Lompat ke konten
Home » Inilah Resep Soto Kudus Legendaris yang Harus Anda Coba Sekarang

Inilah Resep Soto Kudus Legendaris yang Harus Anda Coba Sekarang

resep soto Kudus

Keyword : resep soto Kudus

Resep soto Kudus menjadi salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang hingga sekarang masih eksis, atau bisa dibilang legendaris. Pasalnya, menu kuliner ini sudah turun temurun dan sangat cocok rasanya dengan lidah masyarakat Indonesia.

Masakan berkuah dengan citarasa gurih karena terdapat beragam rempah-rempah khas Nusantara. Disebut soto Kudus karena memang berasal dari Kota Kudus, Jawa Tengah. Meskipun ada banyak masakan soto di Indonesia, tetapi soto Kudus menghadirkan ciri khasnya tersendiri.

Anda mungkin kangen dan ingin menyantap masakan khas Jawa yang berkuah, silahkan mencoba soto Kudus. Tak perlu membeli atau memesannya di luar sana karena Anda bisa memasaknya sendiri di rumah.

Semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan. Sementara untuk cara memasaknya, harus sesuai rekomendasi yang terbaik. Untuk lebih jelasnya tentang memasak resep soto Kudus yang direkomendasikan, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. ½ kg daging ayam kampung atau ayam boiler
  2. 2 liter air matang
  3. 2 cm jahe digeprek
  4. 2 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  7. 1 sendok teh gula Jawa
  8. Garam secukupnya
  9. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Memasak Resep Mie Celor Khas Palembang dengan Rasa Segar dan Mengenyangkan

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. ½ sendok teh merica butiran
  4. 1 sendok teh ketumbar butiran disangrai
  5. ½ sendok teh jinten disangrai
  6. 5 butir kemiri disangrai
  7. 1 cm kunyit

Bahan pelengkap

  1. 1 genggam tauge yang diseduh air panas
  2. 2 lembar daun bawang diiris
  3. Irisan bawang putih goreng secukupnya
  4. 5 cabai rawit atau sesuai selera untuk sambalnya
  5. 2 buah jeruk nipis
  6. Daun seledri secukupnya diiris

Cara memasak soto Kudus


Bahan dan bumbunya memang cukup banyak, tetapi mudah Anda dapatkan. Setelah semuanya siap, praktikkan cara memasak resep soto Kudus berikut.

  1. Ambil daging ayam dan bersihkan di bawah air mengalir. Potong beberapa bagian dan rebus sekitar 30 menit. Jika Anda menggunakan ayam kampung, merebusnya lebih lama lagi karena tekstur dagingnya lebih keras dan padat dibanding ayam broiler. Bila sudah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Siapkan wajan penggorengan, beri minyak goreng secukupnya, dan nyalakan kompor.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Tumis lagi hingga matang dan layu.
  4. Siapkan panci dan tambahkan air matang 2 liter untuk merebus daging ayam kedua kalinya. Rebus ayam beserta jahe hingga mendidih. Saring busanya dan buang.
  5. Selanjutnya, masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam. Aduk merata.
  6. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula Jawa, dan kecap manis. Aduk terus merata.
  7. Cicipi kuah sotonya dulu untuk memastikan sudah pas atau belum. Jika masih belum, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Matikan kompor dan soto Kudus sudah matang.
  8. Anda bisa menggunakan daging ayam yang direbus tersebut sebagai isian soto Kudus, yaitu disuwir-suwir. Namun Anda yang menginginkan daging ayam lebih garing, silakan menggoreng lagi daging ayamnya setengah matang saja.
  9. Anda bisa membuat sambal untuk soto Kudus secara sederhana. Cabai rawit yang sudah disiapkan di ulek kasar. Lalu, beri kuah soto secukupnya. Jadilah sambalnya.
  10. Siapkan piring atau mangkuk untuk plating. Masukkan nasi putih secukupnya. Tambahkan di atasnya tauge, suwiran ayam, daun bawang, dan daun seledri. Siram dengan kuah soto secukupnya. Taburi bawang putih goreng. Lebih sedap lagi diberi sambal, kecap manis, dan perasan jeruk nipis.
Baca Juga :  Telur Dadar Sayur Solusi Untuk Anak Susah Makan Sayuran

Silahkan mencicipi resep soto Kudus yang sudah dimasak. Sangat cocok disantap saat masih panas dan rasanya pasti maknyus. Anda bisa coba memasaknya sendiri sekarang juga.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info