Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Panggang Oven Ala Restoran, Mudah dan Lezat

Ayam Panggang Oven Ala Restoran, Mudah dan Lezat

Ayam Panggang Oven (1)

Resep ayam panggang oven

Resep ayam panggang oven banyak orang menyukainya. Rasa daging ayamnya yang empuk dikombinasikan dengan bumbu kaya rempah untuk mengungkep dan mengolesi ayamnya.

Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya. Sudah banyak warung atau rumah makan yang menjual menu tersebut karena diminati banyak orang. Bahkan, ayam panggang juga dijual di pinggiran jalan tentu saja dengan harga lebih murah.

Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan di pasar tradisional ataupun supermarket terdekat.

Jika sudah matang, ayam panggang oven dapat dijadikan lauk untuk makan siang atau makan malam seluruh keluarga. Lalu, bagaimana resep ayam panggang oven selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan utama

  1. 1 ekor ayam pejantan segar ukuran sedang
  2. 3 sendok makan kecap manis
  3. 2 sendok makan gula Jawa disisir
  4. 250 ml air matang
  5. ½ sendok teh kaldu bubuk
  6. Margarin secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri
  4. 2 cm kunyit
  5. 1 sendok makan garam
Baca Juga :  Resep Mi Kangkung Khas Betawi dengan Rasa Autentik Menggugah Selera

Cara memasak ayam panggang oven

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera memasak resep ayam panggang oven dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil di kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Siapkan wadah dan masukkan potongan ayam ke dalamnya. Lumuri dan campur merata dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Tusuk-tusuk dengan garpu daging ayam agar meresap. Lalu, diamkan sekitar 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, pindahkan potongan ayam ke dalam wajan ukuran sedang. Tambahkan air, gula Jawa, kecap manis, dan kaldu bubuk. Lalu, nyalakan kompor dan ungkep ayam sekitar 45 menit. Sesekali aduk merata ayam agar matangnya sempurna.
  4. Pastikan daging ayam sudah empuk. Jika belum, Anda bisa menambahkan air secukupnya, lalu ungkep lagi hingga airnya menyusut. Setelah itu, matikan kompor, angkat ayam, lalu tiriskan.
  5. Siapkan oven siapkan wadah olesi dulu permukaannya. Ambil potongan ayam yang sudah diungkep, olesi dengan sisa bumbu ungkep, lalu taruh ke dalam wadah. Setelah itu, masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 80 derajat Celsius selama 60 menit.
  6. Anda yang tidak memiliki oven, dapat menggunakan wajan atau loyang datar berbahan teflon agar tidak lengket. Olesin dulu permukaan wajan dengan margarin, lalu letakkan potongan daging ayam diatasnya. Panggang diatas api kecil saja sambil diolesi sisa bumbu ungkepan dan dibolak-balik agar tidak gosong.
  7. Setelah matang dan berwarna kecoklatan, angkat ayam dan siap disajikan. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata potongan ayam panggang diatas piring. Sajikan dengan nasi putih hangat serta dilengkapi sambal dan lalapan.
Baca Juga :  Resep Kidu-kidu Khas Sumatera Utara, Hidangan dari Usus Babi yang Disukai Masyarakat Suku Batak Karo

Cukup mudah bukan memasak resep ayam panggang oven? Oleh karena itu, silahkan Anda coba di rumah. Dijamin semua keluarga menyukainya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan