Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Injeolmi (Kue Beras Manis Korea) dalam Waktu 10 menit

Resep Membuat Injeolmi (Kue Beras Manis Korea) dalam Waktu 10 menit

Injeolmi

Resep Injeolmi

Kue beras yang sangat disukai dari Korea, injeolmi memiliki tekstur yang sangat kenyal, pedas, dan sedikit manis.

Hanya dengan menggunakan microwave, kamu dapat membuat makanan penutup vegan dan bebas gluten yang lezat ini di rumah dalam waktu kurang dari sepuluh menit!

Apa itu Injeolmi? Sejenis kue beras Korea yang terbuat dari beras ketan disebut injeolmi. Beras ketan manis dikukus dan ditumbuk secara tradisional hingga membentuk gumpalan yang bagus dengan tekstur kenyal yang disebut Tteok.

Jika kamu menghitung waktu yang dihabiskan untuk merendam beras ketan, mengukusnya, dan kemudian menumbuknya, metode pembuatan tteok ini biasanya memakan waktu beberapa jam.

Tteok kemudian dipotong kecil-kecil dan biasanya dilapisi dengan wijen hitam yang digiling, bubuk kedelai panggang yang dikenal sebagai Bokkeun Kongaru, atau kacang merah Azuki tanpa pemanis yang dikenal sebagai dan-paat.

Kue beras ini juga dimakan tanpa penutup kecuali tanpa bantuan orang lain, dicelupkan ke dalam madu atau gula.

Perlu diingat bahwa tergantung pada jenis beras yang digunakan, ada dua kategori tteok Korea yang berbeda.

Chapssal Tteok adalah kue beras yang dibuat dari beras ketan, beras manis, atau beras ketan. Contoh tteok termasuk Hwajeon, Bukkumi, Kyeongdan, dan tentu saja, Injeolmi.

Maepssal Tteok biasanya dibuat dengan Songpyeon, Sirutteok, Hobaktteok, Danja, Sultteok, dan varietas beras berbiji pendek lainnya.

Catatan penting :

Tidak disarankan bahwa Injeolmi adalah pengobatan menyeluruh untuk kondisi perut. Silakan temui dokter terlebih dahulu untuk menentukan akar dari gejala yang dialami dan tindakan terbaik. Dan lebih sebagai makanan yang dapat membantu kondisi (sama seperti makanan hambar lebih baik daripada makanan pedas) tetapi bukan obat.

Injeolmi mengering dengan cepat dan hanya menjadi bagus dan melar ketika masih panas, jadi Anda hanya memiliki waktu singkat untuk merentangkannya, melapisi, dan memotongnya.

Tips :

  1. Bulir beras manis utuh versus tepung: beras manis biasanya direndam, dikukus, dan ditumbuk.
  2. Rasa dan pelapis lainnya termasuk kacang merah azuki yang dimasak (Paat) dan biji wijen hitam yang digiling (Heukmija). Perhatikan bahwa kacang merah azuki yang dimasak-bukan pasta kacang manis-yang rentan terhadap pembusukan di musim panas, jadi buatlah hidangan ini hanya selama bulan-bulan yang lebih dingin.
  3. Simpan dalam keadaan tertutup rapat hingga 12 jam pada suhu ruangan. Untuk menjaga kesegarannya, bekukan dalam wadah atau kantong kedap udara.
  4. Pemanasan ulang / pencairan: Cara terbaik untuk mencairkan injeomi beku adalah pada suhu kamar. Secara bergantian, masak selama beberapa menit di setiap sisi dalam wajan antilengket dengan api sedang-kecil. Taburkan sedikit air di atas kue beras saat wajan panas dan tutup selama beberapa menit untuk mendapatkan hasil yang lebih lembut dan lembab. Kamu juga bisa membiarkannya di dalam penanak nasi hangat selama beberapa saat. Memanaskan kembali dalam microwave adalah pilihan yang paling tidak disukai karena sering kali panasnya tidak merata dan menjadi sangat keras saat dingin, jadi gunakanlah hanya jika kamu tahu akan memakan semuanya dalam sekali makan.
Baca Juga :  Resep Kue Peanut Butter Cookies, Begini Cara Membuatnya

Bahan – Bahan :

  1. 2 cangkir tepung beras manis (Tepung Mochiko) 2 cangkir = 300g
  2. 2 sendok makan gula pasir
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1,25 cangkir air (310 ml)

Pelapis bubuk kedelai

  1. 1/2 cangkir bubuk kedelai panggang 1/2 cangkir = 60g, sekitar 2 ons
  2. 1/2 sendok teh gula
  3. 1/8 sdt garam

Yang kamu butuhkan: Tepung Beras Manis, Gula, Garam, Air, dan Bubuk Kedelai Sangrai

Cara Membuat :

  1. Bagi tepung kedelai menjadi dua bagian. Oleskan setengah bagian tepung kedelai panggang di atas dasar loyang brownies atau loyang untuk melapisinya. Bisa menggunakan 2 cangkir tepung untuk melapisi loyang brownies berukuran 9 x 13 inci untuk satu kali pembuatan. Bisa juga dilakukan dalam loyang berukuran 8 x 8.
  2. Di atas tepung kedelai, taburkan sekitar 1/2 hingga 1 sendok teh gula dan 1/4 sendok teh garam. Sisihkan.
  3. Dalam mangkuk yang dapat dipanaskan di microwave, tambahkan tepung beras manis (atau dikenal sebagai tepung mochiko), garam dan gula. Gunakan pengocok untuk mengaduk.
  4. Campur campuran tepung dengan spatula setelah menambahkan air hingga tercampur rata dan tidak ada tepung kering yang tersisa. Untuk memasukkan semua tepung, pastikan untuk mengikis dasar mangkuk. Tutup dengan bungkus plastik untuk meratakan dan menghaluskan bagian atasnya.
  5. Masak mangkuk yang tertutup selama dua menit di dalam microwave dengan suhu tinggi. Setelah dua menit, akan terlihat seperti gambar pertama-semuanya mengembang!
  6. Buka pembungkusnya dengan mengeluarkan mangkuk dari microwave dan berhati-hatilah agar tidak menyentuh uap panasnya. Seperti yang bisa kamu lihat, hanya lapisan atas yang sudah matang. Campur dengan spatula sehingga lapisan yang sudah matang naik ke atas dan lapisan yang belum matang naik ke bawah. Ratakan bagian atas, tutup dengan bungkus saran dan sebagainya.
  7. Sekali lagi, panaskan dalam microwave dengan suhu tinggi selama dua menit. Aduk setelah dibuka, tutup dengan pembungkus sekali lagi, dan ulangi langkah 6 dan 7 di atas.
  8. Sekarang, cukup panaskan dalam microwave selama satu menit.
  9. Campur atau uleni adonan dengan spatula yang dicelupkan ke dalam air dingin setelah mengeluarkan mangkuk dari microwave dan membuka pembungkusnya. Campur atau uleni selama 30 detik sambil mencelupkan spatula 4-5 kali ke dalam air. Hal ini tidak hanya membuat kue beras tidak mudah menempel pada spatula, tetapi juga membantu tteok menjadi lebih dingin dan menambah kelembapan. Adonan Injeolmi juga dapat diuleni dalam mixer berdiri dengan pengait adonan. Sepuluh detik saja sudah cukup. Saat kamu menguleni, tambahkan sekitar 2 sendok teh air. Setelah saya mencampurnya dengan tangan, beginilah bentuknya yang bagus dan melar.
  10. Siapkan semangkuk air es dan loyang tepung kedelai di samping lontong. Kenakan sarung tangan yang terbuat dari plastik sekali pakai. Meskipun sarung tangan plastik tidak diperlukan, sarung tangan plastik akan memudahkan (Kamu tidak perlu membungkus seluruh tangan dengan taco).
  11. Dengan menggunakan spatula, gulung kue beras Injeolmi menjadi satu bola dan letakkan di tengah-tengah loyang karena masih terlalu panas untuk dipegang. Sekarang, tekan kue beras dengan cepat menggunakan sarung tangan plastik yang telah dibasahi air dingin untuk meratakannya. Jika merasa sarung tangan lengket atau terlalu panas, basahi lagi. Tekan dan oleskan hingga menutupi sebagian besar bubuk kedelai atau hingga mendapatkan ketebalan yang diinginkan, yang setidaknya harus setebal 1/2 inci atau lebih.
  12. Setelah selesai mengoleskannya, tambahkan lagi bubuk kedelai di atasnya. Kue beras harus dipotong menjadi potongan-potongan panjang dengan gunting, dan kemudian setiap potongan harus dipotong menjadi kotak atau persegi panjang yang lebih kecil. Untuk setiap potongan, tutupi sisi yang dipotong dengan tepung kedelai sehingga benar-benar tertutup seluruhnya. Tepung kedelai memberikan rasa kacang yang enak pada Injeolmi dan menjaganya agar tidak mengering.
  13. Perhatikan bahwa tepung kedelai mungkin tidak akan menempel di bagian atas jika mengering sebelum menutupinya. Bubuk kedelai akan menempel jika membasahi permukaannya dengan air jika hal ini terjadi.
  14. Nikmati dengan secangkir teh yang lezat dan madu untuk dicelupkan!
Baca Juga :  Resep Tahu Gejrot Mantab Rasanya

Lihat video membuat Injeolmi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info