Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Sate Bandeng Khas Banten yang Unik dan Mantul

Sate Bandeng Khas Banten yang Unik dan Mantul

Sate Bandeng Khas Banten (1)

Resep sate bandeng

Resep sate bandeng menjadi salah satu menu kuliner yang unik terutama bagi Anda sekalian yang belum pernah mencicipinya.

Biasanya, sate identik dengan daging ayam, sapi, kambing, atau protein hewani lainnya. Namun yang satu ini, sate dibuat dari bahan ikan bandeng. Diketahui kuliner ini merupakan makanan khas daerah Banten.

Sekarang, Anda tak perlu jahuh-jauh ke Banten hanya untuk ingin mencicipi sate bandeng. Anda dapat membuat sate tersebut sendiri dengan bahan, bumbu, serta cara memasaknya yang direkomendasikan.

Bahan utamanya adakah ikan bandeng yang mudah dan cukup terjangkau harganya. Lalu, bagaimana resep sate bandeng selengkapnya? Silahkan Anda membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 ekor ikan bandeng segar ukuran sedang atau besar
  2. ½ buah kelapa tua diparut kasar lalu disangrai sebentar
  3. 2 butir telur ayam
  4. 100 ml santan kental
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula pasir
  7. 2 sendok makan minyak goreng
  8. Daun pisang secukupnya
  9. Tusuk gigi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 buah cabai merah besar
  4. 2 cm kencur
  5. 1 cm lengkuas
  6. 2 cm jahe
  7. 2 cm kunyit dibakar
  8. 1 sendok teh ketumbar
  9. ¼ sendok teh jintan

Cara membuat sate bandeng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep sate bandeng dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal, Anda bersihkan dulu ikan bandeng di bawah air mengalir. Buang semua sisik dan kotorannya di dalam perut serta insang.
  2. Setelah itu, pukul-pukul tubuh bandeng dengan ulegan atau sejenisnya untuk melembekkan dagingnya. Namun, jangan sampai merusak kulit tubuhnya.
  3. Selanjutnya, patahkan ekornya dengan dilipat ke kanan dan kiri hingga tulang ekor bandeng patah. Setelah itu, tarik durinya melalui bagian insang.
  4. Kerok dan ambil bagian daging rubuhnya dengan sendok kecil atau alat sejenisnya. Sisihkan bagian kulit bandeng dan jangan sampai robek. Anda juga perlu membersihkan sisa duri-duri yang berukuran kecil di dalam daging bandeng.
  5. Balik kulit bandeng ke sisi bagian luar. Lalu, kerok sisa daging yang masih menempel. Setelah itu, balik lagi kulit ke bentuk semula. Sisihkan. Lakukan langkah tersebut untuk satu bandeng lainnya. Langkah-langkah diatas memang cukup sulit bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Anda harus lebih jeli dan teliti terutama dalam membersihkan duri-duri di daging bandeng.
  6. Panaskan wajan penggorengan, lalu sangrai daging hingga berubah warna kecoklatan. Jangan sampai gosong. Angkat dan sisihkan.
  7. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  8. Tambahkan daging bandeng, kelapa parut sangrai, garam, dan gula. Aduk merata. Setelah itu, pecahkan telur ayam ke dalam wajan penggorengan. Tambahkan juga santan kental. Kecilkan api kompor dan aduk merata.
  9. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor dan biarkan masakan agak mendingin.
  10. Ambil kulit bandeng, lalu isi dengan adonan masakan yang sudah jadi jangan terlalu penuh. Setelah itu, bungkus ikan bandeng tersebut dengan adonan lagi, lalu baru dibungkus dengan daun pisang. Gulung dan sematkan di kedua ujung daun agar bungkusannya rapat.
  11. Lakukan langkah tersebut untuk satu ikan bandeng lainnya. Setelah itu, siapkan tempat pembakaran, lalu bakar bungkusan daun pisang itu hingga berubah warna dan matang. Anda bisa membuka bungkusan daunnya dan langsung membakar bandengnya. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya sempurna dan tidak gosong. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  12. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dua sate bandeng yang sudah matang diatas piring. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Membuat Makanan Ketoprak Spesial Khas Jakarta

Itulah resep sate bandeng yang cara pembuatannya memang cukup rumit, tetapi rasanya dijamin mantul. Anda bisa mencobanya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan