Lompat ke konten
Home » Resep » Memasak Steak Ayam Saus Barberque yang Lezat ala Western

Memasak Steak Ayam Saus Barberque yang Lezat ala Western

resep steak ayam saus barbeque

Keyword : resep steak ayam saus barbeque

Silahkan membaca dan memahami resep steak ayam saus barbeque yang akan dijabarkan berikut. Bagi Anda yang ingin bisa memasaknya sendiri di rumah. Mungkin Anda hanya ingin sekedar memasak steak ayam untuk dinikmati sendiri bersama orang terdekat.

Atau mungkin, Anda memasaknya karena ingin menjualnya. Dalam arti, Anda mau berbisnis kuliner dengan membuka warung steak, yang salah satu menunya steak ayam. Sebuah menu kuliner Western dengan kearifan lokal pasti banyak peminatnya.

Steak ayam menjadi alternatif lain saat ingin menyantap masakan steak, tetapi tak ingin mengkonsumsi daging sapi. Rasa steak ayam tak kalah lezatnya, asalkan cara memasaknya benar.

Daging ayam yang lembut dan empuk dimasak steak pasti banyak orang menyukainya. Apalagi ditambah saus barbeque yang terasa asam dan segar karena terbuat dari tomat segar.

Masakan steak ayam saus barbeque menjadi sesuatu yang berbeda saat Anda bersantap makan siang atau makan malam.

Lalu, bagaimana cara memasak resep steak ayam saus barbeque yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Baca Juga :  Mudah Cara Membuat dan Nikmat Rasanya, Resep Tumis Daging Sapi Jamur Hioko Patut Dicoba

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam fillet
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh lada bubuk
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh gula pasir
  6. 1 buah jeruk nipis
  7. 2 sendok makan tepung maizena
  8. 5 sendok makan tepung terigu
  9. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk saus barbeque

  1. ½ siung bawang bombay
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 sendok makan saus tomat
  4. 3 sendok makan saus Inggris
  5. 1 sendok teh lada hitam
  6. 2 sendok makan gula Jawa
  7. 1 sendok teh garam
  8. Air matang secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya

Cara memasak steak ayam saus barbeque


Semua bahan untuk memasak resep steak ayam saus barbeque bisa Anda dapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Setelah semuanya siap, silahkan mempraktikkan cara memasaknya berikut.

  1. Ambil daging ayam fillet dan cuci bersih di bawah air mengalir. Lalu, potong sesuai selera dan beri perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Selanjutnya, haluskan bawang putih, lada, gula, dan garam. Lalu, balurkan ke seluruh permukaan daging ayam. Diamkan sekitar 60 menit.
  3. Campurkan tepung maizena dan tepung terigu. Ambil daging ayam yang sudah dibumbui tadi, lalu masukkan ke dalam campuran tepung. Bolak-balik daging agar merata keseluruhan.
  4. Siapkan pan penggorengan, beri minyak goreng secukupnya, dan nyalakan kompor. Setelah panas, masukkan daging ayam ke dalamnya. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  5. Sekarang, Anda harus membuat saus barbeque. Kupas dan iris kecil bawang bombay serta bawang putih.
  6. Panaskan pan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Lalu, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  7. Masukkan juga bahan-bahan lainnya satu per satu. Aduk merata.
  8. Tambah air matang secukupnya. Masak hingga kental dan mendidih. Lalu, matikan kompor karena saus barbeque sudah matang.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata steak ayam di atas piring saji. Taruh saus barbeque di mangkuk kecil sebagai pelengkapnya.
Baca Juga :  Resep Cara Membuat Singkong Keju Pandan

Resep steak ayam saus barbeque yang dimasak sudah matang dan siap dicicipi. Cukup mudah, bukan? Silahkan Anda coba sendiri di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan