Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kue kacang ovaltine, Mudah banget kok bun

Resep Kue kacang ovaltine, Mudah banget kok bun

Kue kacang ovaltine (1)

Kue kacang ovaltine

Resep dan Variasi Ovaltine Bean Cake

Untuk membuat Ovaltine Bean Cake, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: 

  • 1 kg kacang tanah (panggang, kupas, cincang kasar), 
  • 5 kuning telur, 
  • 2 putih telur, 
  • dan 500 gr gula pasir kasar[1]. 
  • 150 gr ovaltine
  • 45 gr coklat bubuk

Langkah membuat Kue kacang ovaltine : 

  • Langkah pertama adalah sangrai kacang tanah lalu giling hingga tidak terlalu halus[2]. 
  • Setelah itu, kocok kuning telur, coklat bubuk dan ovaltine hingga lembut dan mengembang, tambahkan gula pasir, lalu aduk kembali hingga rata[1]. 
  • Kemudian tambahkan putih telur dan aduk hingga membentuk puncak mengembang telurnya[3]. 
  • Terakhir, masukkan kacang tanah dan tuang adonan ke dalam loyang kue. 
  • Panggang kue dengan suhu 180°C selama 45 menit atau hingga berwarna cokelat keemasan dan dinginkan[4].

Resep Ovaltine Bean Cake bisa divariasikan sesuai selera pribadi. Misalnya, selain kacang tanah, bom Ovaltine bisa digunakan sebagai bahan alternatif[5]. 

Alternatifnya, Ovaltine Peanut Cookies dapat dibuat dengan cara memanggang kacang tanah dan menggilingnya, lalu mencampurkannya dengan telur dan gula. 

Selain itu, Kue Cubit Ovaltine dapat dibuat dengan mencampurkan tepung terigu, garam, gula pasir, telur, susu, dan Ovaltine menjadi satu[8]. 

Variasi ini memberikan tekstur dan rasa yang berbeda, membuat kue ini cocok untuk berbagai kesempatan dan preferensi.

Pembuatan Ovaltine Bean Cake cukup sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus. Namun, penting untuk memastikan bahwa bahan-bahannya berkualitas baik untuk menghasilkan kue yang lezat [1]. 

Baca Juga :  Resep Bola-Bola Susu Tabur Gula Donat Yang Enak

Resep ini mendapatkan popularitas karena rasa dan teksturnya yang unik, dan banyak orang telah membagikan resep versi mereka sendiri di platform media sosial. 

Baik Anda lebih menyukai resep klasik atau variasi, Ovaltine Bean Cake adalah suguhan lezat yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Eksperimen dengan Rasa Berbeda** – Jangan takut untuk berkreasi dengan rasa pada kue kacang ovaltine Anda. Anda dapat mencoba menambahkan sedikit kulit jeruk untuk rasa jeruk atau menambahkan sedikit kayu manis untuk kehangatan. Bereksperimen dengan rasa yang berbeda dapat meningkatkan cita rasa dan membuat kue Anda menonjol.

**Gunakan Ovaltine Berkualitas Tinggi** – Kualitas ovaltine yang Anda gunakan dapat mempengaruhi cita rasa kue Anda secara signifikan. Pilihlah ovaltine berkualitas tinggi yang kaya dan aromatik untuk memastikan rasa kue Anda lebih terasa dan nikmat. Merek seperti Ovaltine Rich Chocolate atau Ovaltine Classic Malt adalah pilihan populer untuk membuat kue.

**Sesuaikan Kadar Gula** – Tergantung pada preferensi pribadi Anda dan manisnya ovaltine, perhatikan kadar gula dalam kue Anda. Anda mungkin perlu menyesuaikan jumlah gula dalam resep untuk mencapai keseimbangan rasa manis yang sempurna, terutama jika ovaltine itu sendiri mengandung gula.

**Campur Adonan dengan Benar** – Saat memasukkan ovaltine ke dalam adonan kue, pastikan tercampur rata untuk menghindari gumpalan dan mendistribusikan rasa secara merata. Pencampuran yang tepat akan menghasilkan tekstur yang halus dan konsisten di seluruh kue.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Tepung Saus Pedas, Variasi Kuliner yang Menggugah Selera

**Sajikan dengan Rasa Pelengkap** – Pertimbangkan untuk menyajikan kue kacang ovaltine dengan rasa pelengkap untuk menyempurnakan pengalaman keseluruhan. Misalnya, sesendok krim kocok atau satu sendok es krim vanila dapat melengkapi rasa kue yang kaya dan cokelat. Selain itu, taburan bubuk kakao atau sedikit saus karamel dapat menambah kenikmatan ekstra pada hidangan penutup.

Referensi : 

1.   Resep Kukis Kacang Ovaltine (Tanpa Tepung) oleh Jane ….  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari cookpad.com 

2.   Resep Kue kacang coklat ovaltine oleh Oena ZhandRa.  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari cookpad.com/id/resep/15271193-kue-kacang-coklat-ovaltine 

3.   Resep Kacang Ovaltine yang Manis dan Renyah.  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari www.idntimes.com 

4.   KUE KACANG JADUL! Resep Pembuatan Kue Khas ….  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari mediapakuan.pikiran-rakyat.com 

5.   3 Resep Kue Lebaran Berbahan Dasar Cokelat yang ….  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari era.id 

6.   Cemilan Malam Tahun Baru, Kue Kering Kacang Ovaltine ….  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari www.jangkara.com 

7.   Moms, Boleh Dicoba! Gampang & Praktis, Ini 3 Resep Kue ….  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari admin.mommyasia.id 

8.   14 Cara Membuat Kue Cubit yang Sederhana, Enak dan ….  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari www.liputan6.com 

Baca Juga :  Cara Membuat Resep Jagung Bakar Super Lezat

9.   Resep Kue Kering Kacang Ovaltine, Camilan Sederhana Tapi ….  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari www.koranmemo.com 

10.   resep kacang ovaltine manado yang enak dan renyah Bep.  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari www.facebook.com 

11.   Langsungenak | Kue kacang ovaltine …  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari www.facebook.com/groups/langsungenak/posts/1163066757126000/ 

12.   Kue Kacang Ovaltine by Ine Mamengko.  (n.d.)   Diperoleh December 18, 2023, dari www.langsungenak.com/kue-kacang-ovaltine-by-ine-mamengko/ 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan