Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Lidah Buaya untuk Menu Berbuka Puasa

Membuat Es Lidah Buaya untuk Menu Berbuka Puasa

Membuat Es Lidah Buaya (2)
Lazada

Membuat Es Lidah Buaya

Bahan-bahan

  1. 2 batang lidah buaya segar
  2. 600 ml air untuk merebus
  3. Sejumput garam(dikit aj)
  4. 1 lembar daun pandan

Untuk bahan gula

  1. 700 ml air
  2. 4 sdm gula pasir(sesuai selera ya tingkat manisnya)
  3. 2 lembar daun pandan
  4. Pelengkap
  5. Es batu

Langkah-langkah membuat Es Lidah Buaya

  1. Langkah pertama dalam membuat es lidah buaya adalah mempersiapkan gel lidah buaya. Untuk melakukan ini, Anda perlu memotong lidah buaya menjadi dua bagian dan mengambil gel yang ada di dalamnya[1]. Setelah itu, bersihkan gel tersebut dengan garam untuk membersihkan lendirnya[2]. Bilas gel tersebut hingga bersih dan potong menjadi potongan kecil.
  2. Setelah menyiapkan gel lidah buaya, langkah berikutnya adalah mencampurkannya dengan air dan pemanis. Dalam resep ini, Anda dapat menggunakan gula pasir, daun pandan, dan sirup melon atau sirup hijau[3]. Untuk membuat campuran ini lebih enak, Anda dapat menambahkan biji basil yang sudah direndam terlebih dahulu. Setelah mencampurkan semua bahan, buatlah larutan asam dengan mencampurkan satu liter air dan satu sendok makan air kapur. Rendam potongan lidah buaya dalam larutan asam selama beberapa menit[4].
  3. Setelah mencampurkan gel lidah buaya dengan udara dan pemanis, langkah terakhir adalah membekukan campuran tersebut dan menyajikannya menjadi es batu atau es hancur[5]. Anda dapat menambahkan es batu atau es serut untuk memberikan sensasi yang lebih dingin dan menyegarkan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sirup atau buah-buahan sesuai selera Anda[5][6][7][8][9]. Es lidah buaya siap disajikan dan dinikmati sebagai minuman segar di hari yang panas.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Lidah Buaya yang Tepat** – Saat membuat es lidah buaya, penting untuk memilih daun lidah buaya yang segar dan berkualitas tinggi. Carilah daun yang kokoh dan montok tanpa noda atau perubahan warna. Gel di dalamnya harus bening dan tidak berbau. Hindari menggunakan lidah buaya yang berbau menguning atau menyengat, karena tanda-tanda ini menunjukkan pembusukan dan dapat memengaruhi rasa serta kualitas es.

**Mencuci Lidah Buaya Secara Menyeluruh** – Sebelum menggunakan lidah buaya, pastikan untuk mencucinya hingga bersih untuk menghilangkan kotoran, kotoran, atau kontaminan potensial. Bilas daun dengan lembut di bawah air mengalir dan keringkan dengan kain bersih. Lidah buaya yang dibersihkan dengan benar akan memastikan es bebas dari partikel atau kotoran yang tidak diinginkan.

**Ekstraksi Gel Hati-hati** – Saat mengekstrak gel dari daun lidah buaya, tangani dengan hati-hati agar resin kekuningan, yang disebut aloin, tidak masuk ke dalam gel. Aloin memiliki rasa yang pahit dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut pada beberapa individu. Untuk mengekstrak gel, iris daun dengan hati-hati, buang kulit hijau luarnya untuk memperlihatkan gel transparan di dalamnya. Sangat penting untuk mengekstrak hanya gel bening untuk mendapatkan rasa yang menyenangkan dan khasiat yang bermanfaat.

**Menyeimbangkan Rasa** – Lidah buaya memiliki rasa yang ringan dan sedikit pahit secara alami. Untuk meningkatkan rasa es lidah buaya, pertimbangkan untuk menambahkan pemanis alami seperti madu, nektar agave, atau jus buah segar. Misalnya, sentuhan jus lemon dapat melengkapi rasa lidah buaya, menambahkan aroma jeruk yang menyegarkan pada es. Menyeimbangkan rasa memastikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan enak.

**Teknik Pembekuan yang Benar** – Setelah gel lidah buaya tercampur dengan pemanis dan perasa yang diinginkan, tuangkan campuran tersebut ke dalam nampan es batu atau wadah dangkal untuk dibekukan. Penting untuk memantau proses pembekuan untuk mencapai tekstur yang diinginkan. Mengaduk campuran sesekali saat membeku dapat membantu menciptakan konsistensi yang lebih halus. Selain itu, menutup baki atau wadah es dengan bungkus atau penutup plastik dapat mencegah penyerapan bau freezer dan menjaga kesegaran es lidah buaya. Kiat dan praktik terbaik ini memberikan panduan yang dapat ditindaklanjuti untuk membuat es lidah buaya yang lezat dan menyegarkan sekaligus memastikan kualitas dan rasa terbaik.

FAQ

Q: Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es lidah buaya? A: Untuk membuat es lidah buaya, Anda memerlukan gel lidah buaya segar, air, dan pemanis seperti gula atau madu sesuai selera.

Q: Bagaimana cara mempersiapkan gel lidah buaya untuk digunakan dalam pembuatan es? A: Pertama, ambil daun lidah buaya segar, cuci bersih, lalu kupas kulitnya. Kemudian ambil bagian dalam daun, yaitu gel lidah buaya, dan pisahkan dari kulitnya.

Q: Apa yang harus dilakukan setelah mencampur gel lidah buaya dengan air dan pemanis? A: Setelah mencampurkan gel lidah buaya dengan air dan pemanis, aduk hingga semua bahan tercampur secara merata. Kemudian tuang campuran tersebut ke dalam cetakan es atau wadah yang sesuai untuk pembekuan.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membekukan campuran gel lidah buaya menjadi es? A: Waktu yang diperlukan untuk membekukan campuran gel lidah buaya menjadi bergantung pada suhu freezer dan ukuran cetakan es. Secara umum, membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam untuk membekukan secara sempurna.

Q: Apakah es lidah buaya bisa disajikan dalam bentuk lain selain es batu? A: Selain disajikan dalam bentuk es batu, campuran gel lidah buaya yang juga bisa dihancurkan menjadi es hancur atau disajikan dalam bentuk minuman dingin dengan potongan buah sebagai tambahan.

Referensi : 

1.   Cara Membuat Minuman Lidah Buaya serta Manfaatnya ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

2.   Segar dan Sehat, Resep Es Lidah Buaya Selasih untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.liputan6.com 

3.   Es Lidah Buaya.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari id.tastemade.com/videos/es-lidah-buaya/ 

4.   10 Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman Segar, ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.liputan6.com 

5.   Resep Es Lidah Buaya, Turunkan Suhu Badan Saat ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.kompas.com 

6.   Cara Mudah Buat Es Lidah Buaya, Nikmat dan Segar!.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari kiddo.id 

7.   3 Resep Es Lidah Buaya, Kreasi untuk Membuat Minuman ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari ramadan.tempo.co 

8.   Resep Es Lidah Buaya Pelepas Dahaga untuk Berbuka ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

9.   Es Lidah Buaya Segar dan Menyehatkan untuk Hari yang ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari detiknews.co.id 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version