Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Steam Udang Bawang Putih yang Bercitarasa Lezat Menggugah Selera

Resep Steam Udang Bawang Putih yang Bercitarasa Lezat Menggugah Selera

steam udang bawang putih (1)

Resep steam udang bawang putih

Memasak resep steam udang bawang putih untuk dijadikan menu lauk makan siang atau malam memang sangat cocok.

Bahan utamanya adalah udang yang dimasak dengan cara steam atau dikukus. Biasanya udang dimasak dengan ditumis, digoreng, atau dibakar.

Namun sekarang, udang dikukus hingga tingkat kematangan yang bagus dengan tambahan tumisan bumbu bawang putih yang sedap.

Semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau. Sementara itu, cara memasaknya tidak begitu sulit dipraktikkan meskipun Anda tidak begitu pandai memasak.

Namun untuk lebih jelas dan detail langkah-langkahnya, silahkan membaca terlebih dulu resep steam udang bawang putih selengkapnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 5 ekor udang windu ukuran besar atau 10 – 15 ekor udang segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 10 siung bawang putih dicincang halus
  4. 2 batang daun bawang dipotong kecil
  5. 1 sendok teh kaldu bubuk
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Nasi Gurih Khas Aceh yang Enaknya Nggak Ketulungan Bonus Mengenyangkan

Cara memasak steam udang bawang putih

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep steam udang bawang putih dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Lalu, buang bagian capit, kepala, cangkang, serta kotoran di bagian perutnya. Setelah itu, belah perutnya di bagian tengah, tetapi jangan sampai putus. Lakukan langkah tersebut untuk semua udang.
  2. Selesai melakukannya, masukkan semua udang di baskom dan beri perasan jeruk nipis. Aduk sebentar dan biarkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 10 menit, bilas sebentar dengan air bersih. Sisihkan dulu.
  3. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan kaldu bubuk, merica bubuk, dan potongan daun bawang. Aduk merata sebentar, lalu matikan kompor. Biarkan sebentar agar tidak terlalu panas.
  4. Selanjutnya, ambil satu udang lalu isi bagian perutnya dengan tumisan bawang putih hingga terisi penuh. Lakukan untuk semua udangnya hingga tumisannya habis.
  5. Setelah itu, siapkan panci kukusan dan kukus semua udang sekitar 5 – 6 menit atau hingga udang berwarna kemerahan. Silahkan mengecek tingkat kematangan udangnya. Setelah udang matang, angkat dari panci kukusan dan siap disajikan.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan semua steam udang bawang putih yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal kecap, saus tomat/cabai, atau sesuai selera Anda. Jika ingin menjadikannya lauk, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Konro Bakar Saus Kacang yang Empuk, Pedas, dan Gurih

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep steam udang bawang putih selengkapnya seperti uraian diatas. Selanjutnya, silahkan coba membuatnya di rumah. Selamat memasak.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan