Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mencicipi Tahu Kupat Khas Solo yang Manis, Pedas, dan Gurih

Mencicipi Tahu Kupat Khas Solo yang Manis, Pedas, dan Gurih

Tahu Kupat Khas Solo (1)

Resep tahu kupat

Resep tahu kupat khas Solo memang menjadi ciri khas tersendiri. Khususnya di pulau Jawa, ada beberapa menu kuliner yang menggunakan bahan ketupat, tahu, dan touge.

Masing-masing kuliner tersebut tentu memiliki citarasa yang khas saat disantap. Begitu juga dengan tahu kupat yang berasal dari Kota Solo, Jawa Tengah.

Kombinasi rasa manis dan pedas sangat terasa di kuahnya. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga masih baru dan segar, seperti ketupat, bakwan, tahu, mie, tahu, dan kol.

Kuah menjadi bagian yang pokok dan penting dalam menu tahu kupat, sehingga pembuatannya harus benar agar rasanya tidak mengecewakan. Anda bisa menemukan pedagang tahu kupat dengan mudah di Solo.

Namun demikian, Anda tak perlu jauh-jauh mengunjunginya karena bisa memasak resep tahu kupat khas Solo yang lezat. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 100 gram mie telur diseduh air panas sekitar 5 menit, tiriskan
  2. 2 buah kupat atau ketupat dipotong dadu atau sesuai selera
  3. 5 buah tahu putih dipotong dadu
  4. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera diuleg kasar
  5. 5 lembar kol diiris tipis
  6. 1 helai daun seledri dicincang halus
  7. 3 lembar daun jeruk diiris tipis
  8. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Pengen Makan Seafood ? Coba Buat Kepiting Saus Lada Hitam

Bahan untuk kuah

  1. 3 siung bawang putih
  2. 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya lalu diiris tipis
  3. 3 sendok makan gula Jawa disisir
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok makan gula pasir
  6. 3 sendok makan kecap manis
  7. Air matang secukupnya

Bahan untuk bakwan

  1. 300 gram tepung terigu
  2. 2 butir telur ayam
  3. 2 buah wortel diiris tipis
  4. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  5. Kaldu bubuk secukupnya
  6. Air matang secukupnya
  7. Minyak goreng secukupnya

Bahan pelengkap

  1. 1 buah mentimun dikupas lalu dipotong dadu
  2. Touge secukupnya
  3. Bawang merah goreng secukupnya

Cara membuat tahu kupat

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep tahu kupat dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, yaitu membuat kuah tahu kupatnya dulu. Caranya, rebus air yang sudah disiapkan di wajan atau panci hingga mendidih. Lalu, masukkan gula Jawa, garam, gula pasir, daun jeruk, bawang putih, dan kecap manis.
  2. Aduk merata dan masak sekitar 2 menit. Anda bisa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor dan diamkan sejenak kuah tersebut agar tidak terlalu panas. Setelah agak mendingin, pindahkan ke sebuah wadah.
  3. Langkah berikutnya, yaitu membuat bakwan sayur. Caranya, siapkan sebuah wadah atau baskon. Lalu, masukkan tepung terigu, pecahkan telur ayam, irisan wortel, dan bawang, dan beri kaldu bubuk secukupnya.
  4. Setelah itu, aduk merata sambil diberi air sedikit demi sedikit. Jangan sampai terlalu kental atau terlalu encer. Sisihkan.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng bakwan. Setelah panas, tuangkan adonan bakwan sekitar satu sendok makan ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
  6. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonannya habis. Setelah matang, angkat bakwan dan tiriskan. Setelah agak dingin, potong-potong bakwan ukuran sedang.
  7. Selanjutnya, kompor tidak perlu dimatikan karena untuk menggoreng tahu putih. Anda bisa menggorenganya setengah matang atau garing disesuaikan selera saja. Angkat dan tiriskan.
  8. Semua bahan dan kuah sudah matang tinggal diracik serta diplating. Siapkan sebuah piring saji untuk plating. Taruh potongan ketupat secukupnya, lalu beri mie, kol, bakwan, tahu, mentimun, touge, dan jeruk, dan daun seledri.
  9. Setelah itu, siram dengan kuah manis yang sudah jadi. Taburi bawang merah goreng dan ulegan cabai rawit secukupnya. Tahu kupat siap disantap.
Baca Juga :  Resep Telur Dadar Kornet yang Mudah, Praktis, dan Pastinya Enak

Itulah resep tahu kupat  dan Anda bisa segera membuatnya dengan langkah-langkah seperti yang diuraikan diatas. Rasa manis, gurih, dan pedasnya cocok di lidah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan