Skip to main content

Resep Banana Bread, Roti Pisang Dari Negeri Paman Sam

Rizky Vanrio Pradhana Nusantara

Resep Banana Bread

Banana Bread merupakan kue klasik bagi orang Amerika yang saat ini sedang naik daun. Menurut sejarahnya, makanan ini merupakan salah satu evolusi dari produksi kue yang ada di negeri paman sam tersebut. Ragi yang dijadikan bahan utama dalam pembuatan kue, dirasa kurang efektif lagi.

Sementara, pada waktu itu stok pisang negara tersebut sangat mahal. Sehingga, membuat menu banana bread sulit. Maklum saja, pisang merupakan tanaman khas iklim tropis. Jadi, untuk bisa membelinya membutuhkan biaya tidak sedikit. Pada awal tahun 1930 hal tersebut berubah.

Buah dengan ciri khas warna kulit kuning ini bisa dipanen di Amerika. Hanya saja, krisis melanda, semua jadi serba sulit. Seluruh warga sepakat untuk mengurangi bahkan, menghilangkan limbah makanan. Dalam hal ini mereka berpikir keras, agar tidak membuang pisang karena cepat sekali matang hingga busuk.

Kreasi tersebut akhirnya datang dengan terciptanya makanan klasik Banana Bread. Bagi Anda yang masih punya stok pisang sangat banyak di rumah dan kondisinya sudah sangat matang. Tidak ada salahnya membuat menu satu ini. Berikut ini, beberapa bahan dan cara membuat menu klasik Banana Bread.

Bahan – Bahan

  1. 2 Butir telur
  2. ¾ sendok teh baking soda
  3. 85 gram gula pasir
  4. Walnut atau kacang mete untuk taburan
  5. ½ sendok teh vanila ekstrak
  6. Garam secukupnya
  7. 63 gram minyak sayur
  8. ¼ sendok teh kayu manis
  9. 192 gram tepung serba guna protein rendah
  10. ½ sendok teh baking powder
  11. 85 gram gula pasir merah atau brown sugar
  12. 5 pisang ukuran sedang

Cara Memasak

  1. Hancurkan menggunakan garpu, jangan terlalu halus, hingga seperti bubur bayi
  2. Kocok telur dan tambahkan vanilla ekstrak, serta garam
  3. Kocok sampai mengembang
  4. Tambahkan brown sugar dan white sugar
  5. Kocok hingga semua tercampur sempurna
  6. Tambahkan baking soda dan powder, kayu manis, tepung protein sedang dan diayak, harus hati-hati
  7. Tambahkan bubur pisang, minyak dan aduk hingga semua tercampur rata
  8. Tuangkan ke loyang
  9. Tambahkan well nut atau keju atau kacang mede sesuai kreasi Moms
  10. Panaskan di oven dengan suhu 160 derajat waktunya 50 menit hingga 60 menit
  11. Jika sudah matang, angkat dan potong

Tips Memasak

  1. Gunakan pisang yang benar-benar matang bahkan saat dikupas, sudah muncul hitam atau sedikit basah dan hampir busuk, karena pisang tersebut membuat banana bread Anda sangat enak, dan bisa jadi pemanis alami.
  2. Bisa juga tidak menambahkan gula pasir cukup dengan pisang tetapi, pastikan sangat matang dan tinggal beberapa jam lagi busuk, kondisi tersebut membuat roti semakin manis tanpa perlu tambahkan gula
  3. Gunakan pan untuk memanggang, jangan lupa diberi kertas agar tidak lengket, panggang dahulu di suhu kurang lebih 140 hingga 160 derajat, perlu diingat teknik memanggang, atur suhu rendah bila rotinya tebal dengan waktu memanggang cukup lama, untuk  roti tipis atur suhu tinggi waktu cepat
  4. Jangan masukkan gula ke dalam adonan telur yang belum di kocok dan berbusa, tekstur dari gula tersebut basah sehingga, lebih susah untuk mengembang
  5. Bisa menggunakan tepung kue tidak akan jadi, karena proteinnya tidak bisa mendukung
  6. Jangan gunakan minyak yang berbau dan saat mengocok jangan terlalu kencang takutnya jadi keras.
  7. Sebelum dipanggang, ambil pisau kemudian, kasih sedikit minyak, oleskan memanjang ke adonan banana bread

Bahan utama adalah pisang, usahakan mencari yang sudah hampir busuk karena, cita rasanya akan berbeda bila Moms, membuatnya dengan jenis yang matang saja, atau bahkan hampir matang. Selamat mencoba di rumah Moms.

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar