Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Coba deh Jualan ini, Wonton Ayam, Murah dan Viral

Coba deh Jualan ini, Wonton Ayam, Murah dan Viral

Membuat Wonton Ayam (2)

Membuat Wonton Ayam

Bahan-bahan

  • 50 lembar kulit pangsit siap pakai
  • 250 gr dada ayam tanpa tulang
  • 1 butir telur
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1 batang daun bawang
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt garam (secukupnya)
  • 1 sdt minyak wijen

Langkah-langkah membuat Wonton ayam

  • Langkah pertama dalam membuat pangsit ayam adalah menyiapkan isiannya[1]. 
  • Isiannya biasanya terdiri dari ayam cincang, daun bawang, bawang putih, kecap, minyak wijen, garam, merica bubuk, dan gula. 
  • Untuk membuat isiannya, campur semua bahan hingga rata dalam mangkuk[2]. 
  • Setelah isiannya siap, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu membungkus pangsit.
  • Untuk membungkus pangsit, mulailah dengan menaruh sedikit isian di tengah kulit pangsit[3]. 
  • Basahi pinggiran kulit dengan air, lalu lipat kulit menjadi dua hingga membentuk segitiga, tekan kedua tepinya hingga rapat [4]. 
  • Selanjutnya, satukan kedua sudut bawah segitiga dan tekan dengan kuat untuk menutupnya [2]. Ulangi proses ini sampai semua isian habis.
  • Setelah pangsit dibungkus, saatnya memasaknya[5]. Untuk memasak pangsit, didihkan sepanci air dan masukkan pangsit sedikit demi sedikit, berhati-hatilah agar panci tidak terlalu penuh. 
  • Masak pangsit selama 3-4 menit atau hingga pangsit mengapung ke permukaan[6]. Keluarkan pangsit dari panci dengan sendok berlubang dan pindahkan ke mangkuk saji. 
  • Sajikan pangsit panas dengan saus favorit Anda atau dalam sup pangsit yang lezat[7][8]. 
  • Dengan langkah sederhana ini, Anda bisa membuat pangsit ayam yang enak langsung di rumah[9].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Pembungkus yang Tepat** – Gunakan bungkus pangsit yang tipis dan bulat untuk tekstur yang lembut dan ringan. Pembungkus yang lebih tebal dapat menghasilkan pangsit yang berat dan pucat. Pastikan bungkusnya masih segar dan tidak kering untuk mencegah retak atau sobek selama proses pelipatan.

Baca Juga :  Resep Ayam Gochujang Panggang

**Jumlah Pengisian yang Tepat** – Hindari mengisi bungkus pangsit terlalu penuh, karena dapat menyebabkan kesulitan menyegelnya dan berpotensi pecah saat dimasak. Satu sendok teh isian biasanya cukup untuk sebagian besar bungkus pangsit berukuran standar.

**Teknik Melipat Efektif** – Kuasai seni melipat pangsit untuk memastikan pangsit tersegel dengan benar dan memiliki bentuk yang menarik. Ada berbagai macam teknik melipat seperti segitiga sederhana, topi perawat, dan ingot. Misalnya, untuk lipatan segitiga sederhana, letakkan isian di tengah-tengah pembungkusnya, basahi pinggirannya, lalu lipat pembungkusnya menjadi dua untuk membentuk segitiga, tekan keluar udara saat Anda menutup pinggirannya.

**Metode Memasak yang Benar** – Saat merebus pangsit, gunakan panci berisi air yang mendidih perlahan agar pangsit tidak pecah. Aduk air perlahan saat menambahkan pangsit agar tidak lengket. Setelah mengapung ke permukaan dan isiannya matang, mereka siap disajikan.

**Eksperimen dengan Rasa** – Jangan takut bereksperimen dengan berbagai isian dan bumbu untuk menciptakan pangsit yang unik dan beraroma. Isian pangsit ayam tradisional sering kali berisi campuran ayam giling, jahe, bawang putih, daun bawang, dan kecap, tetapi Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi dengan bahan tambahan seperti jamur shiitake, water chestnut, atau daun ketumbar untuk menambah rasa.

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pangsit ayam? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pangsit ayam antara lain daging ayam cincang, bawang putih, bawang bombay, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, garam, merica, dan kulit pangsit.

Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Lezat di rumah, ini cara Membuatnya

Q: Bagaimana langkah-langkah menyiapkan isian pangsit ayam? A: Langkah-langkah persiapan pengisian pangsit ayam meliputi pencampuran daging ayam cincang dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang bombay, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, garam, dan merica hingga merata.

Q: Apa cara yang tepat untuk membungkus pangsit? A: Untuk membungkus pangsit, letakkan sejumput adonan isi di tengah kulit pangsit, basahi tepi kulit dengan air, lipat menjadi segitiga, dan tekan tepiannya untuk menyegel. Pastikan adonan tidak terlalu banyak agar mudah dalam proses membungkus.

Q: Bagaimana langkah memasak pangsit yang tepat? A: Pangsit ayam bisa dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih selama beberapa menit hingga kulit pangsit transparan dan isian matang. Setelah itu, pangsit ayam bisa diangkat dan disajikan dengan kuah atau saus sesuai selera.

Q: Bisakah saya menyimpan pangsit ayam yang belum matang? A: Ya, pangsit ayam yang belum matang bisa disimpan di freezer. letakkan pangsit yang sudah dibungkus dalam wadah kedap udara atau kantong plastik ziplock, lalu simpan di dalam freezer. Pangsit bisa disimpan selama beberapa minggu sebelum dimasak.

Referensi : 

1.   3 Resep Wonton, Pangsit Khas Tionghoa yang Rasanya ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.intipseleb.com/gaya-hidup/78589-resep-wonton 

2.   Mudah dan Cepatnya Membuat Sup Wonton Ayam untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari sajiansedap.grid.id 

3.   Mudah Gak Perlu Lagi Beli di Restoran, Ini Dia Resep ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.timenews.co.id 

4.   WONTON ENAK BANGETTTTTTT #wonton #reseptiktok ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.tiktok.com/@acilbeneran/video/7186504195602730266 

Baca Juga :  Resep Membuat Sup Kalkun Pedas

5.   Resep Sup Wonton Udang Ayam, Kuahnya Hangat Pakai ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.kompas.com 

6.   Sup Pangsit Ayam – Chicken Wonton Soup.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari flohomerecipes.wordpress.com 

7.   364 resep wonton ayam enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari cookpad.com/id/cari/wonton%20ayam 

8.   Resep Sup Wonton Udang Ayam, Kuahnya Hangat Pakai ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.kompas.com 

9.   Resep Wonton dan Gyoza, Lengkap dengan Bahan dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.tribunnews.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info