Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mempraktikkan Resep Sate Taichan Buatan Sendiri yang Rasanya Dijamin Mantul

Mempraktikkan Resep Sate Taichan Buatan Sendiri yang Rasanya Dijamin Mantul

Resep sate taichan (1)

Resep sate taichan

Ada resep sate taichan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Jenis sate ini sempat viral karena penampilannya yang unik dan berbeda dengan sate pada umumnya.

Dimana daging pada satenya masih berwarna putih kecoklatan karena sebelum dibakar tidak diberi bumbu kecap.

Selain itu, rasa satenya lebih dominan pedas dan gurihnya begitu terasa. Bahkan, sate taichan tidak disajikan dengan bumbu kacang, tetapi sambal cabai.

Anda yang penasaran dan ingin mencicipi rasanya tidak perlu membelinya di luar. Lebih membuat satenya sendiri di rumah agar lebih puas menyantapnya. Lagipula semua bahan dan bumbunya mudah di dapatkan dengan harga cukup terjangkau. Lalu, bagaimana resep sate taichan yang direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ayam segar bagian dada tanpa tulang
  2. 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  3. 1 siung bawang putih dihaluskan
  4. 1 sendok teh lada bubuk
  5. ½ sendok teh garam
  6. Tusuk sate secukupnya

Bahan untuk sambalnya

  1. 10 buah cabai rawit merah
  2. 5 buah cabai rawit keriting
  3. 5 butir bawang merah
  4. ½ sendok teh kaldu bubuk
  5. ½ sendok teh gula pasir
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh lada bubuk
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Nasi Bakar Ayam Suwir, cocok untuk makan malam

Bahan pelengkap

  1. Irisan timun secukupnya
  2. Irisan tomat merah secukupnya
  3. Irisan jeruk nipis secukupnya

Cara membuat sate taichan

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep sate taichan dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging ayam di bawah air mengalir, lalu potong-potong berbentuk dadu ukuran sedang. Anda juga bisa menggunakan bagian kulit dan lemaknya.
  2. Setelah itu, masukkan ke dalam baskom dan beri air perasan jeruk nipis, bawang putih, lada, dan garam. Lalu, aduk merata dengan tangan sambil meramas-remas daging ayamnya. Setelahnya, diamkan sekitar 30 menit agar bumbunya meresap.
  3. Setelah 30 menit, ambil satu tusukan sate lalu tusukkan daging ke tusukannya sekitar 4 – 5 potong saja setiap tusuk. Lakukan langkah tersebut hingga semua daging ayam habis. Sisihkan dulu.
  4. Siapkan tempat pembakaran, lalu bakar sate hingga dagingnya berwarna agak kecoklatan, tetapi masih dominan warna putihnya. Jangan lupa dibolak-balik agar tidak gosong dan pastikan daging ayamnya matang.
  5. Langkah berikutnya membuat sambalnya. Caranya, silahkan rebus sebentar semua cabai dan bawang merah, lalu angkat dan tiriskan. Siapkan cobek, lalu uleg kasar.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu hingga harum. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk merata, lalu angkat.
  7. Selanjutnya, sate taichan siap diplating. Siapkan sebuah piring saji, lalu letakkan dan tata satenya yang sudah matang diatasnya. Siram dengan sambal dan beri perasan jeruk nipis secukupnya. Setelah itu, beri pinggiran piringnya dengan irisan timun dan tomat secukupnya.
Baca Juga :  Resep Ayam Popcorn Sambal Ijo, Sajian ala Rumahan yang Mantap dan Menggugah Selera

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui cara membuat sate taichan. Selanjutnya, silahkan praktikkan resep sate taichan diatas agar bisa segera mencicipi rasanya. Selamat mencoba.

Lihat video Resep sate taichan

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan