu tuangkan masakan rendang daun singkong yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat untuk makan siang atau malam.
Baca Juga :  Resep Fish And Chips Makanan Ringan Ala Cafe

Meskipun hanya sayur saja, tetapi rasanya dijamin lezat. Bahkan, Anda juga bisa menjadikannya lauk saat menyantap nasi putih. Oleh karenanya, silahkan praktikkan cara memasak resep rendang daun singkong diatas.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan