Lompat ke konten
Home » Bosan Masakan Harian? Coba Tahu Telur Saus Jamur

Bosan Masakan Harian? Coba Tahu Telur Saus Jamur

Tahu Telur Saus Jamur (1)

Resep tahu telur saus jamur

Resep tahu telur saus jamur tidak kalah menarik untuk dibahas apalagi dipraktikkan cara membuatnya. Bahan utama kuliner ini adalah tahu dan telur ayam.

Keduanya mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan. Nah, tahu dan telur tersebut nantinya dimasak dengan bumbu spesial. Setelah matang, disiram dengan kuah saus tiram yang sudah dicampur dengan potongan jamur merang.

Rasa gurih masakannya mampu menggoyang lidah Anda saat mencicipinya. Anda mungkin tidak bisa menemukan kuliner yang satu ini di rumah atau warung makan.

Jika penasaran ingin mencicipi rasanya, silahkan memasaknya sendiri. Lalu, bagaimana resep tahu telur saus jamur selengkapnya? Baca dulu uraian di bawah ini.

Bahan untuk tahu telur

  1. 6 butir telur ayam
  2. 500 ml susu kedelai
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 sendok teh kaldu bubuk
  5. 1 sendok teh tepung maizena dilarutkan dengan 3 sendok makan susu kedelai
  6. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  7. Mentega secukupnya
  8. Daun pisang secukupnya

Bahan untuk saus jamur

  1. 15 buah jamur merang atau jenis jamur lainnya, seperti kancing atau enoki
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 cm jahe diiris tipis
  4. 1 ½ sendok makan saus tiram
  5. 1 sendok makan kecap asin
  6. 250 ml kaldu ayam
  7. 2 sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. 1 sendok teh tepung maizena dilarutkan dengan 3 sendok makan air
  10. 1 butir telur ayam dikocok lepas dan diberi sedikit garam
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Membuat Donat Empuk Mudah Diketahui Oleh Semua Orang!

Cara memasak tahu telur saus jamur

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera memasak resep tahu telur saus jamur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah atau baskom, lalu pecahkan dan kocok telur ayam yang sudah disiapkan. Tambahkan susu kedelai, garam, kaldu bubuk, dan tepung maizena yang sudah dilarutkan. Aduk merata perlahan saja.
  2. Selanjutnya, saring adonan yang sudah dibuat tersebut dengan saringan. Sisihkan. Setelah itu, siapkan sebuah loyang datar. Olesi dengan mentega, lalu lapisi dengan daun pisang secukupnya di bagian dalamnya.
  3. Setelah itu, tuangkan adonan yang sudah dibuat ke dalam loyang. Siapkan panci kukusan dan kukus adonan selama 20 menit di api kompor kecil saja.
  4. Jika sudah matang, keluarkan loyang dari kukusan. Diamkan beberapa menit agar lebih mendingin. Siapkan piring datar, lalu balikkan loyang dan angkat loyang. Setelah itu, potong-potong tahu melintang dengan ukuran sekitar 2 cm.
  5. Selanjutnya, Anda buat saus tiram jamur. Caranya, cincang halus bawang putih yang sudah disiapkan. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum.
  6. Masukkan jahe, saus tiram, dan kecap asin. Aduk merata. Tambahkan air kaldu ayam dan masak hingga mendidih.
  7. Kecilkan api kompor, lalu masukkan potongan jamur. Aduk merata dengan cepat. Bumbui dengan garam, gula, dan merica. Aduk lagi merata.
  8. Masukkan larutang maizena dan aduk merata hingga kuahnya mengental. Setelah itu, masukkan kocokan telur ke dalam wajan dan biarkan beberapa saat. Lalu, aduk merata dengan semua bahan di dalamnya.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh potongan tahu diatas piring, lalu siram dengan saus jamur secukupnya. Taburi dengan irisan daun bawang secukupnya. Anda dapat melengkapinya dengan sepiring nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Jengkol Balado Ijo yang Mantul dan Menggoyang Lidah

Itulah resep tahu telur saus jamur yang rasanya menggugah selera. Kuliner tersebut bisa Anda jadikan variasi menu sehari-hari untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor topwisata.info