Lompat ke konten
Home » Resep » Lele Gulai Padang, Masakan Khas Nusantara Menggugah Selera

Lele Gulai Padang, Masakan Khas Nusantara Menggugah Selera

Lele Gulai Padang

Resep lele gulai Padang

Anda sudah pernah mencicipi masakan resep lele gulai Padang? Dimana lele goreng dimasak gulai khas Padang yang bersantan dan rasanya gurih pedas.

Biasanya gulai semacam itu dimasak menggunakan bahan daun singkong, ayam, maupun daging sapi. Seperti yang biasa ditemui dan dijual di rumah makan Padang.

Namun yang sekarang, gulainya menggunakan bahan ikan lele.

Sekilas masakannya menyerupai menu manggut lele, tetapi rasanya sedikit berbeda karena bahan rempah yang digunakan lebih banyak.

Anda yang penasaran dengan rasa masakannya tidak perlu membelinya di luar sana. Anda bisa memasaknya sendiri dengan terlebih dulu membaca resep lele gulai Padang selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 kg ikan lele segar
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 700 ml santan encer
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 lembar daun kunyit
  7. 3 sendok makan margarin
  8. ½ sendok teh garam
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 buah cabai merah besar
  2. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 7 butir bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 1 sendok makan ketumbar butiran
  6. 3 buah kemiri
  7. 2 cm jahe
  8. 3 cm kunyit
Baca Juga :  Cara membuat Ayam Goreng Serai, Ini Resep dan Langkahnya

Cara memasak lele gulai Padang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep lele gulai Padang dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan lele di bawah air mengalir. Buang semua kotoran di bagian insang dan perutnya. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Aduk merata dan diamkan sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Setelah 30 menit, bilas semua lele di bawah air mengalir dan sisihkan. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng lele. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan semua lele satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri margarin yang sudah disiapkan. Setelah panas dan meleleh, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan ke dalam wajan batang serai, daun jeruk, dan daun kunyit. Tumis hingga semua bahan layu. Setelah itu, masukkan lele goreng yang sudah matang tadi. Aduk merata.
  5. Tuangkan semua santan ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan saja terus menerus agar santannya tidak pecah. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata lagi.
  6. Jangan lupa dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda dapat menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi.
  7. Masak hingga kuahnya menyusut dan mengental. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan untuk disantap.
  8. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Lalu, tuangkan masakan lele gulai Padang yang sudah matang diatas mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Anda juga perlu menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantap masakannya.
Baca Juga :  Cara Membuat Resep Rendang Bumbu Padang

Setelah membaca resep lele gulai Padang selengkapnya diatas, Anda sekalian bisa segera mempraktikkannya di rumah.

Jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk menyantap masakannya bersama-sama. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan