Lompat ke konten
Home » Resep » Cara Membuat Beef Jerky dari Daging Kurban yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Beef Jerky dari Daging Kurban yang Mudah dan Praktis

Beef Jerky (1)

Cara Membuat Beef Jerky dari Daging Kurban yang Mudah dan Praktis

Recipe By siti
Course: Beef Jerky Cusine:indonesia Difficulty:Pemula

Servings

2 minutes

Preparing Time

50 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

kcal

INGREDIENTS

  1. 300 gr Daging Sapi

  2. 10 siung cabai merah

  3. 8 siung cabai merah kering

  4. 15 cabai rawit merah

  5. 5 siung bawang merah

  6. 1 siung bawang putih

  7. 1 buah tomat merah

  8. 2 lembar daun salam

  9. 2 lembar daun jeruk purut

  10. secukupnya Garam dan gula pasir

  11. Minyak untuk menumis

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat Beef Jerky adalah proses marinasi daging. Potong daging sapi menjadi irisan tipis sesuai dengan selera Anda

  2. Langkah 2

    Selanjutnya, siapkan campuran bumbu dan rempah sesuai dengan resep yang Anda gunakan

  3. Langkah 3

    Campurkan potongan daging dengan campuran bumbu dan rempah, pastikan setiap bagian daging terbalut dengan baik

  4. Langkah 4

    Diamkan daging dalam campuran bumbu selama minimal 6 jam atau semalam penuh agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

  5. Langkah 5

    Setelah proses marinasi selesai, daging siap untuk dikeringkan

  6. Langkah 6

    Anda bisa menggunakan oven dengan suhu rendah atau food dehydrator khusus untuk mengeringkan daging

  7. Langkah 7

    Letakkan potongan daging di rak pengeringan dan pastikan tidak saling bertumpuk

  8. Langkah 8

    Keringkan daging dalam waktu yang cukup lama hingga teksturnya menjadi keras namun tetap kenyal

  9. Langkah 9

    Proses pengeringan ini bisa memakan waktu hingga 4-6 jam tergantung dari ketebalan daging yang Anda gunakan

Beef Jerky merupakan salah satu camilan yang populer di berbagai belahan dunia, terutama di Amerika Serikat. Camilan yang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan dikeringkan ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang kenyal, membuatnya menjadi favorit banyak orang. Jika Anda memiliki sisa daging kurban yang ingin dimanfaatkan dengan cara yang berbeda, mengolahnya menjadi Beef Jerky bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut adalah cara membuat Beef Jerky dari daging kurban yang mudah dan praktis.

Persiapan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan Beef Jerky, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Bahan utama yang Anda perlukan adalah daging sapi, garam, gula, bumbu dan rempah pilihan Anda. Pilihlah daging sapi yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil Beef Jerky yang lezat. Selain itu, Anda juga memerlukan alat pemotong daging, wadah untuk merendam daging dalam bumbu, serta oven atau food dehydrator untuk mengeringkan daging.

Proses Marinasi Daging

Langkah pertama dalam membuat Beef Jerky adalah proses marinasi daging. Potong daging sapi menjadi irisan tipis sesuai dengan selera Anda. Selanjutnya, siapkan campuran bumbu dan rempah sesuai dengan resep yang Anda gunakan. Campurkan potongan daging dengan campuran bumbu dan rempah, pastikan setiap bagian daging terbalut dengan baik. Diamkan daging dalam campuran bumbu selama minimal 6 jam atau semalam penuh agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

Pengeringan Daging

Setelah proses marinasi selesai, daging siap untuk dikeringkan. Anda bisa menggunakan oven dengan suhu rendah atau food dehydrator khusus untuk mengeringkan daging. Letakkan potongan daging di rak pengeringan dan pastikan tidak saling bertumpuk. Keringkan daging dalam waktu yang cukup lama hingga teksturnya menjadi keras namun tetap kenyal. Proses pengeringan ini bisa memakan waktu hingga 4-6 jam tergantung dari ketebalan daging yang Anda gunakan.

Baca Juga :  Nasi Gandul Khas Jawa Tengah, Gurih Nikmat Gampang Buatnya !

Penyimpanan Beef Jerky

Setelah daging benar-benar kering, biarkan Beef Jerky dalam suhu ruangan hingga benar-benar dingin sebelum disimpan. Pastikan tidak ada sisa kelembaban pada Beef Jerky sebelum disimpan dalam wadah kedap udara. Simpan Beef Jerky di tempat yang sejuk dan kering agar teksturnya tetap awet dan tahan lama. Anda juga bisa menyimpan Beef Jerky dalam kantong ziplock dan menyimpannya di lemari pendingin untuk menjaga kesegarannya lebih lama.

Kesimpulan

Membuat Beef Jerky dari daging kurban ternyata tidaklah sulit, asalkan Anda mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan sabar. Dengan bahan dan alat yang sederhana, Anda bisa menciptakan camilan yang lezat dan bergizi untuk dinikmati bersama keluarga. Selain itu, Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai bumbu dan rempah untuk menciptakan varian rasa Beef Jerky yang unik. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat Beef Jerky sendiri di rumah dan nikmati camilan sehat yang satu ini!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan daging ayam untuk membuat Beef Jerky? Ya, Anda bisa menggunakan daging ayam sebagai alternatif untuk membuat Beef Jerky. Namun, perlu diingat bahwa tekstur dan rasa Beef Jerky dari daging ayam mungkin akan sedikit berbeda dibandingkan dengan menggunakan daging sapi.

Berapa lama Beef Jerky bisa disimpan? Beef Jerky yang disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering bisa bertahan hingga beberapa minggu. Namun, pastikan untuk memeriksa tekstur dan aroma Beef Jerky sebelum dikonsumsi.

Baca Juga :  Resep Lempah Kuning Ikan Tenggiri Khas Bangka dengan Citarasa Unik Menggugah Selera

Apakah saya bisa menambahkan bumbu tambahan pada Beef Jerky? Tentu saja! Anda bisa bereksperimen dengan berbagai bumbu tambahan seperti saus barbekyu, cabai bubuk, atau rempah-rempah lainnya untuk menciptakan rasa Beef Jerky yang unik sesuai dengan selera Anda.

Apakah Beef Jerky bisa disimpan di lemari pendingin? Ya, Anda bisa menyimpan Beef Jerky di lemari pendingin untuk menjaga kesegarannya lebih lama. Pastikan Beef Jerky disimpan dalam kantong ziplock atau wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info