Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sup Mie Kimchi Dingin (Kimchimari Guksu) yang Mudah untuk Musim Panas!

Resep Sup Mie Kimchi Dingin (Kimchimari Guksu) yang Mudah untuk Musim Panas!

Kimchimari Guksu (1)

Resep Sup Mie Kimchi Dingin

Hidangan yang dikenal sebagai Kimchimari Guksu, atau sup mi kimchi dingin, sangat cocok dinikmati kapan saja, termasuk saat musim panas.

Resep mie yang lezat dan mudah. Sup mie dingin ini sangat berenergi, menenangkan, dan pedas dalam jumlah yang tepat.

Sup Mie Kimchi Dingin, juga dikenal sebagai Kimchimari Guksu, adalah hidangan mie menyegarkan yang disajikan dalam kaldu Kimchi yang sangat dingin (atau bahkan sedingin es).

Saking lezatnya, kamu pasti ingin meminum seluruh mangkuk sampai habis. Karena jus kimchi mengandung semua rasa yang diperlukan, kamu tidak perlu memasak banyak untuk hidangan ini.

Apa itu Kimchimari dan Guksu? Kimchimari secara harfiah berarti “mencampur sesuatu dengan Kimchi” dan Guksu secara harfiah berarti “mie”.

Kimchimari berasal dari Korea Utara, Meskipun mungkin ada versi yang sedikit berbeda di setiap provinsi di Korea Utara, sebagian besar hanya terdiri dari kaldu daging sapi dan jus Dongchimi atau jus kimchi.

Perlu diingat bahwa kimchi Korea Utara lebih ringan, tidak terlalu pedas, dan memiliki lebih banyak sari buah daripada kimchi Korea Selatan saat ini.

Variasi Kimchimari Guksu Kimchimari Guksu dapat dibuat dengan berbagai macam kaldu, selama ada jus kimchi.

Baca Juga :  Resep Dalca Khas Aceh, Menu Buka Puasa yang Rasanya Endes!

Hidangan ini dapat dibuat dengan kaldu sapi atau ayam, cairan Dongchimi, cairan Mul Kimchi, cairan Yeolmu Kimchi, dan cairan Putbaechu Kimchi.

  1. Simpanlah semuanya dalam keadaan dingin karena hidangan ini paling enak disantap dalam keadaan dingin.
  2. Mie Terbaik: Mie Beras Sempio (Ssal Somyeon), yang bebas gluten (kanan), adalah favorit saya. Anda bahkan dapat membekukan sebagian kuahnya dan menyajikannya seperti bubur. Namun, mie Somyeon yang tipis, seperti Ottogi di bawah ini (kiri), dapat digunakan.
  3. Buatlah lebih awal untuk menghemat waktu: Jika membuat sup dingin sebelumnya dan menyimpannya di dalam freezer atau kulkas, hanya perlu waktu sekitar 20 menit untuk menyiapkannya. untuk menyiapkan topping dan memasak mi.
  4. Siapkan Kimchimari Guksu dengan cepat. Rasanya akan sama enaknya jika menambahkan tiga sendok makan jus kimchi ke dalam satu kemasan kaldu sup CJ atau Pulmuone!
  5. Topping lainnya: irisan daging sapi yang dimasak, bulgogi, atau bahkan tahu yang dibumbui dapat memberikan protein tambahan.

Bahan – Bahan :

  1. Mie Somyeon atau Ssal Somyeon
  2. Mentimun
  3. Kimchi Kubis
  4. Rumput Laut Panggang (Kimchi) – opsional
  5. Telur – opsional
  6. Sup
  7. Kaldu Ayam
  8. Air
  9. Jus Kimchi (Kimchi Putbaechu atau Kimchi Kubis)
  10. cuka beras
  11. kecap asin
  12. gula
  13. garam
  14. minyak wijen
  15. biji wijen
Baca Juga :  Perkaya Hidangan Makan Siang dengan Resep Pindang Serani Khas Jepara

Cara Membuat :

  1. Buatlah mie dengan merebus air di dalam panci.
  2. Opsional: Rebus telur dengan cara yang disukai. Untuk telur rebus, biasanya hanya menambahkan telur ke dalam panci berisi air dingin, nyalakan api dengan api sedang, dan masak selama 10 hingga 12 menit, aduk terus agar tidak pecah. Setelah itu, masukkan telur ke dalam rendaman es, dan setelah beberapa menit, kupas. Bagilah menjadi dua.
  3. Iris mentimun dan sisihkan sementara air mendidih.
  4. Bumbui kimchi dengan gula, biji wijen, dan minyak wijen sebelum memotongnya menjadi irisan tipis.
  5. Untuk memasak Ssal Somyeon tanpa gluten yang saya gunakan dalam resep ini, tambahkan mie ke dalam air yang mendidih dan masak selama 4-5 menit, lalu siram dengan air super dingin 2-3 kali. Airnya akan mengering. Ikuti petunjuk pada kemasan jika menggunakan Somyeon yang berbeda yang terbuat dari gandum biasa.
  6. Untuk membuat sup, campurkan cairan kimchi, air, dan kaldu ayam ke dalam mangkuk. Cukup pastikan bahwa kimchi tersebut sudah benar-benar matang atau sedikit asam. Tambahkan gula, garam, kecap asin dan cuka. Hingga waktu penyajian, simpan dalam lemari es.
  7. Mie, sup dingin, mentimun, kimchi berbumbu, dan tambahan Putbaechu Kimchi dapat ditambahkan ke dalam mangkuk. Kimchi yang terbuat dari Yeolmu, atau lobak hijau muda, juga sangat baik. Harap dicatat bahwa ini adalah tampilan kimchi Putbaechu.
  8. Untuk menambah rasa kacang, taburkan potongan rumput laut panggang (gim) di atas adonan telur di mangkuk terakhir.
Baca Juga :  Resep Ayam Suwir Nasi Krawu Khas Gresik

Lihat video membuat Kimchimari Guksu

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan