Lompat ke konten
Home » Yuk, Memasak Ayam Kung Pao Khas Tiongkok yang Rasanya Mantul

Yuk, Memasak Ayam Kung Pao Khas Tiongkok yang Rasanya Mantul

resep ayam Kung Pao

Keyword : resep ayam Kung Pao

Resep ayam Kung Pao sangat menarik untuk diketahui informasinya. Lebih asik lagi dipraktikkan cara memasaknya di rumah. Dari namanya saja, kita semua sudah mengetahui asal kuliner yang satu ini, yaitu Tiongkok.

Memang benar, ayam Kung Pao merupakan salah satu menu legendaris dari negara Tirai Bambu, hingga akhirnya menyebar ke seluruh pelosok dunia. Tidak heran banyak orang menyukai masakannya karena rasa ayam Kung Pao memang sangat enak di lidah.

Rasa ayam Kung Pao yang gurih pedas memang menjadi ciri khas masakan Asia pada umumnya. Khususnya untuk masyarakat Indonesia, sepertinya cukup familiar dengan rasa masakan ini.

Apalagi, bahan atau bumbu yang digunakan bisa disesuaikan dengan kearifan lokal, tinggal dikombinasikan saja. Anda yang sangat tertarik coba memasak resep ayam Kung Pao, silahkan membaca uraian di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ayam (negeri) bagian dada tanpa tulang
  2. 1 butir telur ayam
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh merica bubuk
  5. 3 sendok makan tepung tapioka
  6. Minyak goreng secukupnya
  7. 1 lembar daun bawang diiris
  8. 2 siung bawang putih dicincang halus
  9. ½ siung bawang bombay diiris
  10. 2 buah cabai merah keriting di iris
  11. 1 genggam kacang mede, atau bisa diganti kacang tanah goreng
  12. 1 cm jahe
Baca Juga :  Tempe orek pedas kering spesial buatan rumah, Begini Resepnya

Bahan untuk saus

  1. 2 sendok makan kecap asin
  2. ½ sendok makan minyak wijen
  3. 3 sendok makan kecap manis
  4. 1 sendok makan saus tiram
  5. 1 sendok makan saus tomat
  6. 1 sendok makan gula pasir
  7. 1 sendok teh merica bubuk
  8. Minyak goreng secukupnya

Cara memasak ayam Kung Pao

Semua bahan untuk memasak resep ayam Kung Pao di atas harus Anda siapkan terlebih dulu. Setelah semuanya siap, praktikkan cara memasaknya berikut.

  1. Ambil daging ayam dan bersihkan di bawah air mengalir. Potong daging ayam menjadi beberapa bagian, lalu merebusnya sekitar 30 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, Anda bisa membuat campuran tepung kering. Caranya, campur tepung tapioka dengan garam dan merica. Aduk merata dan sisihkan.
  3. Ambil wadah, lalu campurkan telur ayam dan beri sedikit garam serta merica. Aduk merata. Setelah itu, masukkan potongan daging ayam ke dalam wadah dan campur merata.
  4. Angkat potongan ayam yang direndam telur, lalu masukkan ke dalam campuran tepung kering. Pastikan seluruh permukaan daging ayam berbalut tepung.
  5. Siapkan wajan penggorengan, beri minyak goreng secukupnya, dan nyalakan api kompor besar. Setelah panas, masukkan potongan ayam tersebut ke dalam wajan satu per satu. Goreng hingga berwarna kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya, Anda harus membuat saus untuk ayam Kung Pao. Ambil mangkuk dan campurkan semua bahan saus yang sudah disiapkan. Saus sudah jadi dan sisihkan.
  7. Panaskan wajan penggorengan lagi dan ganti minyak goreng untuk menumis. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Lalu, masukkan cabai merah keriting dan aduk merata.
  8. Tambahkan campuran saus yang sudah jadi tadi. Masukkan juga irisan bawang bombay, aduk merata. Kecilkan api kompor.
  9. Masukkan daging ayam goreng ke dalam wajan dan aduk merata hingga tercampur dengan saus bumbunya.
  10. Terakhir, masukkan daun bawang dan kacang mede/kacang tanah ke dalamnya. Aduk sebentar dan matikan kompor. Masakan ayam Kung Pao sudah matang dan siap di plating.
  11. Siapkan piring saji. Ambil dan tata ayam Kung Pao yang sudah matang di atas piring saji.
Baca Juga :  Resep untuk Membuat MPASI Bayi Umur 1 Tahun

Akhirnya, resep ayam Kung Pao yang dimasak sudah matang dan siap dicicipi. Apakah Anda ingin coba memasaknya sendiri. Silahkan saja dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info