Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sarden Kaleng Goreng Tepung, hidangan yang istimewa

Resep Sarden Kaleng Goreng Tepung, hidangan yang istimewa

Sarden Kaleng Goreng Tepung

Resep Sarden Kaleng Goreng Tepung

Recipe By siti
Course: Sarden Kaleng Goreng Tepung Cusine:ID Difficulty:Starter

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. sarden kaleng

  2. tepung terigu

  3. tepung bumbu

  4. telur

  5. garam

  6. merica

  7. minyak goreng

  8. irisan lemon

  9. saus sambal

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengosok sarden kaleng dengan air bersih untuk menghilangkan bau amis dan kotoran yang melekat

  2. Langkah 2

    Setelah itu, tiriskan sarden dan siapkan bahan-bahan lainnya

  3. Langkah 3

    Selanjutnya, campurkan tepung terigu dan tepung bumbu dalam sebuah wadah

  4. Langkah 4

    Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk memberi rasa pada tepung

  5. Langkah 5

    Di wadah terpisah, kocok telur hingga rata

  6. Langkah 6

    Selanjutnya, celupkan sarden ke dalam telur kocok dan gulingkan sarden tersebut ke dalam campuran tepung hingga seluruh permukaan sarden tertutup tepung

NOTES

    Untuk mendapatkan hasil yang renyah dan garing, teknik menggoreng yang tepat sangat penting dalam resep sarden kaleng goreng tepung ini. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang hingga panas. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng sarden secara merata. Masukkan sarden yang telah dilapisi tepung ke dalam minyak panas secara perlahan. Jangan terlalu banyak menggoreng sarden sekaligus agar proses penggorengan berjalan lancar. Goreng sarden hingga warnanya berubah menjadi keemasan dan teksturnya menjadi renyah.

Siapa yang tidak suka sarden kaleng? Makanan yang praktis dan lezat ini selalu menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan atau makan siang. Namun, tahukah Anda bahwa sarden kaleng juga bisa diolah menjadi hidangan yang lebih istimewa? Salah satunya adalah dengan menggoreng sarden kaleng dengan tepung. Dengan sedikit modifikasi, Anda dapat menciptakan hidangan yang lebih kaya rasa dan tekstur. Di dalam artikel ini, kita akan membahas resep sarden kaleng goreng tepung yang mudah dan lezat untuk Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Resep Tahu Telur Khas Surabaya Rasa Istimewa yang Membuat ketagihan Banyak Orang

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses penggorengan, ada baiknya untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sarden kaleng goreng tepung antara lain sarden kaleng, tepung terigu, tepung bumbu, telur, garam, merica, minyak goreng, dan bahan pelengkap sesuai selera seperti irisan lemon atau saus sambal. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dengan ukuran yang tepat agar proses memasak berjalan lancar.

Langkah-Langkah Memasak

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengosok sarden kaleng dengan air bersih untuk menghilangkan bau amis dan kotoran yang melekat. Setelah itu, tiriskan sarden dan siapkan bahan-bahan lainnya. Selanjutnya, campurkan tepung terigu dan tepung bumbu dalam sebuah wadah. Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk memberi rasa pada tepung. Di wadah terpisah, kocok telur hingga rata. Selanjutnya, celupkan sarden ke dalam telur kocok dan gulingkan sarden tersebut ke dalam campuran tepung hingga seluruh permukaan sarden tertutup tepung.

Teknik Menggoreng yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil yang renyah dan garing, teknik menggoreng yang tepat sangat penting dalam resep sarden kaleng goreng tepung ini. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang hingga panas. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng sarden secara merata. Masukkan sarden yang telah dilapisi tepung ke dalam minyak panas secara perlahan. Jangan terlalu banyak menggoreng sarden sekaligus agar proses penggorengan berjalan lancar. Goreng sarden hingga warnanya berubah menjadi keemasan dan teksturnya menjadi renyah.

Baca Juga :  Resep Makanan Khas Korea, Corndog

Penyajian dan Penyimpanan

Sarden kaleng goreng tepung siap disajikan sebagai hidangan utama atau camilan lezat. Anda dapat menyajikannya dengan irisan lemon segar dan saus sambal untuk menambah cita rasa. Hidangan ini dapat dinikmati hangat maupun dingin, sesuai selera Anda. Jika Anda memiliki sisa sarden goreng, simpan dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas untuk menjaga kelezatannya. Sarden goreng bisa disimpan hingga beberapa hari dan dipanaskan kembali sebelum disajikan.

Kesimpulan

Dengan sedikit kreativitas dan kemauan untuk bereksperimen, Anda dapat mengolah sarden kaleng menjadi hidangan yang lebih istimewa dan lezat. Resep sarden kaleng goreng tepung yang telah kita bahas di atas adalah salah satu contoh modifikasi sederhana namun menghasilkan hidangan yang menggugah selera. Selamat mencoba memasak dan menikmati hidangan sarden kaleng goreng tepung yang lezat ini bersama keluarga tercinta!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan sarden dalam air mineral untuk resep ini? Ya, Anda bisa menggunakan sarden dalam air mineral untuk resep sarden kaleng goreng tepung ini. Pastikan untuk mengosok sarden dengan air bersih terlebih dahulu sebelum mengolahnya.

Bisakah saya menggunakan tepung bumbu siap pakai? Tentu, Anda bisa menggunakan tepung bumbu siap pakai untuk mempermudah proses memasak. Namun, Anda juga bisa membuat campuran tepung bumbu sendiri sesuai dengan selera.

Baca Juga :  Memasak Lele Goreng Kremes yang Rasanya Mantul

Bolehkah saya menambahkan bumbu lain ke dalam tepung? Tentu, Anda bisa menambahkan bumbu lain ke dalam campuran tepung untuk memberi variasi rasa. Misalnya, bawang putih bubuk, cabai bubuk, atau rempah-rempah lain sesuai selera.

Berapa lama sarden kaleng goreng tepung dapat disimpan? Sarden kaleng goreng tepung yang sudah matang dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama beberapa hari. Panaskan kembali sebelum menyajikan untuk menjaga kelezatannya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info