Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Kecap bumbu meresap sempurna

Resep Ayam Kecap bumbu meresap sempurna

Resep Ayam Kecap (1)

Resep Ayam Kecap

Ayam Kecap atau ayam kecap adalah masakan populer Indonesia yang mudah dibuat dan enak untuk disantap. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep ini antara lain 

Bahan-bahan ayam kecap : 

  1. 500 gram daging ayam, 
  2. 1 buah bawang bombay, 
  3. 2 siung bawang putih, 
  4. 4 sdm kecap manis, 
  5. 3 sdm saus tomat, 
  6. dan 1 sdm saus tiram[1]. 

Membuat Ayam Kecap : 

  1. Untuk membuat masakan ini, pertama lumuri 800 gram ayam utuh dengan air jeruk nipis lalu goreng hingga setengah matang. atau potong ayam kecil-kecil dan rendam dengan saus dan bumbu selama beberapa jam
  2. Kemudian tumis ayam dengan margarin, bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya hingga matang[3]. 
  3. Resep ayam kecap lainnya adalah dengan mencampurkan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, dan merica, lalu menumis campuran tersebut bersama ayam hingga matang[4]. 

Variasi resep ini memungkinkan adanya fleksibilitas dan kreativitas dalam proses memasak.

Ayam kecap bisa disajikan sebagai lauk dengan nasi hangat[5]. Bisa juga dibuat menjadi ayam kecap pedas atau ayam kecap lada hitam dengan menambahkan tambahan bumbu dan rempah [5]. 

Setelah ayam matang, bisa disuwir dan disajikan dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit untuk menambah rasa[6]. 

Saat menyajikannya, disarankan menggunakan mangkuk dan menyantapnya selagi masih panas, ditemani nasi putih [7]. 

Hanya dengan beberapa langkah sederhana, siapa pun bisa membuat masakan ayam kecap yang enak dan empuk ini[8].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Kecap Berkualitas Tinggi** – Pilihlah kecap berkualitas tinggi untuk resep ayam kecap Anda. Carilah kecap yang diseduh secara alami dan memiliki rasa yang kaya dan kompleks. Merek seperti Kikkoman, Lee Kum Kee, atau Pearl River Bridge terkenal dengan kecapnya yang autentik dan berkualitas tinggi.

Baca Juga :  Resep Membuat Jajangmyeon, Mie Saus Kacang Hitam

**Marinasi secukupnya** – Pastikan Anda mengasinkan ayam dalam waktu yang cukup agar bumbu meresap ke dalam daging. Merendam ayam semalaman dalam campuran kecap akan menghasilkan masakan yang lebih beraroma dan empuk.

**Seimbangkan Rasa** – Perhatikan keseimbangan rasa pada bumbu kecapnya. Itu harus memiliki kombinasi unsur gurih, manis, dan aromatik. Misalnya, bumbu kecap asin yang seimbang mungkin mengandung kecap asin, gula, jahe, bawang putih, dan sedikit bubuk lima bumbu Cina untuk menambah rasa.

**Gunakan Teknik Memasak yang Benar** – Saat memasak ayam kecap, pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi teknik merebus dan melapisi. Mulailah dengan merebus ayam dalam bumbu marinasi untuk menambah rasa, lalu akhiri dengan melapisi ayam dengan saus yang sudah dikurangi untuk menciptakan bagian luar yang mengkilap dan karamel.

**Istirahatkan dan Iris dengan Benar** – Setelah matang, diamkan ayam kecap beberapa menit sebelum diiris. Ini akan membantu mendistribusikan kembali sari buah, sehingga menghasilkan daging yang lebih segar. Saat mengiris, potong melawan arah serat untuk kelembutan optimal. Tips berikut ini akan membantu Anda membuat masakan ayam kecap yang lezat dan autentik, penuh rasa dan dimasak dengan sempurna.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam kecap? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam kecap antara lain ayam, kecap manis, bawang putih, jahe, gula merah, merica, daun bawang, dan air.

Baca Juga :  Dijamin Resep Gurame Goreng Bumbu Taliwang Sedap dan Mantap untuk Disantap

Q: Bagaimana petunjuk arah dalam membuat ayam kecap? A: Petunjuk arah dalam membuat ayam kecap antara lain mencuci ayam, menumis bumbu, menambahkan ayam dan kecap, serta memasak hingga matang.

Q: Apa saran penyajian yang baik untuk ayam kecap? A: Saran penyajian yang baik untuk ayam kecap adalah dengan meletakkan potongan ayam kecap di atas piring saji dan disajikan dengan nasi hangat serta sayuran segar.

Q: Apa alternatif bahan pengganti kecap manis dalam resep ayam kecap? A: Alternatif bahan pengganti kecap manis dalam resep ayam kecap dapat menggunakan saus tiram atau campuran gula dan kecap asin.

Q: Bagaimana cara memastikan ayam kecap matang tanpa overcook? A: Untuk memastikan ayam kecap matang tanpa terlalu matang, gunakan termometer daging untuk memeriksa suhu dalam daging ayam. Suhu yang aman untuk dikonsumsi adalah 75 derajat Celcius.

Referensi : 

1.   5 Resep Ayam Kecap Enak untuk Menu Sehari-hari.  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.fimela.com 

2.   12 Cara Membuat Ayam Kecap yang Enak dan Empuk, ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.liputan6.com 

3.   Resep Ayam Kecap – Bango.  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.bango.co.id/r/resep-ayam-kecap.html/242797 

4.   Resep ayam opor dan ayam kecap, menu lebaran yang ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.hops.id 

Baca Juga :  Resep Tengkleng Kambing Enak dan Mantap

5.   4 Resep Ayam Kecap untuk Teman Makan Nasi Hangat, Ada ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari bobo.grid.id 

6.   3 Resep Ayam Kecap Yang Praktis Dan Lezat.  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.frisianflag.com 

7.   Pembuatan Ayam Kecap.docx – Laporan Prakarya ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari www.coursehero.com/file/95749682/Pembuatan-Ayam-Kecapdocx/ 

8.   Cuma 4 Langkah, Ini Cara Bikin Ayam Kecap Dijamin Empuk ….  (n.d.)   Diperoleh January 7, 2024, dari bobo.grid.id 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan