Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Mangut Ikan Asap, Masakan Berkuah Santan Menggugah Selera Khas Jawa Tengah

Resep Mangut Ikan Asap, Masakan Berkuah Santan Menggugah Selera Khas Jawa Tengah

Mangut Ikan Asap (1)

Resep mangut ikan asap

Resep mangut ikan asap dapat Anda coba masak di rumah terutama pada bulan Ramadhan ini. Masakan berkuah santan yang satu ini berasal dari Jawa Tengah dan biasanya menggunakan bahan protein ikan lele.

Namun sekarang, proteinnya bisa diganti dengan yang lainnya, seperti ikan pari asap. Diketahui ikan pari yang sudah diproses pengasapan mempunyai rasa daging kenyal dan rasanya sudah gurih.

Ditambah dengan bumbu mengut, maka ikan pari asapnya akan semakin gurih dan pedas. Sementara untuk rasa pedasnya, Anda bisa mengatur sendiri levelnya dengan mencampurkan cabai rawit sesuai selera.

Setelah matang, sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat dijamin menggugah selera. Untuk resep mangut ikan asap selengkapnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 4 potong ikan pari asap
  2. 2 potong tahu dipotong dadu, lalu digoreng setengah matang
  3. 2 cm kencur dihaluskan
  4. 2 cm lengkuas digeprek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  7. 10 buah cabai rawit utuh atau sesuai selera
  8. 1 papan petai dikupas dan dipotong menjadi dua
  9. ½ sendok makan gula Jawa
  10. 1½ sendok teh garam
  11. 1 liter santan
  12. Kaldu bubuk secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Lagi Lapar? Masak Saja Resep Mie Goreng Seafood yang Mudah

Bumbu iris

  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 7 cabai merah besar
  4. 7 cabai hijau besar

Cara memasak mangut ikan asap

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera memasak resep mangut ikan asap dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Silahkan panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan semua irisan cabai dan aduk merata. Setelah itu, tambahkan juga kencur, daun salam, dan lengkuas. Aduk merata lagi.
  3. Selanjutnya, tuangkan santan dan kecilkan api kompor. Tambahkan gula Jawa dan garam. Aduk perlahan terus menerus agar santannya tidak pecah.
  4. Setelah masakan mendidih, masukkan ikan asap, potongan tahu, semua cabai rawit utuh, dan petai. Aduk merata dan masak hingga kuah santannya agak menyusut dan mengental.
  5. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya lalu aduk lagi.
  6. Sebelum mematikan kompor, masukkan potongan tomat dan aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan masakan yang sudah matang siap disajikan.
  7. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating, lalu tuangkan masakan mangut ikan asap yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menjadikannya lauk.
Baca Juga :  Membuat Nasi Sarden untuk Menu Hemat Sehat

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep mangut ikan asap secara detail dan lengkap. Oleh karenanya, silahkan coba memasaknya sendiri di rumah karena dijamin rasanya mantap.

Lihat video cara membuat Mangut Ikan Asap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan