Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Kepiting Bumbu Rujak Mantul di Rumah

Kepiting Bumbu Rujak Mantul di Rumah

Kepiting Bumbu Rujak (1)

Resep kepiting bumbu rujak

Resep kepiting bumbu rujak merupakan salah satu olahan seafood atau makanan laut yang mungkin berbeda dari lainnya.

Pasalnya, kepiting yang masih segar akan dimasak dengan bumbu rujak yang pedas gurih. Dijamin rasanya pasti menggoyang lidah Anda. Apalagi menyantapnya dengan nasi putih hangat. Para penggemar kepiting wajib mencoba menu kuliner yang satu ini.

Biasanya, kepiting dimasak dengan bumbu asam manis, saus tiram, atau yang umum dijual di warung ataupun rumah makan seafood.

Sekarang, kepiting tersebut dimasak dengan bumbu rujak yang kaya akan rempah-rempah khas Nusantara. Anda yang tidak bisa menemui menu kuliner satu ini bisa memasaknya sendiri di rumah.

Untuk lebih jelas mengenai resep kepiting bumbu rujak, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 5 ekor kepiting segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok makan garam
  4. Minyak goreng secukupnya
  5. Air matang secukupnya

Bahan untuk bumbu rujak

  1. 5 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 15 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 10 buah cabai merah besar atau sesuai selera
  5. 3 batang serai digeprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 5 lembar daun jeruk
  8. 2 bungkus santan bubuk instan
  9. 1 sendok makan kaldu bubuk
  10. ½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Kare Ayam Pedas di Rumah untuk Lauk Makan Sekeluarga

Cara memasak kepiting bumbu rujak

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kepiting bumbu rujak dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua kepiting di bawah air mengalir. Jika masih hidup, Anda bisa langsung memotongnya menjadi beberapa bagian. Sisihkan.
  2. Setelah itu, beri perasan air jeruk nipis dan garam. Aduk merata, lalu diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  3. Selanjutnya, haluskan semua bahan untuk bumbu rujak yang sudah disiapkan, kecuali batang serai, daun salam, dan daun jeruk.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan batang serai, daun salam, dan daun jaruk. Tumis hingga layu.
  5. Masukkan potongan kepiting ke dalam wajan dan aduk merata dengan semua bumbu. Masak hingga kepiting berubah warna. Setelah itu, tuangkan santan bubuk dan tambahkan air matang secukupnya. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan saja.
  6. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan. Jika dirasa masih belum sedap, tambah kaldu bubuk secukupnya dan aduk merata hingga mengental. Matikan kompor dan masakan kepiting bumbu rujak sudah matang, siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya. Anda dapat melengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya. Dijamin maknyus.
Baca Juga :  Membuat Resep Jamur Crispy Untuk Ide Jualan

Resep kepiting bumbu rujak diatas bisa Anda praktikkan sekarang juga. Setelah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan