Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kimbap (Sushi Gulung Khas Korea) Simple dan Enak!

Resep Kimbap (Sushi Gulung Khas Korea) Simple dan Enak!

Kimbap (1)

Resep Kimbap

Berikut ini adalah resep kimbap yang cepat dan mudah. Di Korea, biasa menyebutnya sebagai Yachae Kimbap. Ini mengacu pada kimbap sayuran, yang merupakan jenis kimbap paling dasar yang tersedia di Korea.

Meskipun namanya menunjukkan kimbap ini terbuat dari sayuran, namun bukan berarti kimbap ini adalah kimbap vegetarian.

Kimbap memang mengandung beberapa daging olahan, seperti daging kepiting imitasi dan ham Korea. Namun, jika kamu menginginkan kimbap vegetarian, kamu dapat meninggalkannya dan mungkin menambahkan tahu yang sudah dimasak dan dibumbui.

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT KIMBAP (BISA UNTUK 4 GULUNGAN)

  1. 4 lembar rumput laut kering (gim / sushi nori)
  2. 120g / 4,2 ons bayam (bayam biasa atau bayam muda)
  3. 2 butir telur, kocok
  4. 1/2 wortel (120g / 4,2 ons), potong kecil-kecil
  5. 2 hingga 4 batang kepiting imitasi (tergantung panjangnya), potong menjadi dua bagian
  6. 4 batang ham BBQ Kimbap, potong panjang-panjang
  7. 4 acar lobak kuning (danmuji), potong-potong panjang
  8. (opsional) 12 potongan akar burdock yang sudah dibumbui
  9. 2 1/2 cangkir beras berbiji pendek yang sudah dimasak
  10. 2 sendok makan minyak wijen, dibagi dua
  11. 3/8 sdt garam laut halus (atau lebih banyak sesuai selera), dibagi

*1 sdm = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

BAHAN ALTERNATIF / OPSIONAL

  1. Bayam
  2. Mentimun
  3. Ham kimbap Korea, irisan ham asap ganda (tidak perlu dimasak lagi)
  4. Irisan keju atau krim keju
  5. Bulgogi (daging sapi panggang khas Korea)
  6. Kimchi
  7. Yubu (inariage)
Baca Juga :  Resep Bakso Goreng Sapi Isi Keju Viral Yang Gurih

CARA MEMBUAT KIMBAP :

  1. Bayam harus dibilas dan direbus selama 30 hingga 1 menit dalam air yang mendidih dengan cepat. Siram bayam dengan air dingin setelah dibuang airnya. Bayam harus diperas dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air. Dalam mangkuk, masukkan bayam. Aduk rata setelah menambahkan 1/2 sendok makan minyak wijen dan 1/8 sendok teh garam.
  2. Panaskan wajan atau panci. Oleskan sedikit minyak goreng ke seluruh wajan. Dengan api sedang, masak kedua sisinya hingga matang sebelum menambahkan telur kocok. Potong telur dadar menjadi potongan-potongan panjang dengan meletakkannya di atas talenan.
  3. Dalam wadah yang telah dihangatkan, masak wortel, kepiting, dan ham kimbap dengan hati-hati (sekitar 1 menit untuk setiap bahan), secara terpisah, dengan api sedang. (Bahan-bahan ini terkadang dikonsumsi mentah, tapi untuk kimbap, lebih suka memasaknya terlebih dahulu).
  4. Dalam mangkuk, campurkan nasi yang sudah dimasak dengan 1/2 sdt minyak wijen dan 1/4 sdt garam laut halus (atau lebih jika diinginkan). Aduk rata dengan spatula nasi.
  5. Di penggulungan kimbap, kumpulkan semua bahan untuk kimbap. Oleh karena itu, kimbap sangat mudah dibuat.
  6. Letakkan satu lembar rumput laut kering, dengan sisi yang mengkilap menghadap ke bawah, di atas tikar bambu. Oleskan nasi secara tipis dan merata di atas lembaran rumput laut hingga menutupi sekitar dua pertiga bagiannya. Di bagian atas rumput laut, sisakan ruang sekitar 2 inci (lima sentimeter).
  7. Isi rumput laut dengan bahan dokumentasi. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan tersebut secara merata agar tidak kehabisan.
  8. Tambahkan tiga potongan burdock, satu potongan ham, dan satu batang kepiting di sekitar satu acar lobak kuning yang tingginya sekitar 1/3 bagian dari rumput laut. Kemudian, susunlah beberapa potongan telur, batang wortel, dan bayam. Gulung rumput laut selanjutnya.
  9. Berikan sedikit air jika rumput laut tidak menempel. Kamu juga bisa memasukkan beberapa butir nasi ke dalam lubang ini. Kimbap yang sudah digulung harus disimpan.
  10. Ulangi dengan sisa bahan yang tersisa.
  11. Letakkan semua kimbap di atas talenan, dan oleskan satu sendok makan minyak wijen ke seluruh permukaan rumput laut. Kimbap dapat dipotong-potong seukuran sekali gigit. Setelah itu bisa disajikan.
Baca Juga :  Ikan Kakap Goreng Lada Hitam, Sajian Cocok untuk Makan Siang

CARA MENYAJIKAN KIMBAP :

Kimbap biasanya disajikan dengan acar lobak kuning. Seperti sushi gulung, kimbap tidak memerlukan saus celup. Namun, Kamu dapat menghiasnya dengan kecap asin jika diinginkan.

CARA MENYIMPANNYA :

Irisan kimbap dapat didinginkan selama beberapa jam dalam wadah kedap udara tanpa kehilangan rasa atau teksturnya. Namun, nasi mungkin akan mengering jika kimbap ini disimpan semalaman.

Jika berniat untuk mengkonsumsinya keesokan harinya, simpan kimbap dalam wadah kedap udara di lemari es tanpa diiris. Irislah setelah didinginkan hingga mencapai suhu ruangan sekitar 30 menit sebelum disajikan. Nasi kimbap mungkin masih akan menjadi kering meskipun sudah diiris, namun tidak terlalu kering dibandingkan dengan kimbap yang sudah diiris. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengkonsumsinya langsung pada hari pembuatannya.

Baca Juga :  Mau Buat Dadar Gulung Pandan Sendiri di Rumah? Baca Dulu Resepnya Berikut

Sebelum dimakan, banyak orang Korea yang melapisi kimbap yang sudah matang dengan campuran kocokan telur dan menggorengnya. Hal ini dimaksudkan untuk menyembunyikan kekeringan kimbap.

Lihat video membuat Kimbap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan