Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sup Jamur Kuping, Enak dan Segar Disantap

Resep Sup Jamur Kuping, Enak dan Segar Disantap

Sup Jamur Kuping (1)

Resep sup jamur kuping

Resep sup jamur kuping cukup mudah cara memasaknya. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit menyiapkannya.

Khususnya jamur kuping yang bisa Anda beli di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Rasanya bertekstur kenyal yang memang cocok dibuat sup.

Ditambah potongan daging ayam sebagai protein hewaninya. Tidak ketinggalan beberapa macam sayuran ikut dimasak dalam sup tersebut.

Jadilah sebuah masakan sehat sekaligus lezat untuk langsung dimakan atau dijadikan lauk sebagai pendamping saat ingin menyantap nasi putih hangat.

Anda yang penasaran dengan resep sup jamur kuping selengkapnya, silahkan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 200 gram jamur kuping
  2. 250 gram daging ayam segar bagian dada tanpa tulang
  3. 2 buah wortel dipotong dadu
  4. 1 bonggol bunga kol dipotong-potong
  5. 2 tangkai seledri dicincang kasar
  6. 1 bungkus bihun kering
  7. 1 liter air
  8. ½ butir bawang bombay dicincang kasar
  9. 3 siung bawang putih dicincang halus
  10. 1½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh gula pasir
  12. ¼ sendok teh merica bubuk
  13. Kaldu bubuk secukupnya
  14. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Lezatnya Sup jamur tiram, Begini Resepnya

Cara memasak sup jamur kuping

Setelah semua bahan diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sup jamur kuping dengan beberapa langkah berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir. Buang seluruh kotoran dan bulu kecil yang menempel di permukaan kulitnya. Jika ukurannya cukup besar, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang untuk merebus daging ayam dengan air yang sudah disiapkan. Rebus hingga mendidih dan mengeluarkan busa. Angkat semua busanya dan kecilkan api kompor.
  3. Bersihkan juga semua jamur kuping di bawah air mengalir. Sisihkan. Selanjutnya, rebus bihun kering beberapa menit hingga lunak. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan juga.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis hingga harum. Matikan kompor.
  5. Tuangkan tumisan tersebut ke dalam panci rebusan daging ayam. Aduk merata. Tambahkan wortel, daun kol, dan jamur kuping. Aduk merata.
  6. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi.
  7. Terakhir, masukkan bihun dan potongan seledri ke dalam panci. Aduk sebentar, lalu matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  8. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang atau besar untuk plating. Lalu, tuangkan masakan sup jamur kuping yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat secukupnya saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Cara mudah bikin Lumpia Basah khas Bandung

Akhirnya, resep sup jamur kuping sudah selesai dimasak dengan langkah-langkah yang sudah diuraikan diatas.

Silahkan Anda coba praktikkan di rumah untuk dijadikan menu sarapan pagi atau makan siang seluruh keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan