Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Mie Goreng Burung Dara, Cocok deh buat Jualan

Membuat Mie Goreng Burung Dara, Cocok deh buat Jualan

Membuat Mie Goreng Burung Dara (1)

Membuat Mie Goreng Burung Dara

Bahan-bahan

  1. 1 bungkus mie burung dara kering
  2. 1 butir telur
  3. Ayam / Pentol

Sayur potong

  1. kol,sawi,daun bawang

Bumbu iris:

  1. 2 cabai merah keriting
  2. 2 cabai rawit
  3. 2 bawang putih
  4. 3 bawang merah
  5. secukupnya gula & garam & kecap manis

Proses pembuatan mie Burung Dara goreng

  1. Langkah pertama dalam membuat mie Burung Dara goreng adalah menyiapkan daging Ayam. Dagingnya bisa diperoleh dari pasar lokal atau toko daging. Penting untuk membersihkan dan memotong daging menjadi potongan-potongan kecil sebelum digunakan dalam piring. Setelah daging siap, sisihkan dan lanjutkan memasak mie[1]. Mie Burung Dara dapat direbus dalam panci berisi air selama beberapa menit hingga empuk dan empuk[2]. Tiriskan mie dan sisihkan untuk digunakan nanti.
  2. Setelah mie matang, langkah selanjutnya adalah menggoreng daging ayam bersama mie tersebut. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan dan tumis campuran bumbu hingga harum[3]. Tambahkan mie Burung Dara yang sudah matang, daging, dan sayuran cincang seperti kubis dan sawi [4]. Bumbui dengan bubuk kari, kecap manis, dan bumbu lain yang diinginkan. Aduk bahan hingga rata dan masak hingga daging matang sepenuhnya dan sayuran empuk[4]. Hasilnya harus berupa hidangan yang beraroma dan harum.
  3. Untuk penyajiannya, mie Burung Dara goreng bisa diberi tambahan sayuran cincang, irisan cabai, dan telur goreng[5]. Hidangan ini bisa dinikmati sebagai hidangan utama atau sebagai camilan yang mengenyangkan. Mie Burung Dara goreng merupakan jajanan kaki lima yang populer di Indonesia dan dapat ditemukan di banyak warung makan dan restoran lokal[6]. Dengan bahan dan teknik memasak yang tepat, siapa pun dapat menikmati hidangan lezat dan unik ini dalam kenyamanan rumah mereka sendiri[7].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Segar** – Pilih daging ayam segar, sebaiknya dari tukang daging atau pemasok terpercaya. Bahan-bahan segar akan meningkatkan rasa dan tekstur hidangan, memastikan pengalaman bersantap lebih menyenangkan.

Baca Juga :  Resep Rica-Rica Bebek Khas Manado Memang Rasanya Pedas dan Mantul

**Merendam Burung Dara dengan Benar** – Marinasi daging ayam dengan kombinasi kecap asin, jahe, bawang putih, dan sedikit sentuhan arak masakan Cina. Biarkan daging terendam setidaknya selama 30 menit untuk meresapkan rasa dan melunakkan daging. Langkah ini penting untuk menambahkan kedalaman rasa pada hidangan.

**Menyempurnakan Tekstur Mie** – Perhatikan baik-baik waktu memasak mie. Untuk mendapatkan tekstur yang ideal, masak mie hingga al dente. Mie yang terlalu matang bisa menjadi lembek, sehingga memengaruhi kualitas hidangan secara keseluruhan.

**Menyeimbangkan Rasa** – Mencapai keseimbangan rasa yang harmonis dengan memasukkan kombinasi unsur gurih, manis, dan umami. Misalnya, seimbangkan rasa gurih daging ayam dengan sedikit rasa manis dari saus tiram, dan tingkatkan umami dengan sedikit kecap ikan atau udang kering.

**Hiasan dan Presentasi** – Tingkatkan daya tarik visual hidangan dengan menghiasinya dengan daun bawang segar, daun ketumbar, atau taburan biji wijen panggang. Presentasi yang menarik secara visual dapat meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan dan meninggalkan kesan mendalam pada pengunjung.

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat mie Burung Dara goreng? A: Untuk membuat mie Burung Dara goreng, Anda membutuhkan daging ayam, mie, berbagai macam bumbu seperti kecap, saus tiram, dan bawang putih, serta minyak goreng untuk menggoreng.

Baca Juga :  Resep Membuat Gulai Kambing untuk Acara Penting

Q: Bagaimana cara menyiapkan daging untuk hidangan ini? A: Daging harus dibersihkan, direndam dengan bumbu seperti kecap dan merica, lalu dipotong kecil-kecil sebelum dimasak.

Q: Jenis mie apa yang paling baik digunakan untuk membuat mie goreng? A: Jenis mie terbaik yang digunakan untuk hidangan ini biasanya adalah mie telur atau jenis mie tipis ala Cina lainnya yang tahan untuk ditumis.

Q: Bisakah Anda memberikan langkah-langkah proses pembuatan mie Burung Dara goreng? A: Tentu! Pertama, masak mie sesuai petunjuk kemasan. Lalu, tumis daging yang sudah direndam dalam wajan hingga matang sempurna. Selanjutnya masukkan mie yang sudah matang ke dalam wajan dan tumis bersama daging dan bumbu hingga semuanya tercampur rata.

Q: Apakah ada variasi atau bahan tambahan yang bisa ditambahkan untuk menambah cita rasa mie Burung Dara goreng? A: Sangat! Anda bisa menambahkan sayuran seperti bok choy, wortel, dan jamur ke dalam masakan untuk menambah rasa dan nutrisi. Selain itu, beberapa orang suka menambahkan taburan biji wijen atau sedikit minyak wijen untuk menambah aroma dan kedalaman rasa.

Referensi : 

1.   18 Cara Membuat Mie Goreng Enak dan Sederhana, Khas ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.liputan6.com 

2.   Resep Mie Burung Dara Masak Tumis Bersama Sayuran.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.fimela.com 

3.   5 Resep Mi Burung Dara Goreng, Praktis dan Enaknya ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-mie-burung-dara-goreng 

Baca Juga :  Kreasi tahu telur khas surabaya ini enak untuk disajikan, ini dia resepnya

4.   Mi Goreng Aceh – Mi Burung Dara.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.miburungdara.com/recipe-items/mi-goreng-aceh/ 

5.   Resep Mie nyemek daging sapi burung dara (30).  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari cookpad.com 

6.   25 Tempat Makan Burung Dara Goreng Termurah di ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari menukuliner.net/katalog/burung-dara-goreng-di-surabaya 

7.   Resep ‘mie goreng burung dara daging’ teruji.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari cookpad.com/id/cari/mie%20goreng%20burung%20dara%20daging

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info