Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Cemilan Cilor ala Rumahan dan Tidak Lengket

Resep Membuat Cemilan Cilor ala Rumahan dan Tidak Lengket

Resep Membuat Cemilan Cilor (2)

Resep jajan cilor

Cilor merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang disukai banyak orang, terutama anak-anak di wilayah Bandung dan Surabaya[1]. 

Untuk membuat camilan ini, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut[1]: 

  1. Kurang lebih 100 gram tepung terigu serbaguna 
  2. Tepung tapioka atau tepung sagu 
  3. 3 siung bawang putih, haluskan 
  4. 1 siung bawang bombay, iris tipis 
  5. 1 butir telur 

Pencampuran bahan-bahan tersebut akan menghasilkan adonan yang dapat dibentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng untuk menghasilkan camilan cilor yang renyah dan beraroma[2].

Untuk membuat cilor : 

  1. Mulailah dengan merebus air hingga matang[3]. 
  2. Dalam wadah berbeda Kemudian campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, kaldu ayam, dan merica bubuk hingga tercampur rata[2]. 
  3. Selanjutnya tambahkan air panas sesuai takaran tepat agar tidak lengket dan untuk membuat adonan yang bisa dibentuk menjadi bola-bola kecil. 
  4. Goreng bola-bola tersebut hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah[4]. Resep sederhana ini dapat dimodifikasi dengan menambahkan berbagai bumbu dan bumbu untuk menciptakan variasi camilan yang berbeda[5].

Bagi yang lebih menyukai resep yang lebih sederhana, cilor juga bisa dibuat hanya dengan beberapa bahan dasar saja[6]. 

  1. Untuk membuat versi ini, campurkan tepung sagu, tepung terigu, minyak, dan air mendidih hingga terbentuk adonan[6]. 
  2. Campurkan telur dan bumbu atau bumbu apa pun yang diinginkan sebelum membentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan menggorengnya hingga renyah dan berwarna cokelat keemasan [7]. 

Resep ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan menambahkan bumbu dan bumbu yang berbeda untuk menciptakan camilan yang unik dan beraroma[8]. 

Secara keseluruhan, cilor merupakan camilan serba guna dan lezat yang dapat dinikmati oleh semua usia dan selera, serta dapat dengan mudah dimodifikasi agar sesuai dengan preferensi individu dan batasan diet[9].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Eksperimen dengan Kombinasi Bumbu** – Cobalah kombinasi bumbu berbeda untuk menciptakan cita rasa unik pada camilan Cilor Anda. Misalnya, Anda bisa mencampurkan jinten, bubuk cabai, dan jeruk nipis untuk mendapatkan cita rasa khas Meksiko, atau memilih campuran bubuk kari, kunyit, dan jahe untuk cita rasa India. Bereksperimen dengan kombinasi bumbu dapat membantu Anda menemukan rasa baru dan menarik yang memenuhi beragam selera.

Baca Juga :  Rendang Ayam, Sajian Nikmat Jadi Lauk Pilihan Makan Siang

**Pilih Bahan Segar dan Berkualitas** – Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi untuk meningkatkan keseluruhan rasa dan nilai gizi camilan Cilor Anda. Sayuran segar, seperti paprika renyah dan mentimun renyah, dapat menambah warna dan tekstur cerah pada camilan Anda. Selain itu, penggunaan minyak zaitun berkualitas dan jus jeruk segar dapat meningkatkan cita rasa masakan.

**Seimbangkan Tekstur dan Renyahnya** – Usahakan keseimbangan tekstur dan kerenyahan pada camilan Cilor Anda dengan menggabungkan bahan-bahan dengan tingkat kerenyahan dan kelembutan yang bervariasi. Misalnya, memadukan kerenyahan sayuran segar dengan lembutnya alpukat dapat menciptakan kontras yang menyenangkan. Selain itu, menambahkan kacang atau biji panggang dapat memberikan lapisan tekstur ekstra pada hidangan.

**Sesuaikan dengan Preferensi Diet** – Pertimbangkan preferensi dan pantangan makanan saat menyiapkan camilan Cilor Anda. Misalnya, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan resep untuk memenuhi pola makan vegetarian, vegan, atau bebas gluten dengan melakukan penggantian bahan sederhana. Dengan menawarkan pilihan yang mengakomodasi kebutuhan diet yang berbeda, Anda dapat memastikan bahwa semua orang dapat menikmati camilan Cilor.

**Persiapkan Terlebih Dahulu untuk Kenyamanan** – Siapkan terlebih dahulu komponen jajanan Cilor untuk menghemat waktu dan menjamin kenyamanan, terutama saat disajikan pada acara kumpul atau pesta. Misalnya, Anda bisa memotong sayuran, mencampur saus, dan memasak biji-bijian terlebih dahulu. Menyimpan komponen secara terpisah dan menyusun snack sebelum disajikan dapat membantu menjaga kesegaran dan cita rasa masakan.

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan Cilor? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan Cilor antara lain tepung tapioka, air, daging cincang (ayam, sapi, atau babi), daun bawang cincang, garam, merica, dan minyak untuk menggoreng.

Baca Juga :  Lemet Singkong Nangka, Si Coklat Yang Rasanya Legit Yahud !

Q: Bisakah anda menjelaskan langkah demi langkah proses pembuatan jajanan cilor? A: Cara membuat camilan cilor ini dimulai dengan mencampurkan tepung tapioka, air, daging cincang, daun bawang cincang, garam, dan merica ke dalam mangkuk. Kemudian, bentuk bola-bola kecil dari adonan dan goreng dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan Cilor dengan saus atau bumbu pilihan Anda.

Q: Apakah ada variasi atau saran penyajian jajanan Cilor? A: Ya, Anda bisa menyesuaikan camilan Cilor dengan menambahkan bahan tambahan seperti wortel parut, kubis cincang, atau bahkan keju ke dalam adonan untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Selain itu, menyajikan Cilor dengan saus celup seperti sambal, saus asam manis, atau saus kacang dapat menambah cita rasa secara keseluruhan.

Q: Bisakah saya membuat camilan Cilor terlebih dahulu dan memanaskannya kembali nanti? A: Ya, Anda bisa membuat Cilor terlebih dahulu dan memanaskannya kembali nanti. Setelah digoreng, biarkan cilor hingga benar-benar dingin sebelum disimpan dalam wadah kedap udara. Jika sudah siap disantap, Anda bisa memanaskan kembali Cilor di dalam oven atau air fryer agar kerenyahannya kembali.

Q: Apa sajakah tips untuk memastikan camilan Cilor yang sempurna? A: Untuk memastikan camilan Cilor sempurna, pastikan minyak cukup panas sebelum menggoreng Cilor agar teksturnya renyah. Selain itu, pastikan campuran Cilor dibumbui dengan baik untuk menonjolkan cita rasa. Terakhir, penggorengan jangan terlalu penuh agar cilor matang secara merata.

Referensi : 

1.   Resep Cilor Sederhana ala Rumahan, Camilan Enak ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.merdeka.com 

2.   8 Resep Cilor untuk Camilan Keluarga, Enak dan Mudah ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-cilor 

Baca Juga :  Resep Lapis Legit Khas Sumatera Utara yang dengan Cita Rasa yang Tiada Tandingannya

3.   7 Cara Membuat Cilor Sederhana Ala Rumahan yang ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.liputan6.com 

4.   7 Resep Jajanan Cilor Enak dan Kenyal, Mudah Dibuat.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.merdeka.com 

5.   5 Resep Cilor Pakai Tepung Kanji dan Telur yang Paling ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.fimela.com 

6.   Resep Cilor (aci telor) oleh Dwi Siswanto.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari cookpad.com/id/resep/1643151-cilor-aci-telor 

7.   Cimol 88 Nov 6 2020 Aneka Isian Cimol.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari adokexoda.kawasakipumps.com.ua/ 

8.   Laporan Kewirausahaan | PDF.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari id.scribd.com/document/502004932/LAPORAN-KEWIRAUSAHAAN 

9.   Contoh Spanduk Bakso Bakar Image See From God. Desain ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari arabocan.shop/new/xgudncamyvjqhrk 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info