Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gudeg Jogja, Enaknya bikin Kangen Jogja

Resep Gudeg Jogja, Enaknya bikin Kangen Jogja

Resep Gudeg Jogja (2)

Resep Gudeg Jogja

Cara membuat Gudeg Jogja

Untuk membuat Gudeg Jogja, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: 

  1. 1kg nangka muda 
  2. 5 butir telur ayam rebus, kupas 
  3. 2 lembar daun salam 
  4. 3 lembar daun jeruk 
  5. lengkuas 3 cm, dimemarkan 
  6. 120 gr gula jawa 
  7. 2 sdt garam 
  8. 1 liter santan encer 

Bahan-bahan ini dapat disesuaikan dengan jumlah porsi yang diinginkan[1]. 

Selain itu, ada juga resep Gudeg Jogja yang menambahkan bahan lain seperti daging sapi atau ayam[2].

Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah dalam membuat Gudeg Jogja: 

  1. Bersihkan dan potong nangka muda menjadi ukuran kecil. 
  2. Rebus nangka muda dalam air hingga empuk. 
  3. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, gula jawa, dan garam ke dalam panci. 
  4. Tuang santan encer ke dalam panci dan aduk rata. 
  5. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan santan mengental. 
  6. Tambahkan telur ayam rebus ke dalam panci dan masak lagi selama beberapa menit[3].

Untuk variasi penyajiannya, Gudeg Jogja dapat disajikan dengan nasi, ayam goreng, atau sate[4]. 

Selain itu, ada juga bahan-bahan lain yang dapat ditambahkan untuk memberikan rasa yang lebih kaya seperti bawang goreng, krecek, atau tahu[5]. 

Namun, sebelum mencoba resep ini, pastikan untuk mempersiapkan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan dengan baik. 

Ikuti petunjuk langkah demi langkah dengan cermat agar hasilnya maksimal[6]. Dengan resep yang tepat dan cara memasak yang benar, Gudeg Jogja dapat menjadi hidangan yang lezat dan bergizi[1].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan yang Tepat** – Saat membuat Gudeg Jogja, bahan utamanya adalah nangka muda (nangka muda). Nangka muda harus segar, bukan kalengan, untuk memastikan keaslian dan rasa masakan. Selain itu, gula aren dan santan merupakan bahan utama yang harus berkualitas baik untuk meningkatkan cita rasa Gudeg secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Bakso Udang, Variasi Kuliner Berkuah Berbahan Udang yang Rasanya Lezat

**Menyeimbangkan Rasa Manis dan Gurih** – Mencapai keseimbangan sempurna antara rasa manis dan gurih sangat penting dalam Gudeg Jogja. Untuk melakukan ini, penting untuk mengontrol jumlah gula palem yang digunakan, serta rasa asin pada masakan. Rasa manisnya harus berasal dari gula aren, sedangkan rasa gurihnya bisa ditambah dengan penambahan bahan seperti daun salam, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.

**Memasak Lambat untuk Kedalaman Rasa** – Gudeg tradisional Jogja dimasak perlahan dengan api kecil selama beberapa jam, sehingga cita rasa bisa berkembang dan nangka muda menyerap bumbu yang kaya, manis, dan gurih. Proses memasak lambat ini sangat penting untuk mendapatkan rasa dan tekstur khas hidangan.

**Memasukkan Santan Secara Bertahap** – Saat menambahkan santan ke dalam gudeg, lakukan secara bertahap dan aduk terus agar tidak menggumpal. Teknik ini memastikan santan tercampur mulus dengan bahan lainnya, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan konsisten di seluruh hidangan.

**Saran Penyajian dan Penyandingan** – Gudeg Jogja secara tradisional disajikan dengan nasi putih, namun bisa juga ditemani lauk pauk seperti ayam, tahu, tempe, atau telur rebus. Selain itu, tambahan krecek (kulit sapi yang dibumbui) dan sambal (terasi sambal) dapat melengkapi hidangan, menambah kedalaman dan kontras pada pengalaman bersantap secara keseluruhan. Saat menyajikan hidangan, pertimbangkan untuk menghiasinya dengan bawang merah goreng dan taburan ketumbar untuk menambah daya tarik visual.

Baca Juga :  Resep Jajanan Tradisional, Kue Cucur Gula Merah

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Gudeg Jogja? A: Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Gudeg Jogja antara lain nangka muda, gula jawa, santan, bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, ketumbar, dan daun jati.

Q: Bisakah anda memberikan panduan langkah demi langkah pembuatan Gudeg Jogja? A: Tentu! Pertama, siapkan nangka muda dengan cara direbus hingga empuk. Kemudian buat pasta bumbu dengan mencampurkan bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan lengkuas. Masak bumbu halus bersama daun salam hingga harum, lalu masukkan nangka rebus, gula jawa, dan santan. Masak hingga bumbu tercampur rata.

Q: Apakah ada variasi atau saran penyajian untuk Gudeg Jogja? A: Ya, ada beberapa variasi dan saran penyajian Gudeg Jogja. Beberapa variasi populer termasuk menambahkan telur atau ayam ke dalam masakan. Biasanya disajikan dengan nasi putih, ayam goreng, dan sambal (terasi).

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Gudeg Jogja? A: Waktu penyiapan Gudeg Jogja bisa berbeda-beda, namun biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam, mengingat perebusan nangka dan proses pemasakan yang lambat untuk mengembangkan rasa.

Q: Apakah Gudeg Jogja bisa dibuat terlebih dahulu dan disimpan untuk dikonsumsi nanti? A: Ya, Gudeg Jogja bisa dibuat terlebih dahulu dan disimpan untuk dikonsumsi nanti. Makanan ini dapat disimpan di lemari es hingga 3-4 hari, dan rasanya sering kali semakin bertambah seiring berjalannya waktu, menjadikannya hidangan yang enak untuk disiapkan sebelumnya.

Referensi : 

1.   Resep Gudeg Jogja yang Sedap Ngangeni – detikFood.  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari food.detik.com 

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Lele Goreng Renyah dan Gurih

2.   Resep Gudeg Khas Yogyakarta Manis dan Legit, Masak ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.kompas.com 

3.   Resep Gudeg Jogja, Enak dan Legit!.  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.detik.com 

4.   Resep Gudeg Jogja yang Sedap dan Legit.  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari endeus.tv/resep/gudeg-jogja-yang-sedap-dan-legit 

5.   Resep Gudeg Nangka Muda Makanan Khas Jogja dan ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari tirto.id 

6.   Cara Membuat Gudeg: Lezatnya Masakan Khas Yogyakarta.  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.bengkulunetwork.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info