Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Gulai Nangka Khas Masakan Padang Ini Tidak Boleh diLewatkan

Gulai Nangka Khas Masakan Padang Ini Tidak Boleh diLewatkan

Gulai Nangka (1)

Resep gulai nangka

Resep gulai nangka khas masakan Padang memang rasanya benar-benar mantul. Bahkan, hanya nasi hangat ditambah gulai nangka sangat lezat disantap.

Apalagi ditambah sambal ijonya atau lauk pauk lainnya. Namun demikian, tentu cara memasak semuanya perlu membutuhkan keahlian khusus. Anda bisa memulainya dengan memasak gulai nangka yang rasanya seperti dijual di rumah makan Padang.

Bahan utamanya hanya nangka muda yang dimasak dengan bumbu gulai. Bumbunya pasti pedas gurih khas Minang yang menggugah selera.

Meskipun hanya sayur nangka saja, tetapi jangan menyepelekannya. Jika tidak dimasak dengan benar, rasanya tentu tidak enak. Oleh karena itu, Anda harus membaca resep gulai nangka selengkapnya berikut sebelum coba memasaknya.

Bahan-bahan

  1. ¼ buah nangka muda
  2. 50 gram ebi atau udang kecil kering
  3. 250 ml santan encer
  4. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  5. ½ sendok teh jintan bubuk
  6. ¼ sendok teh pala bubuk
  7. 1 bunga lawang
  8. 2 butir kapulaga
  9. 2 lembar daun salam
  10. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  11. 1 sendok teh garam
  12. 1 sendok teh garam
  13. ½ sendok teh kaldu bubuk
  14. ¼ sendok teh merica bubuk
  15. Air secukupnya
  16. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Jengkol Balado khas Betawi, Empuk Nikmat Bikin Ketagihan !

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 8 buah cabai merah keriting
  4. 2 cm lengkuas
  5. 2 cm kunyit
  6. 3 butir kemiri

Cara memasak gulai nangka

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep gulai nangka dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu nangka muda yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang isi nangkanya, lalu potong-potong ukuran sedangh. Setelah itu, rebus nangka muda dengan tambahan sejumput garam dan 1 sendok makan minyak goreng. Aduk merata dan rebus hingga mendidih dan nangkanya empuk. Setelah nangka matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  2. Bersihkan juga ebi di bawah air mengalir. Setelah itu, uleg kasar ebi dan diberi sedikit air panas. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan dan tumis hingga harum.
  4. Tambahkan ebi, daun salam, dan batang serai. Masak hingga semuanya layu. Setelah itu, masukkan ketumbar, jintan, pala, bunga lawang, dan kapulaga. Aduk merata semua bahan.
  5. Selanjutnya, bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubu. Aduk merata dan beri air secukupnya. Kecilkan api kompor dan masak hingga air menyusut.
  6. Setelah itu, masukkan santan dan aduk merata perlahan terus menerus agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, Anda bisa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata sebantar. Matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  7. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan gulai nangka yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda menyantapnya dengan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Mau Makan Rica-Rica Ati Ampela yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Resep gulai nangka khas masakan Padang diatas silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Anda yang suka masakan Padang pasti menyukai rasanya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan