Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Orek Tempe Kecap Basah yang gurih dan manis

Resep Orek Tempe Kecap Basah yang gurih dan manis

Orek Tempe Kecap Basah1

Resep Orek Tempe Kecap Basah

Recipe By siti
Course: Orek Tempe Kecap Basah Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. tempe

  2. kecap manis

  3. bawang putih

  4. bawang merah

  5. cabai merah

  6. daun salam

  7. gula merah

  8. garam

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan tempe yang sudah dicuci bersih dan dipotong sesuai selera

  2. Langkah 2

    Kemudian, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan daun salam hingga harum

  3. Langkah 3

    Setelah itu, masukkan potongan tempe ke dalam tumisan bumbu dan aduk merata

  4. Langkah 4

    Tambahkan kecap manis, gula merah, garam, dan sedikit air

  5. Langkah 5

    Biarkan tempe meresap bumbu dengan api kecil hingga matang dan kecap meresap sempurna

NOTES

    Agar orek tempe kecap basah yang Anda buat memiliki rasa yang lezat dan kaya akan aroma, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda menggunakan kecap manis berkualitas untuk memberikan cita rasa yang autentik pada masakan. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi masakan sebelum disajikan dan sesuaikan dengan selera Anda. Anda juga bisa menambahkan ketumbar bubuk atau merica bubuk untuk menambahkan aroma khas pada orek tempe.

Siapa yang tidak suka dengan orek tempe kecap basah yang gurih dan manis? Makanan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang, baik sebagai lauk pendamping nasi atau cemilan di tengah hari. Orek tempe kecap basah yang lezat dapat dengan mudah Anda buat di rumah. Dengan bahan yang sederhana dan cara memasak yang praktis, Anda bisa menikmati hidangan lezat ini kapan saja.

Baca Juga :  Resep Ikan Sale Khas Sumatera Utara, Kuliner yang Jadi Favorit Para Raja di Mandailing

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat orek tempe kecap basah, Anda memerlukan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain tempe, kecap manis, bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun salam, gula merah, dan garam. Pastikan semua bahan yang Anda gunakan dalam keadaan segar untuk menghasilkan orek tempe yang nikmat dan lezat.

Cara Memasak Orek Tempe Kecap Basah

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan tempe yang sudah dicuci bersih dan dipotong sesuai selera. Kemudian, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan daun salam hingga harum. Setelah itu, masukkan potongan tempe ke dalam tumisan bumbu dan aduk merata. Tambahkan kecap manis, gula merah, garam, dan sedikit air. Biarkan tempe meresap bumbu dengan api kecil hingga matang dan kecap meresap sempurna.

Tips dan Trik dalam Memasak Orek Tempe Kecap Basah

Agar orek tempe kecap basah yang Anda buat memiliki rasa yang lezat dan kaya akan aroma, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda menggunakan kecap manis berkualitas untuk memberikan cita rasa yang autentik pada masakan. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi masakan sebelum disajikan dan sesuaikan dengan selera Anda. Anda juga bisa menambahkan ketumbar bubuk atau merica bubuk untuk menambahkan aroma khas pada orek tempe.

Baca Juga :  Membuat Sate kentang, telur puyuh, dan wortel untuk Bekal Anak Sekolah

Variasi Orek Tempe Kecap Basah

Untuk memberikan variasi pada orek tempe kecap basah, Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti wortel, kacang polong, atau tauge. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan potongan daging sapi atau ayam untuk menambah kelezatan masakan. Beberapa orang juga suka menambahkan santan ke dalam orek tempe untuk memberikan tekstur yang lebih kental dan creamy. Cobalah berkreasi dengan bahan-bahan lain yang Anda sukai untuk menciptakan orek tempe kecap basah versi Anda sendiri.

Kesimpulan

Orek tempe kecap basah adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang mudah dan praktis untuk dibuat. Dengan bahan-bahan sederhana dan cara memasak yang tidak sulit, Anda bisa menikmati hidangan lezat ini kapan saja. Percayalah, dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda akan berhasil membuat orek tempe kecap basah yang lezat dan menggugah selera. Jangan ragu untuk mencoba variasi bahan dan menciptakan versi orek tempe sesuai dengan selera Anda sendiri.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak orek tempe kecap basah? Waktu memasak orek tempe kecap basah sekitar 20-30 menit tergantung pada tingkat kematangan tempe yang diinginkan. Pastikan untuk memasak dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna.

Apakah bisa menggunakan tempe yang sudah agak tua untuk membuat orek tempe kecap basah? Ya, Anda bisa menggunakan tempe yang sudah agak tua untuk membuat orek tempe kecap basah. Tempe yang sudah agak tua cenderung lebih kenyal dan cocok untuk dimasak dengan kecap manis.

Baca Juga :  Resep Mangut Ikan Asap, Masakan Berkuah Santan Menggugah Selera Khas Jawa Tengah

Bolehkah menambahkan sayuran lain ke dalam orek tempe kecap basah? Tentu saja! Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang polong, atau tauge untuk memberikan variasi pada orek tempe kecap basah. Pastikan untuk memasak sayuran hingga matang sebelum memasukkan tempe.

Apakah orek tempe kecap basah bisa disimpan dalam lemari es? Orek tempe kecap basah bisa disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara. Pastikan untuk menghangatkan kembali orek tempe sebelum disajikan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info