Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Goreng Tepung Saus Pedas, Variasi Kuliner yang Menggugah Selera

Resep Ayam Goreng Tepung Saus Pedas, Variasi Kuliner yang Menggugah Selera

Resep Ayam Goreng Tepung Saus Pedas, Variasi Kuliner yang Menggugah Selera

Resep ayam goreng tepung saus pedas

Resep ayam goreng tepung saus pedas menjadi sajian istimewa untuk Anda sekalian yang paling suka jenis kuliner seperti ini.

Bukan hanya ayam goreng tepung ala pedagang kaki lima biasa-biasa saja. Kalau makanan seperti itu sudah sangat umum dan paling rasanya tidak jauh berbeda dari setiap penjualnya.

Anda yang merasa suka dengan kuliner ayam tepung seperti itu, tetapi ingin masakannya lebih berbeda dari biasanya.

Jika seperti itu, tidak ada salahnya mencoba menu yang satu ini. Ayam goreng tepung yang dimasak dengan bumbu saus pedas.

Tidak perlu membelinya di luar sana karena Anda bisa membuatnya di rumah dengan bahan, bumbu, dan cara memasaknya cukup mudah. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep ayam goreng tepung saus pedas selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 500 gram ayam segar bagian paha atas dan bawa saja
  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh paprika bubuk
  • 3 butir bawang merah dihaluskan
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera dicincang halus
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam
Baca Juga :  Resep Cekodok Pisang Takaran Sendok

Bahan saus pedas

  • 4 sendok makan saus cabai
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 siung bawang putih dicincang halus
  • 1 sendok teh minyak wijen

Cara memasak ayam goreng tepung saus pedas

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep ayam goreng tepung saus pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Bersihkan dulu semua ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil di permukaan kulitnya.

2. Setelah itu, rebus semua potongan ayam hingga matang dan empuk. Angkat, tiriskan, dan sisihkan dulu.

3. Siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan tepung terigu, bawang merah, bawang putih, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk merata sambil tuangkan air matang sedikit demi sedikit.

4. Aduk merata hingga adonan tepungnya kalis. Anda bisa mencicipinya sedikit untuk mengkoreksi rasanya sudah sesuai selera atau belum.

5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam. Selanjutnya, ambil satu potong ayam, lalu masukkan ke dalam adonan tepung basah tersebut. Setelah itu, masukkan ayamnya ke dalam minyak panas.

Baca Juga :  Resep Sambal Asam Udeung Khas Aceh dengan Cita Rasa Pedas, Asam, Segar yang Mampu Membuat Selera Makan Meningkat

6. Lakukan langkah tersebut untuk semua potongan ayam lainnya hingga habis. Goreng diatas api kompor sedang saja hingga permukaannya berwarna kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.

7. Langkah berikutnya membuat saus pedas. Caranya, siapkan wajan bersih lalu panaskan. Beri minyak wijen, lalu tumis bawang putih hingga harum.

8. Tambahkan saus cabai, saus tomat, dan kecap manis. Aduk merata. Setelah itu, masukkan ayam goreng tepung ke dalam wajan. Aduk merata dengan saus pedasnya.

9. Tambahkan cincangan cabai rawit, lalu aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.

10. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan ayam goreng tepung saus pedas yang sudah matang diatas piring. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat untuk menyantapnya bersama.

Tidak begitu sulit mempraktikkan resep ayam goreng tepung saus pedas diatas. Anda mencobanya sekarang juga untuk menu lauk makan siang atau malam.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan